Advertorial

Melirik Bali sebagai Surga Lokasi Penyelenggaraan Event MICE

Kompas.com - 08/12/2020, 18:39 WIB
Bali menjadi destinasi utama penyelenggaraan MICE di Indonesia. (DOK. KEMENPAREKRAF) Bali menjadi destinasi utama penyelenggaraan MICE di Indonesia. (DOK. KEMENPAREKRAF)

KOMPAS.com – Sebagai destinasi wisata utama di Indonesia, Bali tidak hanya menjadi pilihan favorit untuk berekreasi. Lebih dari itu, Bali juga menjadi tujuan kegiatan meetings, incentives, conferences, and exhibitions (MICE) dari dalam dan luar negeri.

Sejak 2010, Bali selalu menduduki peringkat teratas dibandingkan 15 destinasi MICE lainnya di Tanah Air. Bali sering didaulat sebagai tuan rumah berbagai acara dan kegiatan bertaraf internasional, seperti pemilihan Miss World, pertemuan tahunan IMF-World Bank, KTT ASEAN, dan event musik internasional.

Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran (MICE) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Iyung Masruroh mengatakan, keberadaan fasilitas penunjang MICE untuk berbagai jenis acara bisa dijumpai di Bali.

Termasuk di antaranya hotel-hotel bintang lima dan enam yang mempunyai fasilitas ruang konferensi dan rapat yang lengkap. Selain itu, Pulau Dewata sebagai destinasi MICE juga didukung oleh keramahan penduduk sekitar dan keindahan serta ketenangan alamnya yang dapat memberikan inspirasi.

"Potensi pariwisata di Bali yang seakan tiada habisnya menjadikan program MICE sangat ideal bagi perusahaan, kantor, atau organisasi menggelar acara. Mereka biasanya tidak akan kesulitan membuat perencanaan kegiatan di Bali, termasuk menyesuaikan programnya dengan pilihan lokasi, fasilitas, nuansa, tema, dan lainnya," jelas Masruroh pada rilis resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (8/12/2020).

Penyelenggara kegiatan juga dapat memilih beragam lokasi dan suasana di Bali. Misalnya saja kawasan pantai di Nusa Dua, Kuta, Seminyak, dan puluhan pantai lainnya di sekeliling pulau.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apabila Anda mengharapkan suasana damai dengan pemandangan persawahan dan desa adat khas Bali, Anda dapat memilih kawasan Ubud yang terkenal dengan seni dan budayanya. Untuk pengalaman berkegiatan di dataran tinggi, Anda dapat memilih Kintamani yang menawarkan keindahan alam dengan udara sejuk.

"Tidak diragukan, Bali memiliki fasilitas MICE yang lengkap. Selain itu, hampir di berbagai pelosok pulau terdapat hotel yang didukung dengan ballroom, ruang rapat, ataupun sarana rekreasi untuk pesertanya,” jelas Masruroh.

Lebih lanjut Masruroh mengatakan, beberapa hotel terkenal di dunia juga terdapat di Bali. Beberapa di antaranya adalah The Westin Resort, Grand Hyatt, Courtyard Bali Nusa Dua Resort, Hilton Bali Resort, Mercure, Nusa Dua Beach Hotel, Grand Mirage, The Laguna, Grand Whiz, Novotel, Conrad Bali, Holiday Inn Resort, Park Hotel, dan Inaya Hotel.

Kawasan Nusa Dua, Jimbaran, Kuta, Sanur, Ubud, dan bahkan Kintamani serta Bedugul kerap menjadi pilihan utama bagi perusahaan dan organisasi menyelenggarakan acara.

Sering kali, program meeting yang diadakan juga dibarengi dengan program perjalanan insentif, misalnya outbound atau team building, corporate social responsibility (CSR), kunjungan obyek wisata, dan wisata adventure.

"Perhelatan pameran produk (exhibition) di Bali juga bisa menjadi pilihan menarik karena selain warga Bali, pengunjung pameran dapat datang dari wisatawan mancanegara yang datang ke pulau ini untuk melihat langsung produk yang dipamerkan sekaligus berinteraksi," lanjut Masruroh.

Untuk penyelenggaraan tersebut, organisasi dan perusahaan juga bisa memanfaatkan Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). BNDCC adalah fasilitas MICE yang berlokasi di kompleks pengembangan pariwisata Bali Tourism Development Corporation.

Tempat tersebut terintegrasi dengan hotel bintang lima dan memiliki akses langsung ke Bali Nusa Dua Hotel dengan kapasitas 96 kamar sebagai sarana penunjang akomodasi para delegasi.

Dibangun di atas lahan 70.000 meter persegi, bangunan BNDCC terinspirasi dari seni budaya arsitektur Bali dan memiliki 44 ruangan multifungsi yang dapat menampung sekitar 10.000 orang.