Advertorial

Catat, Begini Cara Habiskan Libur Natal dan Tahun Baru di Rumah Tanpa Ribet

Kompas.com - 04/12/2020, 18:37 WIB
Ilustrasi menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru di rumah (Shutterstock/Anontae) Ilustrasi menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru di rumah (Shutterstock/Anontae)

KOMPAS.com – Liburan akhir tahun akan tiba dalam beberapa pekan lagi. Tak sedikit orang yang antusias menyambut momen tersebut.  

Seperti diketahui, pemerintah secara sah telah mengumumkan cuti bersama libur akhir tahun berjumlah delapan hari. Adapun libur dimulai dari 24 sampai 27 Desember 2020, lalu 31 Desember 2020, dan dilanjutkan pada 1 hingga 3 Januari 2021.

Untuk mengisi waktu liburan, kebanyakan orang umumnya akan memilih bertamasya mengunjungi tempat-tempat yang dianggap menarik. Selama mengikuti protokol kesehatan, tak ada yang salah dengan rencana ini.

Namun, mengingat pandemi belum berakhir, ada baiknya libur akhir tahun dihabiskan di rumah. Selain bisa leluasa berkegiatan,  pilihan tersebut pun tak kalah seru dengan bertamasya.

Lagi pula, makna libur sendiri adalah mengistirahatkan tubuh sejenak dari rutinitas sehari-hari. Maka dari itu, liburan tak melulu dihabiskan dengan bepergian.

Pilihan aktivitas liburan di rumah

Bagi orangtua yang memiliki anak kecil, liburan bisa diisi dengan membuat prakarya atau bermain puzzle bersama. Selain menyenangkan, aktivitas tersebut dapat memperkuat ikatan atau bonding antara keduanya.

Sementara itu, untuk yang lajang atau berpasangan, menonton film jadi pilihan menarik sekaligus berdampak positif bagi kesehatan jiwa dan pikiran.

Dalam laman Psych Central, Kamis (20/12/2018), profesor psikologi dari Community College of Southern Nevada Gary Solomon mengatakan, menonton film dapat menjadi terapi psikologis untuk memulihkan masalah motivasi diri hingga depresi. Metode ini kerap disebut cinematherapy.

Bukan itu saja, memasak menu-menu spesial juga bisa jadi kegiatan seru saat libur akhir tahun nanti. Terlebih, jika dilakukan bersama orang terkasih.

Sebelum melakukan aktivitas tersebut, ada baiknya persiapkan kebutuhan memasak jauh-jauh hari. Sebab, tempat perbelanjaan biasanya lebih sepi dibanding saat menjelang libur panjang. terutama saat mendekati hari raya dan akhir tahun. Dengan begitu, potensi berada di kerumunan dapat dihindari.

(Dok. Zen) (Dok. Zen)

Di masa transisi, orang diperbolehkan untuk keluar rumah, termasuk berbelanja untuk mempersiapkan libur akhir tahun. Kendati demikian, protokol kesehatan tetap wajib dijalankan, seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan segera mandi selepas dari bepergian.

Memang benar, sering cuci tangan dan mandi dengan sabun dapat meningkatkan risiko kulit kering dan iritasi. Namun, bukan berarti tak ada solusi untuk masalah tersebut.

Ada banyak pilihan produk sabun yang tidak membuat kulit menjadi kering meski sering digunakan. Salah satunya, Zen Antibacterial Body Soap yang mengandung sejumlah bahan alami, seperti sandalwood, sulphur, sea salt, dan daun shiso merah Jepang yang berfungsi menjaga kelembapan kulit, baik kulit anak usia satu tahun maupun kulit sensitif.

Selain memiliki fungsi tersebut, daun shiso merah Jepang juga punya manfaat sebagai antiseptik alami yang bisa menghambat perkembangan bakteri di kulit.

Itu artinya, Zen Antibacterial Body Soap dapat menjadi pilihan sabun mandi yang aman bagi seluruh anggota keluarga.

Bila khawatir untuk berbelanja langsung di toko, kebutuhan memasak masih bisa dibeli secara online. Metode ini juga terbilang lebih menguntungkan karena tak jarang toko-toko online menawarkan potongan harga.

Nah, itulah rekomendasi aktivitas seru yang bisa dilakukan di rumah untuk mengisi liburan akhir tahun nanti.