Advertorial

Kaleidoskop Kemendikbud 2020: Ada Kemah Virtual Pertama di Dunia dan Platform Kolaborasi Kedaireka

Kompas.com - 12/12/2020, 16:03 WIB
Salah satu hasil karya foto peserta Lomba Foto dan Artikel Jurnalistik Kemendikbud Tahun 2020. DOK. Humas Kemendikbud Salah satu hasil karya foto peserta Lomba Foto dan Artikel Jurnalistik Kemendikbud Tahun 2020.

KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus berupaya mengeluarkan dan menyesuaikan kebijakan guna memajukan, membangkitkan dan memulihkan pendidikan dan kebudayaan Indonesia, terutama di masa pandemi.

Berbagai penyesuaian kebijakan pendidikan di masa pandemi Covid-19 menjadi pencapaian tersendiri bagi Kemendikbud. Di antaranya adalah kebijakan tentang bantuan kuota internet kepada siswa, guru, mahasiswa, dan dosen, untuk memfasilitasi pembelajaran jarak jauh secara daring.

Melansir laman Kemendikbud, salah satu survei bahkan menyebutkan bahwa 85 persen masyarakat menilai kuota gratis adalah kebijakan yang tepat di tengah pandemi.

Di awal tahun 2020, Mendikbud bersama Menteri Keuangan, Sri Mulyani dan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian bahkan mengubah skema penyaluran dana BOS reguler agar diterima langsung oleh kepala sekolah. Ini dilakukan untuk memangkas birokrasi penyaluran anggaran yang kerap kali berujung telatnya penerima dana BOS hingga berbulan-bulan.

Berikut sejumlah program yang dilakukan Kemendikbud sepanjang tahun 2020:

11 Desember 2019

Mendikbud meluncurkan Merdeka Belajar Episode 1 dan menetapkan empat program pokok kebijakan pendidikan “Merdeka Belajar”. Program tersebut meliputi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

24 Januari 2020

Mendikbud meluncurkan Merdeka Belajar Episode 2: Kampus Merdeka. Empat pokok kebijakan Kampus Merdeka antara lain otonomi Pembukaan Prodi Baru, re-akreditasi otomatis dan sukarela, mempermudah syarat Kampus jadi PTN BH, kebebasan untuk mahasiswa belajar lintas prodi.

10 Februari 2020

Kemendikbud meluncurkan Merdeka Belajar Episode 3: Penyaluran dan Penggunaan Dana BOS. Terdiri atas empat poin utama, yakni Penyaluran BOS langsung ke rekening sekolah, lalu penggunaan BOS yang lebih fleksibel untuk sekolah, poin ketiga mengenai nilai satuan BOS yang meningkat, serta poin terakhir mengenai Pelaporan BOS yang diperketat agar lebih transparan dan akuntabel.

26 Februari 2020

Kemendikbud membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk jalur SNMPTN, UTBK-SBMPTN, SNMPN, SBMPN, Seleksi Mandiri PTN dan PTS. Menjadi bentuk bantuan pendidikan bagi lulusan SMA, SMK atau sederajat dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi atau akademi.

10 Maret 2020

Kemendikbud meluncurkan Merdeka Belajar Episode 4: Program Organisasi Penggerak. Pokok Merdeka belajar tersebut mencakup tentang organisasi penggerak di Sekolah penggerak, program organisasi penggerak, monitoring dan evaluasi dan lini masa program organisasi penggerak.

27 Maret 2020

Kemendikbud melakukan proses realokasi atau penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2020 sebanyak Rp 405 miliar untuk untuk Rumah Sakit Pendidikan Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta.

31 Maret 2020

Kemendikbud meluncurkan Program Guru Berbagi untuk membantu guru melaksanakan pembelajaran dalam jaringan (daring) dan jarak jauh pada masa darurat Covid-19.

