Advertorial

Pahami Faktor Pertimbangan Berikut Ketika Menjual Mobil

Kompas.com - 29/11/2020, 15:17 WIB
dok. Shutterstock dok. Shutterstock

Menjual aset dianggap sebagian orang sebagai solusi jitu untuk mendapatkan dana instan di saat paling dibutuhkan. Dalam keadaan terdesak, banyak orang memerlukan sumber dana yang besar dengan cepat. Dalam kondisi ini , Anda akan dihadapkan pada pilihan untuk menjual aset berupa kendaraan atau properti. Sebuah pilihan yang sulit tetapi harus dijalani.

Biasanya dari dua pilihan tersebut, menjual mobil yang paling banyak dipilih dibandingkan menjual properti berupa rumah, tanah maupun apartemen. Alasannya sederhana, masih lebih mudah dan cepat menjual mobil daripada menjual properti.

Tapi pada kenyataannya, menjual mobil juga tidak semudah itu. Banyak cara dan faktor pertimbangan yang harus dipikirkan, mau menjual mobil secara pribadi, melepasnya ke dealer atau dengan menggunakan platform lainnya yang banyak ditawarkan.

Pilihan ini dapat menjadi solusi kebutuhan dana Anda, tetapi masing-masing memiliki proses yang berbeda sehingga juga memiliki sisi kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Untungnya jual mobil secara pribadi

Ketika Anda jago dalam bernegosiasi, sudah pasti Anda memilih untuk menjual mobil sendiri tanpa perlu bantuan pihak lain. Jelas, satu-satunya hal yang Anda pikirkan adalah bisa menjual mobil dengan harga tinggi sesuai yang Anda inginkan.

Apalagi jika mobil yang Anda jual punya keunggulan seperti kondisi eksterior mulus, interior bersih dan wangi, serta performa mesinnya juga prima. Sudah pasti Anda akan menawarkan mobil tersebut kepada calon pembeli dengan harga di atas pasaran.

Meskipun pada akhirnya calon pembeli akan menawarnya, tapi dengan keunggulan mobil dan Anda jagonya Anda dalam bernegosiasi hasilnya pun dapat jatuh di harga yang tidak terlalu jauh dari harga yang ditawarkan.

Selain itu, menjual mobil secara pribadi akan lebih hemat. Anda tidak perlu mengeluarkan komisi untuk calo. Anda akan menikmati keseluruhan dana dari hasil penjualan mobil tersebut.

Di sisi lain, proses negosiasi dengan calon pembeli juga tidak perlu lewat pihak ketiga. Urusan tawar menawar harga lebih mudah. Harga cocok, ambil, kalau belum pas dengan keinginan Anda, tinggal dibicarakan langsung saat itu juga.

Jual mobil secara pribadi tidak selalu berjalan mulus

Namun, proses menjual mobil secara pribadi tidak selamanya akan memberikan keuntungan mutlak kepada Anda. Untuk orang yang belum memiliki pengalaman menjual mobil sendiri, sebaiknya harus ekstra hati-hati. Risiko mengalami kerugian akan selalu mengintai.

Pasalnya, mobil yang ditawarkan tidak serta merta akan laku saat itu juga. Sudah pasti Anda harus melatih kesabaran. Apalagi jika kenyataannya Anda sedang membutuhkan dana yang instan dari hasil penjualan mobil tersebut.

Bukan berarti kualitas mobil Anda jelek, bisa jadi karena memang demand-nya yang kurang. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini. Bisa-bisa mobil Anda menganggur berbulan-bulan tidak terjual. Jika Anda mengiklankan mobil tersebut, Anda juga harus mengeluarkan biaya iklan untuk waktu yang cukup lama.

Mungkin Anda terpikir untuk mengiklankannya secara konvensional, parkir di tempat ramai, kemudian diberi tulisan “DIJUAL”. Atau sedikit lebih canggih, Anda akan memanfaatkan platform sosial media untuk beriklan secara gratis.

Hal yang harus diperhatikan adalah Anda harus mampu mengambil foto mobil dengan angle terbaik agar menarik para pembeli. Selain kurang praktis, bisa saja Anda akan dihubungi oleh orang iseng atau penipu yang berusaha untuk melakukan hal-hal yang tidak baik kepada Anda.

Intinya Anda harus siap meluangkan waktu yang cukup banyak, kesabaran lebih, dan lebih waspada terhadap penipuan dalam proses menjual mobil secara pribadi.

Serahkan ke Jagonya Jual Mobil

Dari semua permasalahan tersebut, mungkin memang sudah saatnya Anda menyerahkan urusan ini kepada ‘jagonya’ jual mobil, OLX Autos. Waktu merupakan hal yang sangat berharga, OLX Autos mampu membantu Anda menjual mobil dengan transferan dana instan. Jual mobil di OLX Autos semudah 3C: cek harga, cek mobil dan cek rekening.

Tinggal kunjungi website http://www.olx.co.id/olxautos kemudian masukkan data mobil yang akan Anda jual, mulai dari merek, tipe dan tahun pembuatannya. Anda langsung mendapatkan estimasi harga jual dalam hitungan menit.

Selanjutnya Anda akan melakukan cek mobil di mana ahli inspeksi OLX Autos akan melakukan pengecekan di lebih dari 300 titik kendaraan yang memungkinkan Anda akan menerima penawaran harga terbaik. Layanan inspeksi dari OLX Autos ini juga melayani “Home Inspection” sehingga Anda tidak perlu repot untuk datang ke Inspection Center OLX Autos, lebih aman dan nyaman bagi Anda.

Terakhir, Anda akan menerima penawaran harga berdasarkan hasil inspeksi yang sudah dilakukan. Begitu Anda setuju dengan tawaran tersebut, tinggal cek rekening dan buktikan, transferan instan sudah ada di rekening Anda, sesuai harga yang disepakati.

OLX Autos kini telah hadir di 8 kota besar di Indonesia, Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Jogjakarta, Solo, Semarang, Medan, dan Bali. Gunakan waktu Anda untuk melakukan kegiatan lain yang dapat mengasah jagonya Anda. Jual mobil tidak perlu pakai ribet, Anda serahkan saja urusan tersebut kepada OLX Autos, jagonya jual mobil. #LakuinSekarang!