Advertorial

Tren Game makin Meningkat, Ini Tiga Hal yang Perlu Dipersiapkan Gamer Pemula

Kompas.com - 23/11/2020, 14:00 WIB
Ilustrasi bermain game online (dok.shutterstock/sezer66) Ilustrasi bermain game online

KOMPAS.com - Dulu, bermain game online hanya jadi aktivitas untuk mencari kesenangan. Orang melakukannya saat memiliki waktu luang.

Namun seiring perkembangan, orang mulai menekuni game online, baik itu melalui smartphone, personal computer (PC), ataupun laptop. Bahkan, ada pula yang menjadikannya sebagai sumber penghasilan.

Tak heran, industri gaming sedang mengalami perkembangan pesat, termasuk di Indonesia. Pemainnya pun terus meningkat signifikan. Apalagi, saat masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. 

Hal tersebut disampaikan Direktur Industri Kreatif, Film, Televisi, dan Animasi Syaifullah dalam webinar bertema "Potensi Besar Industri Gaming di Indonesia" yang diadakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Selasa (30/6/2020).

“Dari data Asosiasi Game Indonesia (AGI), pertumbuhan pengembang game di Indonesia naik 10-20 persen di tengah pandemi,” ujar Syaifullah.

Jumlah itu, tambah Syaifullah, berbanding terbalik dengan industri kreatif lainnya.

Peningkatan tersebut dinilai wajar karena kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) membuat aktivitas bermain game online menjadi opsi hiburan masyarakat yang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah.

Terlebih, aktivitas ini juga dijadikan banyak orang sebagai alternatif berinteraksi sosial melalui dunia virtual.

Menurut penelitian Radboud University Nijmegen yang dipublikasikan American Psychological Association pada 2014, lebih dari 70 persen gamer bermain dengan teman-teman atau jutaan orang lain yang bertemu secara virtual. Hal ini membuat mereka dapat memenuhi kebutuhan hidup bersosial. 

Selain itu, bermain game juga memperbaiki suasana hati, meningkatkan relaksasi, dan mengurangi masalah kecemasan.

Bila sudah mulai bosan menghabiskan waktu di rumah, kamu bisa mencoba bermain game online.

Selain untuk hiburan, kamu bisa mempunyai teman-teman baru dan berinteraksi secara virtual dengan mereka.

Jika kamu tekun bermain, siapa tahu kamu bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari game online.

Namun sebelum itu, sebagai gamer pemula, kamu harus tahu spesifikasi komputer atau laptop agar bisa menjalankan game online tanpa lag. Berikut beberapa hal yang harus kamu persiapkan untuk menekuni hobi baru ini.

Monitor

Umumnya, rasio refresh rate atau kemampuan layar memperbarui gambar setiap detik pada monitor PC standar berkisar di kecepatan 60 Hz.

Jika kamu ingin bermain game, pilihlah perangkat dengan rasio 144 Hz sampai 165 Hz. Semakin tinggi rasio, maka semakin baik pula pergerakan gambar pada layar.

Selain itu, untuk mendapatkan pengalaman grafis yang menarik, monitor PC gaming juga harus didukung In-Plane Switching (IPS). Jenis layar IPS merupakan teknologi yang berfungsi memberikan warna dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Untuk resolusi, baik PC maupun laptop disarankan memiliki layar dengan resolusi 1440 pixel (2K) atau 2160 pixel (4K) agar gambar yang ditampilkan lebih nyata.

Kini, mencari monitor PC tak lagi sulit. Sembari menghabiskan waktu di rumah, kamu bisa berselancar lewat internet dan menyambangi platform belanja online Tokopedia untuk mencari monitor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Riset mengenai hardware

Jika kamu ingin bermain game melalui PC atau laptop, kamu wajib untuk mencari tahu jenis hardware yang akan digunakan. Mulai dari pemilihan prosesor, graphic card, random access memory (RAM), video graphics array (VGA), hingga storage.

Setiap game umumnya memiliki standar terhadap besaran terhadap komponen hardware. Jadi, pastikan game yang ingin kamu mainkan cocok dengan hardware termasuk PC atau laptop yang kamu miliki.

Siapkan budget

Membeli PC atau laptop gaming bukan perkara mudah. Belum lagi pertimbangan harga game original juga tidak murah. Upgrade terhadap komponen sekalipun tetap membutuhkan biaya yang besar.

Namun, jika budget yang kamu miliki cukup, kamu bisa mendapatkan PC gaming atau laptop dengan harga terbaik di Tokopedia.

Sebaliknya, bila tabungan belum cukup, kamu perlu bersabar sedikit. Hal ini sekaligus untuk menghindari kesalahan dalam membeli perangkat sehingga uang yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Jika semuanya sudah kamu siapkan, sekarang waktunya kunjungi Tokopedia dan temukan perangkat gaming pilihanmu!