9 April 2020

Kemendikbud meluncurkan Program "Belajar dari Rumah" di TVRI. Mulai 13 April 2020, program tayangan ini menjadi salah satu alternatif pembelajaran bagi siswa, guru, maupun orang tua, selama masa belajar di rumah di tengah wabah Covid-19.

13 April 2020

Kemendikbud luncurkan aplikasi Relawan Covid-19 Nasional (Recon). Selasa, 24 Maret 2020, tercatat 15.000 mahasiswa secara sukarela telah siap menjadi relawan untuk terlibat dalam program ini.

15 April 2020

Kemendikbud memberikan fleksibilitas dan otonomi kepada para kepala sekolah dalam menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler. Penyesuaian kebijakan ini dikeluarkan dalam rangka mendukung pelaksanaan pembelajaran dari rumah sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

21 April 2020

Sebagai peringatan Hari Kartini, Kemendikbud bersama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) berkolaborasi dengan Paduan Suara Merah Putih (PSMP) menyelenggarakan Lomba Mewarnai dalam jaringan (daring) untuk Anak-anak TK se-Jabodetabek.

15 Juni 2020

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri telah menerbitkan Surat Keputusan Bersama terkait Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19.Pemerintah telah menetapkan proses pembelajaran tatap muka tahun ajaran baru 2020/2021 tetap dimulai pada Bulan Juli 2020.

19 Juni 2020

Peluncuran ketentuan Penyesuaian UKT, Dana Bantuan UKT Mahasiswa, Kebijakan BOS Afirmasi dan BOS Kinerja. Pertama kalinya, Kemendikbud memberikan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kinerja dan BOS Afirmasi untuk sekolah swasta yang memenuhi kriteria.

25 Juni 2020

Kemendikbud meluncurkan “Program Rekam Pandemi”. Program ini merupakan rekaman dokumentasi perubahan sosial yang sedang terjadi di masyarakat Indonesia pada masa Pandemi Covid-19 tepatnya pada April hingga Juni 2020.

3 Juli 2020

Mendikbud meluncurkan Merdeka Belajar Episode 5: Guru Penggerak. Arah program Guru Penggerak berfokus pada pedagogi, berpusat pada murid dan pengembangan holistik, pelatihan yang menekankan pada kepemimpinan instruksional melalui on-the-job coaching, pendekatan formatif dan berbasis pengembangan, serta kolaboratif dengan pendekatan sekolah menyeluruh.

6 Juli 2020

Kemendikbud selenggarakan Kemah Virtual pertama di dunia. Sebanyak 2.982 peserta mengikuti Kemah Karakter Virtual. Mereka merupakan peserta didik dari berbagai jenjang pendidikan dan berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

7 Juli 2020

Kemendikbud meluncurkan siniar (podcast) Sandiwara Sastra sebagai bentuk inovasi dan bagian dari program Belajar dari Rumah di masa pandemi Covid-19. Alih wahana karya sastra Indonesia ke dalam medium audio ini ditujukan untuk memperkenalkan dan menghidupkan kembali karya-karya sastra Indonesia.

4 Agustus 2020

Kemendikbud menggelar Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA) 2020. Sebanyak 2.437 mahasiswa dari 300 perguruan tinggi se-Indonesia ikut berkompetisi.

7 Agustus 2020

Pemerintah melakukan penyesuaian keputusan bersama Empat Menteri terkait pelaksanaan pembelajaran di zona selain merah dan oranye, yakni di zona kuning dan hijau, untuk dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.

12 September 2020

Kemendikbud menggelar penganugerahan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2020. Pilmapres menjadi wujud nyata dari adaptasi kebiasaan berprestasi baru yang diikuti oleh semangat pantang menyerah dari mahasiswa untuk tetap berprestasi dari rumah.

22 September 2020

Kemendikbud pertama kali menyalurkan kuota data internet bagi pelajar, mahasiswa, dan guru di Indonesia. Penyaluran tahap 1 pada tanggal 22-24 September 2020 dan tahap 2 pada 28-30 September 2020.

