Advertorial

Pertamina Tawarkan Tiga Kategori Kemitraan Pertashop ke Masyarakat

Kompas.com - 16/11/2020, 20:06 WIB
Pertamina Pertashop (dok. Pertamina) Pertamina Pertashop (dok. Pertamina)

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) membuka peluang kerja sama bagi pelaku usaha di kawasan pedesaan melalui kemitraan bisnis Pertamina Shop (Pertashop). 

Program ini berpeluang menjadi investasi yang menjanjikan dan dapat menggerakkan perekonomian pedesaan. Sebab, Pertashop merupakan lembaga penyalur resmi berskala kecil untuk melayani kebutuhan produk Pertamina, seperti BBM nonsubsidi, LPG nonsubsidi, dan produk lainnya. 

Berdasarkan situs resmi pendaftaran program kemitraan Pertashop, terdapat tiga skema usaha yang ditawarkan pertamina, yakni Gold, Premium, dan Diamond. 

Pertashop Gold 

Calon mitra yang mendaftar ke dalam kategori Gold berkesempatan menyalurkan 400 liter bahan bakar per hari. 

Untuk kategori ini, setidaknya mitra membutuhkan lahan  sekitar 210 meter persegi. Selain itu, lokasi dari desa ke stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) harus berjarak lebih dari 10 kilometer (km) atau sesuai dengan hasil evaluasi. 

Melalui Pertashop Gold, mitra akan mendapat tangki penyimpanan portabel sekitar 3 kiloliter  (KL). Produk yang akan ditawarkan kepada pelanggan, di antaranya Pertamax, Dexlite, Bright Gas, dan pelumas. 

Pertashop Platinum 

Pada kategori platinum, mitra berpotensi memiliki  omzet penyaluran BBM sebesar 1.000 liter per hari. 

Untuk mengikuti kategori ini, mitra harus menyediakan lahan 300 meter persegi di kecamatan yang belum memiliki SPBU atau sesuai evaluasi Pertamina. 

Mitra akan mendapatkan penawaran produk berupa Pertamax, Dexlite, Bright Gas, pelumas, dan produk UMKM. 

Pertashop Diamond 

Selanjutnya di kategori Diamond, mitra akan mendapatkan kapasitas penyaluran 3.000 liter perhari. 

Adapun pesyaratan untuk kategori tersebut antara lain memiliki tangki penyimpanan sekita 10 KL dan lahan seluas 500 meter persegi di kecamatan yang belum memiliki SPBU atau sesuai hasil evaluasi. 

Adapun produk yang ditawarkan seperti Pertamax, Dexlite, Bright Gas, pelumas, produk UMKM, consumer goods, dan warkop. 

Bagi yang ingin mendaftar program kemitraan Pertashop, calon mitra harus menyiapkan lahan dan dilengkapi dokumen badan usaha yang sah. 

Kemudian, pihak Pertamina akan melakukan survei guna menilai kelayakan omzet dan jarak tempuh dengan lembaga penyalur Pertamina yang sudah ada. 

Dalam kemitraan tersebut, Pertamina menjamin bahwa semua produk Pertashop yang disediakan memiliki harga dan kualitas yang sama. 

Selain itu, setelah kontrak kerja sama berjalan, mitra akan mendapat jaminan dukungan perizinan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) guna mendukung program pembangunan desa. 

Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi situs http://ptm.id/MitraPertashop.