Advertorial

Tingkatkan Keamanan dan Privasi Data di Ranah Digital, Bank Neo Commerce Gandeng Tencent Cloud

Kompas.com - 20/11/2020, 20:21 WIB
Bank Neo Commerce (dok. BNC) Bank Neo Commerce (dok. BNC)

KOMPAS.com – PT Bank Neo Commerce (BNC) Tbk mengumumkan kerja sama dengan Tencent Cloud yang merupakan penyedia layanan digital terkemuka di dunia, Jumat (20/11/2020). Tencent Cloud adalah salah satu penyedia layanan digital terdepan yang dapat membantu mengatasi tantangan transformasi digital dalam industri keuangan, termasuk arsitektur data dan frekuensi transaksi. 

Direktur Utama BNC Tbk Tjandra Gunawan mengatakan, kerja sama dengan Tencent Cloud merupakan bentuk keseriusan bank yang sebelumnya dikenal dengan nama Bank Yudha Bhakti tersebut dalam memberikan layanan dan produk terbaik secara teknologi. 

Kerja sama tersebut, dijelaskan Tjandra, berupa penyediaan database management system atau dikenal dengan layanan Tencent Distributed Database (TDSQL). 

Tjandra mengatakan, penggunaan sistem database dapat meningkatkan layanan agar lebih berkualitas, andal, aman, dan profesional. Selain itu, menjaga  keamanan dan privasi seluruh data nasabah. Hal ini penting dilakukan di era digital. 

“Kami akan terus meningkatkan kapabilitas teknologi yang kami miliki untuk memanjakan nasabah kami. Sehingga nasabah tak perlu khawatir dalam menginvestasikan dana dan dapat tumbuh berkembang bersama kami,”  jelas Tjandra Gunawan dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Jumat. 

Adapun TDSQL, kata Tjandra, berfungsi sebagai arsitektur terbaru yang memetakan database milik perusahaan perbankan seperti BNC secara distributed dan scalable

Menurut Tjandra, penerapan TDSQL adalah solusi dari berbagai masalah, mulai dari kurangnya arsitektur data yang baik, transaksi dalam jumlah besar, respons sistem yang lamban, hingga berbagai risiko keamanan dengan tetap berpegang pada aturan-aturan yang berlaku. 

Dalam kesempatan sama, Vice President Tencent International Business Group Poshu Yeung turut berpendapat mengenai kerja sama ini. 

 “Kami bangga, kerja sama ini adalah kali pertama bagi kami membawa TDSQL untuk diimplementasikan di luar Tiongkok,” jelas Yeung. 

Yeung menambahkan, pihaknya yakin dapat membantu BNC untuk semakin kuat dalam menerapkan keamanan data secara digital di Indonesia. 

Selain dengan Tencent Cloud, BNC sebelumnya juga telah menjalin berbagai kerja sama strategis dengan beberapa perusahaan digital, di antaranya dengan Huawei dan Sunline. Kerja sama tersebut dilakukan untuk menghadirkan pengalaman perbankan digital terbaik di Indonesia.