Advertorial

Tetap Produktif Bekerja dan Belajar dari Rumah dengan Alternatif Pengganti Laptop

Kompas.com - 30/11/2020, 13:25 WIB
Samsung Tab A7 (dok.Samsung) Samsung Tab A7

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 membuat sebagian proses interaksi sosial secara langsung harus terhenti untuk sementara. Kini, bekerja dan belajar yang biasanya dilakukan secara langsung harus dilakukan dari rumah secara virtual guna menekan penyebaran virus Covid-19.

Bagi yang tidak terbiasa, hal itu menjadi tantangan tersendiri. Saat di rumah, pelajar dan pekerja belum tentu bisa berkonsentrasi seperti di sekolah dan kantor.

Wajar, sejak awal rumah memang didesain sebagai tempat tinggal yang berfungsi sebagai tempat beristirahat.

Belum lagi kalau fasilitas pendukung, seperti laptop dan gadget, untuk bekerja dan bersekolah di tengah pandemi belum memadai. Bisa-bisa produktivitas jadi terganggu.

Pada praktiknya, bekerja dan belajar dari rumah membutuhkan fasilitas gadget yang menunjang. Alat itu digunakan untuk mendukung aktivitas daring yang kini jadi rutinitas.

Saat awal pandemi, banyak orang menggunakan gadget seadanya. Alat kerja seperti laptop lama yang ada di rumah digunakan oleh orangtua, sedangkan anak yang bersekolah secara daring memakai smartphone sebagai media. Saat itu, banyak yang berpikir keadaan ini hanya sementara.

Seiring waktu saat aktivitas daring menjadi rutinitas, gadget yang dibutuhkan akhirnya harus punya standar khusus.

Paling tidak, spesifikasinya harus bisa mengakomodasi seluruh kebutuhan yang kini dikerjakan secara virtual.

Untuk memenuhi kebutuhan itu, tablet PC seperti Samsung Galaxy Tab A7 bisa jadi pilihan. Gadget ini punya beragam keunggulan.

Dibandingkan laptop, bentuk Tab A7 yang ringkas juga memungkinkan alat ini mudah dibawa ke sudut mana pun di dalam rumah. Cocok bagi pengguna yang tak punya ruang khusus untuk bekerja atau bersekolah dari rumah.

Selain itu, dibandingkan smartphone, tablet ini memiliki layar lebih luas sehingga tidak melelahkan mata saat harus beraktivitas daring seharian. Simak beberapa hal berikut untuk tahu lebih jauh mengenai keunggulannya.

Kamera depan

Tab A7 dibekali kamera depan dengan resolusi 5 megapiksel. Spesifikasi ini cukup untuk menghasilkan gambar yang jernih.

Perlu diketahui, keberadaan kamera depan pada gadget sangat dibutuhkan di masa-masa seperti ini. Kamera dapat mendukung aktivitas pertemuan virtual yang sudah jadi rutinitas.

Letak kamera depan pada gadget ini juga terbilang strategis, yakni tepat di bagian tengah sisi atas layar. Jika diletakkan di meja, Anda tak perlu repot-repot mengatur agar wajah tetap terpusat di tengah layar.

Layar yang luas

Memiliki ketebalan 7 milimeter (mm), layar dari perangkat Tab A7 didesain premium dengan bezel tipis 10,5 mm. Selain itu, Tab A7 memiliki ukuran layar 10,4 inci dengan resolusi 2000×1200 piksel.

Layar dengan spesifikasi itu mampu menghasilkan gambar yang luas dan jernih. Selain itu, untuk mendukung fungsinya, desain layar Tab A7 juga sudah dioptimalkan untuk tampilan landscape.

Dengan begitu, gadget ini mampu memberikan kenyamanan saat digunakan untuk meeting atau belajar secara online.

Performa

Selain itu, Tab A7 dibekali dengan kombinasi engine yang  powerful di kelasnya. Dengan random access memory (RAM)sebesar 3 gigabyte (GB) dan prosesor Qualcomm Snapdragon 662, tablet ini memiliki performa sangat baik untuk menunjang kelancaran aktivitas daring.

Tablet terbaru keluaran Samsung ini juga memiliki kapasitas baterai besar 7.040 mAh. Selain hemat daya, Tab A7 juga sudah dilengkapi dengan fitur fast charging 15W pada port USB Type-C 2.0.

Dengan fitur tersebut, Anda tak perlu menunggu lama saat proses pengisian daya. Cocok bagi Anda yang sering diajak meetingonline dadakan.

 Audio

Fitur Samsung Tab A7 semakin lengkap dengan adanya quad speaker. Speaker ini mampu menghadirkan audio yang powerful dari keempat sisi tablet.

Dengan tambahan surround sound dinamis dan Dolby Atmos, audio yang dihasilkan pun mampu membuat pengguna merasa puas.

Selain fitur-fitur tersebut, Samsung Tab A7 juga didukung konektivitas jaringan GSM/HSPA/LTE, Bluetooth 5.0, dan telah menjalankan sistem operasi Android 10 yang dilapisi antarmuka One UI 2.1.

Dengan kelengkapan fitur yang disebutkan di atas, Tab A7 mampu dijadikan sebagai gadget andalan untuk menunjang produktivitas selama pandemi.

Tertarik mencoba? Anda bisa merasakan sendiri pengalaman menyenangkan bekerja atau belajar lewat gadget dengan menggunakan Samsung Tab A7.