Advertorial

4 Manfaat Minuman Berenergi yang Belum Banyak Diketahui

Kompas.com - 20/11/2020, 18:22 WIB
Selain menambah tenaga, minuman berenergi (energy drink) memiliki sederet manfaat bagi tubuh. (Dok. salah satu produk minuman energi) Selain menambah tenaga, minuman berenergi (energy drink) memiliki sederet manfaat bagi tubuh. (Dok. salah satu produk minuman energi)

KOMPAS.com – Energy drink atau minuman berenergi merupakan salah satu jenis minuman yang berfungsi menambah energi tubuh untuk mendukung aktivitas sehari-hari, terutama aktivitas fisik berat.

Selain mengandung air, gula, dan perasa, energy drink biasanya juga memiliki kandungan kafein, taurin, serta beberapa bahan lain.

Tahukah Anda, bahan-bahan yang terkandung dalam energy drink tidak hanya berfungsi untuk menambah tenaga? Meski belum banyak yang tahu, bahan komposisi dari minuman berenergi juga punya sederet manfaat. Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan kinerja dan produktivitas tubuh

Energy drink kaya akan kandungan vitamin B, seperti vitamin B3, B6, Provitamin B5, dan B12. Vitamin-vitamin tersebut berperan dalam proses perubahan lemak menjadi energi di tubuh.

Karena energi yang diproduksi tubuh lebih banyak, kinerja dan produktivitas sehari-hari dapat meningkat dan tubuh tidak mudah lelah.

Selain itu, kandungan taurin dalam energy drink mampu meningkatkan performa fisik saat berolahraga atau bekerja sehingga orang yang mengonsumsinya bisa lebih produktif.

2. Meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan

Energy drink mengandung kafein sama seperti kopi dan cokelat. Kafein merupakan antioksidan yang berfungsi meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Efek kafein akan bekerja secara maksimal dalam jangka waktu 15-45 menit setelah dikonsumsi.

Sayangnya, banyak orang beranggapan bahwa kafein tidak bermanfaat dan memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Padahal, hal tersebut tidak benar. Asal dikonsumsi secara tepat dan sesuai dengan takaran yang dianjurkan, kafein justru bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak.

Menurut European Food Safety Authority, batas aman konsumsi kafein bagi orang dewasa tanpa riwayat penyakit tertentu adalah 400 miligram (mg) per hari.

Berbagai kandungan yang terdapat dalam energy drink (Dok. salah satu produk minuman energi) Berbagai kandungan yang terdapat dalam energy drink (Dok. salah satu produk minuman energi)

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan inositol dalam energy drink dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh agar bisa membakar lebih banyak lemak.

Bagi yang sedang menjalankan program diet, tidak ada salahnya sesekali mengonsumsi energy drink sebelum berolahraga untuk membantu mempercepat pembakaran lemak.

4. Meningkatkan kesehatan kulit

Kandungan gula murni yang terdapat dalam energy drink ternyata dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Pasalnya, konsumsi gula murni dalam kadar yang sesuai dapat membantu memudarkan noda atau flek hitam pada wajah serta mengembalikan keseimbangan minyak kulit.

Untuk diketahui, menurut Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) asupan gula yang dianjurkan adalah 50 gram per hari atau sekitar empat sendok makan.

Itulah empat manfaat lain dari energy drink yang belum diketahui banyak orang. Agar mendapat seluruh manfaatnya, energy drink harus dikonsumsi secukupnya sesuai jumlah yang dianjurkan.

Selain itu, imbangi juga dengan mengonsumsi jenis makanan dan minuman sehat lainnya, seperti buah dan sayuran  untuk mencukupi kebutuhan gizi harian.