Advertorial

Kantor Pintar Schneider Electric, Pusat Percontohan Teknologi Terbaru di Pengelolaan Energi dan Otomasi

Kompas.com - 01/12/2020, 13:09 WIB
Kantor pintar Schneider Electric di Jakarta mengusung konsep ?Workplace of the Future?. (DOK. SCHNEIDER ELECTRIC) Kantor pintar Schneider Electric di Jakarta mengusung konsep ?Workplace of the Future?.

KOMPAS.com – Perusahaan global yang fokus dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan otomasi industri Schneider Electric mengumumkan peresmian kantor pintarnya di Cibis-9 Building, Jakarta Selatan, Jumat (27/11/2020).

Peresmian kantor pintar tersebut merupakan bagian dari strategi transformasi digital perusahaan dalam memberikan pengalaman terbaik bagi staf, mitra, pemasok, dan klien.

Kantor baru tersebut mengusung konsep “Workplace of the Future”. Mulai dari desain arsitektur yang modern dan stylish hingga fasilitas yang disediakan dirancang untuk dapat memaksimalkan inovasi, kreativitas, serta partisipasi dan kolaborasi lintas generasi.

Sebagai informasi, peresmian kantor baru di Cibis-9 Building merupakan relokasi kantor pusat yang sebelumnya berlokasi di Gedung Ventura, Jakarta Selatan.

Kantor dengan luas 2.300 meter persegi ini mengadopsi ruang kerja terbuka (open-plan office) dengan 30 persen dari luas kantor didedikasikan sebagai ruang kolaborasi yang memberikan fleksibilitas untuk meningkatkan produktivitas dan kolaborasi antarstaf.

Kantor pintar ini memiliki ruang kerja terbuka (open-plan office). (DOK. SCHNEIDER ELECTRIC) Kantor pintar ini memiliki ruang kerja terbuka (open-plan office).

Kantor pintar ini juga dilengkapi fasilitas Innovation Hub, yakni ruang demo produk dan solusi dari Schneider Electric, Live Data Center, dan terdapat 25 ruang pertemuan dengan kapasitas bervariasi mulai dari 20-50 orang yang dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan.

Selain itu, kantor pintar Schneider Electric menggunakan produk dan solusi miliknya sendiri, mulai dari produk yang saling terhubung, seperti sensor, access control, dan PowerTag, hingga teknologi EcoStruxure untuk memberikan solusi analitik prediktif terhadap pengelolaan dan konsumsi energi dari tiap ruangan.

Cluster President Schneider Electric Indonesia & Timor Leste Xavier Denoly. (DOK. SCHNEIDER ELECTRIC) Cluster President Schneider Electric Indonesia & Timor Leste Xavier Denoly.

Cluster President Schneider Electric Indonesia & Timor Leste Xavier Denoly menyampaikan, bagi Schneider Electric, tempat kerja merupakan wujud nyata dari nilai, merek, dan budaya yang dimiliki suatu perusahaan.

“Tempat kerja mencerminkan bagaimana kami bekerja sebagai individu dan sebagai sebuah tim. Tempat kerja juga menunjukkan cara kami berbisnis dan membangun hubungan dengan staf, klien, mitra, dan pemasok,” ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (27/11/2020).

Setiap detail desain, tata letak, arsitektur, dan pemilihan mebel dari kantor baru ini, lanjutnya, dirancang untuk memaksimalkan potensi tiap individu dalam menciptakan inovasi, kreativitas, serta kolaborasi dengan menempatkan kenyamanan, keselamatan, dan keamanan sebagai prioritas utama perusahaan.

Townhall kantor pintar Schneider Electric di Jakarta. (DOK. SCHNEIDER ELECTRIC) Townhall kantor pintar Schneider Electric di Jakarta.

“Kantor pintar Schneider Electric ini akan menjadi live demo dan proyek percontohan terbaik bagi klien, mitra, dan pemasok terhadap produk dan solusi kantor pintar kami. Kantor pintar ini juga digunakan sebagai pusat pembelajaran berbagai inovasi dan teknologi terbaru dalam pengelolaan energi serta otomasi melalui fasilitas Innovation Hub dan Live Data Center,” ujar Xavier.

Melalui konsep dan fasilitas tersebut, pihaknya pun berharap dapat memberikan wawasan dan pengalaman yang lebih baik terhadap produk dan solusi #EcoStruxure dari #SchneiderElectricId.

Melalui pemanfaatan solusi EcoStruxure IT, EcoStruxure Power, dan EcoStruxure Building di kantor pintarnya, perusahaan dapat memonitor serta mengevaluasi pemakaian energi dan sirkulasi udara dari tiap ruangan.

Data center di kantor pintar Schneider Electric di Jakarta. (DOK. SCHNEIDER ELECTRIC) Data center di kantor pintar Schneider Electric di Jakarta.

Selain itu, perusahaan juga akan mendapatkan analisis yang komprehensif untuk pengelolaan yang efektif dan efisien.

“Digital Dashboard dari pengelolaan energi nantinya akan ditampilkan secara real time di Innovation Hub,” imbuh Xavier.

Tidak hanya itu, solusi EcoStruxure Plant & Machine yang diimplementasikan di pabrik pintar Batam dan EcoStruxure Grid di pabrik pintar Cikarang juga dapat diakses secara real time melalui Control Center yang berada di Innovation Hub di kantor pintar Jakarta.

Bagi klien, mitra, dan pemasok yang ingin mengetahui produk dan solusi komprehensif untuk data center, mulai dari cooling and rack, uninterruptible power supply (UPS), low voltage power distribution, hingga solusi EcoStruxure IT, bisa melihatnya secara langsung lewat fasilitas Live Data Center Schneider Electric.

Fasilitas tersebut juga dapat memberikan gambaran lebih jelas bagaimana membangun dan mengelola pusat data yang efisien, andal, dan ramah lingkungan dengan sistem keamanan terbaik.

Lebih lanjut, untuk menambah kenyamanan para staf yang bekerja, kantor pintar ini memiliki ratusan titik pengisian daya dengan atau tanpa kabel dan kursi ergonomis untuk mendukung tiap postur tubuh serta melancarkan sistem sirkulasi tubuh. #LifeIsOn