Advertorial

Ditutup dengan Meriah, Tawanesia 2020 Sukses Menghibur masyarakat

Kompas.com - 27/11/2020, 15:20 WIB
Fico fachriza dalam acara Tawanesia 2020 (dok. Universitas Multimedia Nusantara) Fico fachriza dalam acara Tawanesia 2020

KOMPAS.com - Tawanesia 2020: The Final Show menjadi penutup rangkaian acara Tawanesia 2020. Acara stand-up comedy daring melalui platform Zoom, Sabtu (21/11/2020), tersebut sukses menyedot perhatian netizen.

Adapun pada puncak Tawanesia 2020, penyelenggara mengangkat konsep keberagaman Indonesia. Acara ini diisi oleh komika seperti Fico Fachriza (SUCI 3), John Yewen (SUCA 3), serta dua local heroes—sebutan untuk komika lokal—yaitu, Aldy dan Itwan yang bertujuan menghibur sobat tawa walaupun terbentang jarak dan waktu.

Kehadiran Tawanesia diharapkan mampu menghibur masyarakat Indonesia tanpa harus khawatir akan kerumunan karena dilaksanakan secara daring.

Selain itu, Tawanesia juga diharapkan menjadi wadah pelaku seni komedi untuk memperoleh panggung dan berkarya.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 memengaruhi kehidupan pekerja seni, termasuk komedian. Lantaran kebijakan pembatasan fisik, banyak acara komedi tunggal batal diadakan.

Pengalaman pahit tersebut dialami pula oleh John Yewen. Selama pandemi, ia tak bisa mengisi panggung-panggung komedi tunggal seperti biasa.

“Gara-gara pandemi ini saya sempat 3 bulan tidak mendapatkan tawaran job,” ujar Yewen melalui rilis resmi yang diterima Kompas.com Kamis (26/11/2020).

John Yewen pada acara Tawanesia 2020 (dok. Universitas Multimedia Nusantara) John Yewen pada acara Tawanesia 2020

Hal serupa juga dirasakani Fico. Berkat Tawanesia, lulusan SUCI 3 ini bisa kembali mendapatkan panggung untuk menghibur orang-orang.

“Terima kasih Tawanesia telah mengundang saya. Alhamdulillah, saya jadi ada kerjaan” ucap Fico Fachriza di tengah penampilan stand-up-nya.

Sebelum acara puncak, penyelenggara telah mengadakan serangkaian acara pendahuluan. Di antaranya, perlombaan Stand-Up Comedy secara daring, Tjakep Challenge, dan Punchline Challenge serta live Instagram bersama komika Fico Fachriza, komunitas Stand Up Comedy Ciparay, dan local heroes: Itwan.

Setidaknya, 170 partisipan dari berbagai daerah ikut ambil bagian dalam challenge yang diadakan di Tawanesia 2020. Walaupun terbentang jarak, kebahagiaan partisipan terpancar dari layar laptop dan interaksi melalui kolom chat Zoom.

Tawanesia 2020: The Final Show ditutup dengan penampilan juara 1 pemenang Stand Up Comedy Competition, Triana Saputra, dan diakhiri dengan foto bersama oleh seluruh partisipan.

Puncak acara Tawanesia 2020: The Final Show berhasil memenuhi tagline Tawanesia yaitu Satu Nusa, Satu Bangsa, Tawa.