Advertorial

Akibat WFH Tubuh Jadi Gampang Lelah, Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 20/11/2020, 07:46 WIB
Ilustrasi lelah bekerja. (DOK. SHUTTERSTOCK) Ilustrasi lelah bekerja.

KOMPAS.com – Lebih kurang sudah tujuh bulan imbauan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dijalankan oleh sebagian masyarakat. Hal ini menyusul kebijakan pemerintah untuk tetap berada di rumah guna menghindari penyebaran virus corona.

Meski mendapatkan keleluasaan yang lebih banyak saat bekerja di rumah, nyatanya kegiatan ini menguras lebih banyak energi. Banyak orang yang berpendapat kalau WFH membuatnya jadi cepat lelah. Mengapa demikian?

Perlu diketahui, tubuh manusia diatur oleh ritme sirkadian atau jam biologis 24 jam mulai dari bangun sampai tidur kembali.

Ritme tersebut terbentuk secara alami berdasarkan rutinitas yang biasa dilakukan, seperti terpapar sinar matahari, makan, dan bekerja. Ketika manusia terus berada di dalam ruangan dalam waktu lama, jam biologis tersebut pun menjadi kacau.

Saat ini, bekerja dari rumah membuat batasan waktu kerja dan kehidupan pribadi menjadi tidak teratur. Inilah yang mengakibatkan sebagian orang merasa waktu kerjanya menjadi lebih panjang. Kondisi ini akhirnya memengaruhi kerja tubuh dan energi menjadi cepat terkuras.

Selain itu, selama WFH banyak orang yang bekerja di atas tempat tidur. Meski nyaman, tetapi situasi ini malah akan membuat otak menjadi bingung dan mengasosiasikan tempat tidur sebagai tempat untuk bekerja. Akibatnya, rutinitas tidur malam menjadi terganggu.

Selain lelah fisik, bekerja dari rumah dalam waktu yang lama juga bisa memengaruhi mental seseorang. Menurut psikolog ternama asal Amerika Serikat dr Susan Albers, PsyD, banyak orang tertekan secara mental selama WFH karena terus-menerus menatap layar.

“Kerap juga kita melakukan meeting atau konferensi secara virtual. Dengan begini, otak harus bekerja lebih keras untuk menguraikan komunikasi nonverbal di layar,” jelas dr Susan seperti diberitakan Kompas.com, Senin (3/8/2020).

Multivitamin Forneuro. (DOK. FORNEURO) Multivitamin Forneuro.

Konsumsi multivitamin

Pada dasarnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan cepat lelah akibat WFH. Pertama, kamu bisa membuat jadwal khusus yang memisahkan waktu bekerja dengan waktu istirahat.

Misalnya, disiplin dengan waktu bekerja yang dimulai dari pukul delapan pagi sampai lima sore dengan satu jam istirahat. Dengan demikian, kamu jadi mengetahui batasan waktu dalam bekerja dan memaksimalkan waktu yang ada untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Cara selanjutnya, kamu bisa melakukan peregangan otot di sela-sela bekerja agar badan menjadi lebih rileks dan santai. Selain itu, aktivitas peregangan ini juga bisa mengistirahatkan otak sementara waktu sehingga pikiran menjadi lebih jernih dan segar.

Untuk menjaga kebugaran tubuh lebih maksimal, kamu juga bisa mengonsumsi multivitamin agar bebas dari lelah. Multivitamin yang dikonsumsi pun harus memiliki vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti yang terkandung dalam Forneuro.

Sebagai informasi, Forneuro mengandung vitamin B kompleks, vitamin E, dan asam folat yang dapat membantu mengontrol serta menjaga kadar homosistein dalam darah.

Selain itu, sumber vitamin E yang terkandung di dalamnya pun terbuat dari bahan alami sehingga aman untuk dikonsumsi kapan saja, baik pagi, siang, atau malam. Kendati demikian, dosis yang dianjurkan untuk mengonsumsi multivitamin Forneuro adalah satu kali sehari.

Dengan cara membuat jadwal harian, peregangan di sela-sela bekerja, dan megonsumsi multivitamin, permasalahan cepat lelah saat WFH pun bisa diatasi. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih bugar dan pekerjaan dapat selesai tepat waktu.