Advertorial

Pengusaha Berharap Vaksin Covid-19 Gairahkan Kembali Dunia Usaha pada 2021

Kompas.com - 05/12/2020, 14:03 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 (SHUTTERSTOCK/solarseven) Ilustrasi vaksin Covid-19

KOMPAS.com -  Jelang 2021, dunia usaha menyambut positif upaya pemerintah Indonesia menghadirkan dan mengembangkan vaksin Covid-19. Pasalnya, mereka yakin bahwa vaksinasi adalah salah satu faktor untuk menggairahkan kembali roda perekonomian nasional.

“Tentunya (kami) berharap, vaksin ini dapat menimbulkan rasa aman, percaya dan mengurangi ketidakpastian. Pada akhirnya, ini akan membantu masyarakat (untuk) mulai spending dan mengaktifkan kembali roda perekonomian,” ujar Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Rosan Roeslani, seperti tertulis dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (5/12/2020).

Harapan itu disampaikan Rosan dalam webinar yang diselenggarakan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dengan tema “Kesiapan Infrastruktur Data Vaksinasi COVID-19”, Selasa (1/12/2020).

Setali tiga uang dengan Rosan, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani mengungkapkan hal sama.

“Kami juga perlu menggarisbawahi bahwa efektivitas vaksin ini apabila sesuai harapan, tentunya akan membawa perbaikan kepada kita semua,” sambungnya.

Sembari berharap, pengusaha meminta pemerintah kembali meninjau kewajiban pengusaha menyediakan anggaran untuk vaksinasi mandiri menimbang ada banyak perusahaan yang tidak dalam kondisi finansial baik akibat wabah Covid-19.

“Karena bagaimanapun juga, kami (berada) pada kondisi (finansial) yang terdampak cukup berat,” ungkap Hariyadi.

Sebagai informasi, kehadiran vaksin memang dinilai dapat segera memulihkan dunia usaha seperti pariwisata, ekonomi kreatif dan juga usaha-usaha kelompok usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang banyak menyandarkan operasional bisnisnya pada pertemuan fisik.

Pemerintah sendiri saat ini sudah memberi isyarat akan segera menghadirkan vaksin secara bertahap mulai akhir tahun 2020.

Tak hanya pengusaha, kehadiran vaksin juga mendapat sambutan positif masyarakat. Sesuai dengan data survei Penerimaan Vaksin Covid-19 di Indonesia yang dilakukan Kementerian Kesehatan, ITAGI dan UNICEF yang menyebutkan, sekitar 64,8 persen masyarakat Indonesia percaya dan menerima vaksinasi.