Advertorial

Lengkapi Perawatan Wajah dengan Serum, Ini Sederet Manfaat yang Bisa Diperoleh

Kompas.com - 23/11/2020, 20:11 WIB
Ilustrasi menggunakan serum wajah (dok.shutterstock/ ECOSY) Ilustrasi menggunakan serum wajah (dok.shutterstock/ ECOSY)

KOMPAS.com - Memiliki kulit wajah sehat dan terawat adalah impian banyak Perempuan. Jika sudah memiliki hal tersebut, rasa percaya diri pun akan meningkat.

Untuk memperoleh kulit wajah seperti itu, ada serangkaian perawatan wajib yang harus dilakukan setiap hari. Hal ini mengingat kulit wajah rentan terpapar dari bahaya lingkungan seperti radikal bebas akibat polusi hingga sinar ultraviolet (UV) dari matahari.

Meski saat ini aktivitas lebih banyak dilakukan di rumah, bukan berarti kulit wajah terhindar dari debu dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Untuk menghindarinya, setidaknya kamu perlu perawatan dasar.

Perawatan dasar kulit wajah umumnya terdiri dari dua, yakni membersihkan dan melembapkannya. Perlu diketahui, dua langkah tersebut biasanya melibatkan lebih dari satu produk skincare.

Usai membersihkan dengan cleansing foam atau gel, proses melembapkan dilakukan dengan pengaplikasian toner. Sejauh ini, rangkaian tersebut cukup untuk perawatan dasar.

Namun, jika ingin hasil perawatan wajah lebih optimal, kamu wajib menggunakan produk skincare seperti serum.

Serum merupakan produk perawatan wajah berbentuk cair yang mengandung konsentrat bahan aktif dengan persentase lebih tinggi dan bermolekul lebih kecil dibandingkan produk perawatan wajah lainnya.  

Karenanya, serum dapat meresap hingga lapisan terdalam kulit sehingga dapat lebih maksimal daripada jenis skincare lain. Dengan kemampuan itu, tak heran jika serum sering dibanderol dengan harga mahal.

Lalu, apa saja kegunaan serum? Simak ulasannya berikut ini.

Mengurangi minyak berlebih

Serum wajah bermanfaat untuk mengurangi kadar minyak berlebih. Berbeda halnya dengan pelembap, serum wajah diformulasikan tanpa ada tambahan minyak dalam kandungannya.

Meski begitu, bukan berarti penggunaan serum dapat dipakai sembarangan. Urutan pemakaian skincare adalah produk dengan konsentrat lebih ringan dipakai lebih dulu.

Jadi, serum ada pada urutan ketiga, setelah mencuci atau membersihkan wajah lalu menggunakan toner. Sebelum menggunakan serum, pastikan toner menyerap dulu sekitar 5-15 menit.

Perlu juga diketahui, kondisi kulit setiap orang yang berbeda. Karenanya, kandungan atau jenis serum yang dipilih pun harus disesuaikan dengan kondisi kulit.

Melindungi dari polusi dan sinar matahari

Serum wajah juga memiliki fungsi sebagai pelindung dari radikal bebas akibat polusi dan paparan sinar matahari. Radikal bebas dapat merusak kulit dan menjadi penyebab penuaan dini .

Melansir dari medicalnewstoday.com, Jumat (19/7/2019), serum dengan kandungan antioksidan vitamin C dapat digunakan karena bermanfaat mengurangi kematian sel prematur, menekan senyawa sitokin penyebab inflamasi, dan mengurangi kerusakan akibat paparan sinar UV

Untuk yang suka beraktivitas di luar ruangan, menggunakan serum mampu menjaga agar kulit tetap terlihat segar dan tidak kusam.

Mengurangi noda hitam

Flek atau noda hitam muncul akibat paparan sinar matahari yang menyebabkan produksi melanin pada kulit meningkat.

Akhirnya, bagian kulit yang mengalami penumpukan melanin menjadi lebih gelap dan terlihat seperti bintik-bintik.

Menggunakan serum dengan kandungan vitamin C dan antioksidan juga dapat mengatasi masalah tersebut.

Mencegah penuaan dini

Selain noda hitam, keriput serta garis halus pada kulit juga bisa timbul akibat sinar UV. Inilah yang disebut sebagai penuaan dini. Jadi, semakin sering kulit terkena paparan sinar matahari, semakin besar pula kemungkinannya untuk menua.

Memakai serum dapat membantu menutrisi kembali kulit wajah dan memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan akibat paparan sinar UV dari matahari.

Untuk menjaga kesehatan kulit wajah, kamu bisa menggunakan serum yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

Misalnya saja,  serum dari Kiehl’s. Berdiri sejak 1851, Kiehl’s memfokuskan bidang usahanya untuk memproduksi berbagai jenis skincare, termasuk serum wajah.

Salah satu produknya, Kiehl’s Powerful-Strength Line-Reducing Concentrate. Serum wajah yang satu ini dapat memperbaiki penampilan kulit dan menyamarkan tanda-tanda penuaan.

Untuk memperbaiki penampilan kulit dan menyamarkan tanda-tanda penuaan, kamu bisa pilih Kiehl’s Powerful-Strength Line-Reducing Concentrate yang mengandung konsentrasi 10,5 persen vitamin C murni (L-Ascorbic Acid), dua persen vitamin C dan hyaluronic acid.

Opsi lainnya, Kiehl’s Vital Skin-Strengthening Super Serum, Kiehl’s Nightly Refining Micro-Peel Concentrate, dan Kiehl’s Precision Lifting and Pore-Tightening Concentrate yang masing-masing kandungannya bisa kamu lihat di sini.

Bagi yang punya masalah dengan kulit kusam, noda hitam, atau sekadar ingin menjaga kecerahan wajah, Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution, Kiehl’s Daily Reviving Concentrate, atau Kiehl’s Hydro-Plumping Re-Texturizing Serum Concentrate bisa jadi solusinya.

Nah, itulah ulasan soal manfaat serum wajah berikut rekomendasi produk yang dapat membantu mengatasi masalah kulit wajahmu. Untuk pemesanan produk serum Kiehl’s, kunjungi situs web resmi www.kiehls.co.id.