Advertorial

Pencinta Fotografi, Lebih Baik Pilih Xiaomi Mi 9 atau Redmi Note 9?

Kompas.com - 21/11/2020, 13:20 WIB
Ilustrasi memotret dengan smarthphone. (DOK. PIXABAY) Ilustrasi memotret dengan smarthphone.

KOMPAS.com – Arus perkembangan teknologi smartphone atau ponsel pintar kian hari semakin cepat. Baik dari segi daya tahan baterai, kualitas prosesor, maupun fitur terbaru selalu saja diperbarui setiap tahunnya.

Terbaru, beberapa produsen fokus menghadirkan lebih dari dua lensa kamera dalam satu smartphone untuk memanjakan konsumen yang memiliki hobi fotografi, salah satunya Xiaomi.

Dalam beberapa tahun terakhir, Xiaomi memang cukup aktif meluncurkan smartphone terbarunya di Indonesia, sebut saja Xiaomi Mi 9 dan Redmi Note 9.

Kedua smartphone tersebut memiliki keunggulan masing-masing, baik dari segi fitur maupun teknologi kameranya. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan berikut.

Xiaomi Mi 9

Meski diluncurkan pada Februari 2019, hingga saat Mi 9 tetap menjadi salah satu smartphone Xiaomi yang diincar banyak orang. Terbukti pada saat flashsale pertama yang dilakukan di negeri asalnya, China, Mi 9 terjual habis hanya dalam waktu 53 detik.

Permintaan yang tinggi tersebut bisa jadi disebabkan oleh spesifikasi high-end yang ditawarkan Xiaomi pada Mi 9. Mulai dari layar, Mi 9 memiliki bentang layar sebesar 6,39 inci dan resolusi 2.340 x 1.080 piksel dengan aspect ratio 19,5:9.

Smartphone ini masih memiliki poni dengan desain tetesan air (teardrop) yang menampung kamera depan beresolusi 20 megapiksel (MP). Pada bagian belakang, Mi 9 dilengkapi tiga kamera sekaligus.

Masing-masing kamera belakang tersebut mengandalkan sensor 48 MP, 12 MP untuk foto tele, dan 16 megapiksel untuk mengambil gambar lebar (wide-angle).

Dari segi prosesor, Mi 9 dibekali chip Snapdragon 855 yang dipadukan dengan dua pilihan kapasitas RAM, yakni 6 gigabyte (GB) dan 8 GB. Sementara itu, untuk kapasitas penyimpanan internal, terdapat pilihan 64 GB dan 128 GB.

Untuk daya tahan, Mi 9 ditenagai baterai berkapasitas 3.300 mAh serta mendukung fitur fast charging dan wireless charging. Dengan kecanggihan yang ditawarkan, Mi 9 yang dibanderol seharga Rp 6,1 juta untuk RAM 6 GB dan ROM 64 GB dan Rp 6,69 juta untuk RAM 6 GB dan ROM 128 GB.

Redmi Note 9

Berbeda dengan Mi 9, Redmi Note 9 merupakan salah satu smartphone yang diperkenalkan Xiaomi pada tahun ini.

Dari segi fotografi, Redmi Note 9 memiliki konfigurasi kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera macro 2 MP, dan kamera depth sensor 2 MP. Keempat kamera ini pun disusun secara rapi dengan bentuk persegi tepat di bagian tengah atas body.

Untuk kamera depan, Redmi Note 9 menggunakan kamera 13 MP dan berada tersembunyi di bagian kanan atas body dengan istilah punch hole.

Spesifikasi lainnya yang dimiliki Redmi Note 9 mencakup layar 6,53 inci (resolusi FHD Plus), chipset Mediatek Helio G85, konfigurasi RAM dan media penyimpanan internal 4 GB/64 GB atau 6 GB/128 GB, serta baterai berkapasitas jumbo 5.020 mAh yang dibekali teknologi fast charging 18 watt.

Untuk urusan harga, Redmi Note 9 dibanderol Rp 2,5 juta untuk RAM 4 GB dan ROM 64 GB serta Rp 2,9 juta untuk RAM 6 GB dan ROM 128 GB).

Lalu, mana yang lebih mumpuni untuk urusan fotografi? Bisa dibilang, kamera depan Mi 9 dengan resolusi 20 MP lebih unggul dibandingkan Redmi Note 9 yang hanya dibekali kamera beresolusi 13 MP.

Namun, kamera belakang Redmi Note 9 lebih mumpuni karena dibekali kamera ultrawide, macro, dan depth sensor. Sekarang pilihan ada di tangan kamu, lebih mengunggulkan kamera depan atau belakang.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi Xiaomi Official Store di Tokopedia. Di laman itu, kamu akan mengetahui spesifikasi dan harga beli dari semua produk Xiaomi.