Advertorial

Peduli Disabilitas, 3.000 Pelari Semarakkan Multiple Run Pertamina Virtual Eco Run 2020

Kompas.com - 19/11/2020, 22:40 WIB
Dok. Humas Pertamina Dok. Humas Pertamina

KOMPAS.com – Setelah pendaftaran Pertamina Virtual Eco Run 2020 berakhir, Selasa (17/11/2020), sebanyak 3.000 pegiat olahraga lari (runner) siap memenuhi Challenges Multiple Run sepanjang 10 kilometer secara individu.

Sesuai ketentuan, setiap runner dapat menyelesaikan jarak tempuh tersebut selama periode 20 November hingga 10 Desember 2020.

Kemudian peserta lari melaporkan hasil secara virtual dengan menggunakan aplikasi pencatatan untuk mendukung ketepatan jarak dan waktu selama berlari.

Data yang tercatat dalam aplikasi diunggah ke website www.pertaminaecorun.com dengan maksimal 3 kali pelaporan dalam sehari.

"Seluruh peserta lari Pertamina Eco Run 2020 telah melakukan pendaftaran dengan menukar 63 poin MyPertamina,” kata Pjs VP Corporate Communication Pertamina Heppy Wulansari dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis  (19/11/2020).

Angka tersebut, imbuh Heppy, merujuk pada hari ulang tahun (HUT) ke-63 Pertamina pada Rabu, (9/12/2020).

Setelah menuntaskan tantangan lari 10K, runner akan berlari 5K Real-Time Run pada waktu yang sama dari tempat mereka masing-masing pada Minggu (13/12/2020) mulai pukul 05.30 hingga 09.00 WIB.

Lari sambil berdonasi

Heppy mengatakan, Pertamina Virtual Eco Run 2020 merupakan ajang lari bersama sambil berdonasi untuk membantu sobat difabel.

Hasil donasi tersebut dipergunakan untuk membangun fasilitas daur ulang sampah. Dari fasilitas tersebut, mereka memperoleh penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari.

“Donasi yang terkumpul akan disalurkan kepada saudara kita penyandang disabilitas yang memiliki spirit peduli lingkungan dan layak disebut pahlawan hijau," ujarnya.

Dengan konsep lari secara virtual, imbuh Heppy, siapa saja bisa mengikuti kegiatan ini dan berlari dari  tempatnya masing-masing.

Sebagai informasi, ada beberapa keuntungan yang diperoleh peserta saat mengikuti kegiatan ini, antara lain gratis biaya pendaftaran, bisa berdonasi, mendapatkan jersey, masker, dan medali.

Adapun medali tersebut diberikan kepada peserta yang berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian aktivitas Eco Run.

"Untuk mendapatkan benefit tambahan, peserta dapat mengikuti kompetisi foto dan video, kompetisi rute unik pada Multiple Run, menikmati hiburan lewat live streaming Youtube, serta  doorprize pada event Real Time Run," terangnya.

Agar peserta aman dan dapat menyelesaikan etape pilihannya, Pertamina menggandeng dokter spesialis kedokteran olahraga yaitu dr Andhika Raspati, SpKO untuk berbagi tips olahraga dan beraktivitas fisik yang aman.

"Jika ingin beraktivitas fisik di luar rumah, jagalah jarak serta tangan agar selalu bersih dan jangan lupa memakai masker. Jika tidak memakai masker saat melakukan aktivitas fisik, akan terjadi pertukaran droplet yang berbahaya,"  kata dr Andhika.

Tahun ini, Pertamina Eco Run diadakan secara virtual untuk minimalisasi kegiatan berkumpul dalam rangka mengurangi risiko penyebaran Covid-19.

“Pertamina Eco Run sudah dibuat virtual agar nyaman dalam beraktivitas fisik tanpa harus berkumpul. Kita bisa cari tempat sepi seperti di rumah atau di sekeliling rumah untuk melakukannya," terangnya.