Advertorial

Sebelum Beli Earphone untuk Olahraga, Perhatikan Dulu 4 Hal Ini

Kompas.com - 25/11/2020, 13:48 WIB
Ilustrasi berolahraga mengenakan wireless earphone (Dok. SHUTTERSTOCK/Monkey Business Images) Ilustrasi berolahraga mengenakan wireless earphone

KOMPAS.com – Berolahraga sambil mendengarkan musik favorit menjadi salah satu cara ampuh untuk menambah semangat. Selain itu, mendengarkan musik saat berolahraga ternyata juga memiliki banyak manfaat lain.

Menurut National Center for Health Center Amerika Serikat, mendengarkan musik saat berolahraga dapat meningkatkan stamina, mood, serta membuat olahraga menjadi lebih berkualitas. Musik juga dapat meningkatkan daya tahan, kekuatan, hingga performa tubuh saat berolahraga.

Jika kamu menggemari olahraga yang membutuhkan banyak gerak, seperti olahraga lari atau zumba, mendengarkan musik menggunakan earphone wireless atau tanpa kabel bisa jadi pilihan terbaik. Selain lebih simpel, kamu juga tidak perlu terganggu dengan kehadiran kabel earphone yang menggantung saat digunakan.

Nah, sebelum membeli earphone wireless untuk menemani aktivitas olahraga, perhatikan dulu empat hal berikut ini.

  1. Kualitas suara

Kualitas suara menjadi salah satu hal terpenting dalam memilih sebuah earphone. Untuk mengetahuinya, kamu bisa membaca spesifikasi yang dicantumkan dan membaca review dari pembeli lain jika berbelanja di e-commerce.

Perlu diketahui, setiap earphone memiliki kualitas suara berbeda-beda. Selain itu, banyak pula earphone yang sudah dilengkapi fitur noise cancelling. Fitur ini berfungsi mencegah masuknya suara dari luar dan mengurangi tingkat kebisingan ketika mendengarkan musik maupun menerima panggilan.

Dengan demikian, pengalaman mendengarkan musik menjadi lebih baik dan minim gangguan. Namun, apabila kamu gemar berolahraga di luar ruangan, sebaiknya pilih earphone wireless yang tidak sepenuhnya kedap suara dari luar. Hal ini penting demi menjaga keselamatan kamu selama berolahraga.

  1. Ukuran pas di telinga

Selain kualitas suara yang dihasilkan, kenyamanan earphone saat dipakai juga penting. Sebelum membeli, pastikan bentuk dan ukurannya pas ketika dipakai di telinga. Tujuannya agar earphone tidak mudah terlepas saat kamu bergerak selama olahraga.

Terdapat dua model earphone yang lazim saat ini, yakni earbuds dan in-ear monitoring (IEM). Earbuds merupakan earphone yang cara pemakaiannya berada di luar lubang telinga. Sementara itu, IEM digunakan dengan memasukkan bagian ujung perangkat ke dalam lubang telinga.

  1. Tahan percikan air

Saat olahraga, tubuh pasti berkeringat. Karena itu, pilihlah earphone yang tahan percikan air agar kamu bisa bebas berolahraga tanpa khawatir earphone rusak.

Kamu bisa mengenali kemampuan antiair earphone dengan mengenali kode khusus yang terdapat pada detail spesifikasinya, yakni kode Ingress Protection (IP) yang diikuti dengan angka di belakangnya.

Misalnya, kode IP65 pada earphone berarti perangkat tersebut antidebu dan tahan semprotan air dari segala arah dalam jarak tiga meter.

  1. Ketahanan baterai

Berbeda dengan earphone pada umumnya, earphone wireless menggunakan baterai agar bisa menyala dan memutar musik. Oleh karena itu, saat memilih earphone, pastikan juga daya tahan baterainya, baik kapasitas daya baterai pada earphone maupun casing-nya.

Saat ini, rata-rata earphone wireless beserta casing-nya sudah memiliki ketahanan daya baterai hingga 5-11 jam. Jadi, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Itulah beberapa fitur yang harus diperhatikan sebelum membeli earphone olahraga. Buat kamu yang ingin membeli earphone secara online tapi masih ragu dengan kualitas barang dan keamanannya, kamu bisa memanfaatkan fitur pembayaran cash on delivery (COD) atau bayar di tempat dari Tokopedia.

Dengan COD Tokopedia, pembeli bisa melakukan pembayaran secara tunai ketika barang sudah diterima di alamat tujuan dan sesuai dengan pesanan. Jika produk tidak diterima atau tidak sesuai, produk dapat dikembalikan ke penjual dengan biaya pengiriman yang ditanggung Tokopedia.

Terdapat berbagai pilihan produk yang bisa dibeli dengan fitur COD, mulai dari gadget, makanan dan minuman, perawatan tubuh, hingga fashion.

Untuk bisa menikmati fitur COD, kamu hanya perlu mencari produk yang dilengkapi dengan logo “Bayar di Tempat”. Setelah itu, selesaikan transaksi dengan memilih kurir pengiriman yang juga mendukung metode COD.

Kalau begitu, tunggu apa lagi? Yuk, belanja mudah, nyaman, dan aman dengan fitur COD di Tokopedia.