Advertorial

Prevalensi Diabetes Masih Tinggi, Begini Cara Pencegahannya

Kompas.com - 04/12/2020, 19:00 WIB
Dok. Eskayvie Pytax Dok. Eskayvie Pytax

KOMPAS.com - Pola makan yang buruk ditambah kurangnya aktivitas fisik berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan. Salah satunya, diabetes.

Berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF) yang dimuat Kompas.com, Kamis (5/11/2020), Indonesia berada di peringkat ketujuh sebagai negara dengan penderita diabetes tertinggi di dunia.

Adapun prevalensi risiko penyakit tersebut mencapai 6,2 persen atau setara lebih dari 10,8 juta pasien diabetes pada 2020. Jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat.

Diabetes disebabkan oleh kadar glukosa atau gula darah dalam tubuh yang melebihi batas normal. Kondisi ini bisa terjadi lantaran tubuh tidak bisa menyerap glukosa.

Glukosa sendiri memiliki fungsi yang vital bagi tubuh karena berperan sebagai sumber energi.  Sayangnya, akibat pola konsumsi tak seimbang, zat tersebut justru menjadi bumerang bagi kesehatan.

Dalam tingkat lebih parah, diabetes bisa menyebabkan komplikasi gangguan kesehatan pada organ tubuh lain, seperti jantung, ginjal, dan saraf.

Dikutip dari www.diabetes.org, gejala gula darah tinggi pada tubuh umumnya ditandai dengan sering buang air kecil, sering merasa haus, kehilangan berat badan secara drastis, kulit kering, dan gangguan penglihatan.

Pencegahan diabetes bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, menjaga pola makan dan memperhatikan keseimbangan gizi. Sebaiknya, batasi konsumsi makanan atau minuman tinggi kalori, gula, dan lemak.

Contohnya, makanan olahan, kue, es krim, dan makanan siap saji. Sebagai gantinya, perbanyak asupan sayuran dan buah-buahan yang memiliki kandungan fitonutrisi.

Fitonutrisi adalah zat yang memberikan warna pada sayuran dan buah. Meski bukan golongan nutrien esensial, fitonutrisi memiliki manfaat lain bagi tubuh.

Nutrien tersebut dapat berfungsi sebagai antioksidan, mengoptimalkan sistem imunitas tubuh, membantu memenuhi kebutuhan vitamin, dan untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh.

Fitonutrisi sering ditemukan pada sayur atau buah, seperti anggur, delima, manggis, teh hijau, goji beri, acai beri, kranberi, blueberry, tomat, rosela, bit merah, dan sirsak.

Bagi Anda yang memiliki kehidupan serbacepat dan sibuk, menjaga konsistensi dalam mengonsumsi sayur dan buah tiap hari mungkin bukan perkara mudah.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda dapat mencoba minuman dengan kandungan fitonutrisi seperti Eskayvie Pytax.

Dok. Eskayvie Pytax Dok. Eskayvie Pytax

Minuman jus botani ini mengandung 12 fitonutrisi dan dapat membantu fungsi telomerase activator dalam tubuh. Khasiat seperti ini biasanya dapat ditemukan pada anggur dan teh hijau.

Untuk diketahui, telomerase activator berperan untuk merangsang produksi enzim telomerase yang bertugas menjaga telomere agar sel-sel sehat tetap terjaga.

Ekstrak sayur dan buah dalam minuman Eskayvie Phytax juga dapat berfungsi sebagai anti-peradangan, antioksidan, dan dapat melancarkan aliran darah.

Cara kedua untuk mencegah diabetes, yakni dengan rajin berolahraga. Olahraga rutin dapat membantu insulin bekerja lebih efektif sehingga kadar gula dalam darah dapat lebih terkontrol.

Setidaknya, sempatkan minimal 30 menit sehari untuk berolahraga. Jenis olahraga yang bisa dipilih beragam, tapi tetap perhatikan kondisi tubuh dan tidak memaksakan diri. 

Ketiga, jaga berat badan tetap ideal. Adapun patokan yang digunakan untuk hal tersebut, menggunakan kalkulator body mass index (BMI).

Bila nilai BMI tubuh melebihi batas normal, bisa jadi tubuh mengalami obesitas yang menjadi salah satu faktor pemicu risiko diabetes.

Terakhir, kelola stres. Saat seseorang berada dalam kondisi psikologis ini, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang juga memicu naiknya gula darah.

Hormon tersebut akan mendorong tubuh jadi mudah lapar. Tak heran, seseorang yang mengalami stres akan melampiaskan dengan mengonsumsi camilan secara berlebihan.

Dengan menjaga asupan gizi seimbang, menjalani pola hidup sehat dan aktif, serta dibarengi dengan mengonsumsi fitonutrisi secara rutin, risiko penyakit kronik dan masalah gula darah dapat dicegah.

Untuk informasi seputar fitonutrisi dan Eskayvie Phytax, silakan kunjungi www.eskayvie.co.id atau hubungi Customer Care Consultant kami di 0888 7777 120 untuk mendapatkan konsultasi kesehatan gratis. (*)