25 September 2020

Kemendikbud membuka Beasiswa Unggulan (BU) untuk mahasiswa jenjang S1, S2 dan S3. Bertujuan meningkatkan kemampuan dan kompetensi SDM Indonesia yang mendukung percepatan pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

28 September 2020

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Nasional Tahun 2020 jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan Pendidikan Khusus dibuka secara virtual. FLS2N menjadi peluang siswa berkreasi dan berinovasi dalam masa pandemi.

28 September

Kemendikbud meluncurkan Program “Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19." Program Guru Belajar seluruhnya akan dilaksanakan secara daring (online) dan terdiri dari tiga tahap yaitu Bimbingan Teknis, Pendidikan dan Latihan, serta Pengimbasan.

3 Oktober 2020

Kemendikbud menggelar seleksi tingkat provinsi Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Tahun 2020 tingkat SMA/MA/SMK secara virtual. KOSN dilaksanakan dengan tujuan antara lain untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam penguasaan bidang olahraga dan memiliki nilai-nilai luhur.

5 Oktober 2020

Kemendikbud selenggarakan kegiatan Kita Harus Belajar (Kihajar) Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) 2020. Bertujuan membangun generasi Indonesia menjadi pembelajar seumur hidup yang unggul, terus berkembang, dan berakhlak mulia.

12 Oktober 2020

Kemendikbud resmi membuka Kompetisi Sains Nasional tingkat SMA secara virtual. Terdapat sepuluh bidang lomba KSN SMA, yaitu: Astronomi, Biologi, Ekonomi, Fisika, Geografi, Informatika Komputer, Kebumian, Kimia, dan Matematika.

14 Oktober 2020

Kemendikbud membuka seleksi calon Guru Penggerak Angkatan Kedua bagi calon peserta dan pengajar praktik (pendamping) Program Guru Penggerak dari 56 Kabupaten/Kota dan 22 provinsi.

21 Oktober 2020

Kemendikbud gelar Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020 dilakukan secara dalam jaringan (daring) bertema "Melejitkan Prestasi di Bidang Vokasi di Masa Pandemi."

24 Oktober 2020

Kemendikbud kembali menyalurkan kuota data internet bagi pelajar, mahasiswa, dan guru di Indonesia di bulan Oktober 2020. Penyaluran tahap 1 pada tanggal 22-24 Oktober 2020 dan tahap 2 pada 28-30 Oktober 2020.

26 Oktober 2020

Kemendikbud berkolaborasi dengan LPDP membuka Program Beasiswa Kualifikasi S-2 bagi Guru dan Pendidik. Skema Program Magister satu gelar (single degree) untuk Guru Tetap dengan durasi studi paling lama 24 (dua puluh empat) bulan.

31 Oktober 2020

Kemendikbud gelar Wisata Virtual Perjuangan Kemerdekaan sebagai agenda peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92. Mengajak generasi muda untuk lebih mengenal perjuangan pahlawan, menguatkan rasa cinta tanah air, nasionalisme, sadar berbangsa dan bernegara serta makin paham pentingnya gotong-royong.

31 Oktober 2020

Kemendikbud kembali menggelar Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2020. Tema PKN "Cultural Resiliance" yang mengangkat pengetahuan tradisional, kesenian, dan ragam ekspresi budaya lainnya sebagai basis menghadapi masa pandemi ini.

3 November 2020

Mendikbud meluncurkan Merdeka Belajar Episode 6: Transformasi Dana Pemerintah untuk Pendidikan Tinggi. Mencakup tiga terobosan yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan tinggi Indonesia, yakni insentif berdasarkan capaian Indikator Kinerja Utama, matching fund untuk kerja sama dengan mitra, serta program kompetisi Kampus Merdeka atau competitive fund.

10 November 2020

Kemendikbud bersama Asosiasi Pendidikan Kedokteran Indonesia, Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia menyelenggarakan Medical Online Championship (MOC) Tahun 2020. Ajang ini sebagai upaya membantu kualitas dari proses pembelajaran mahasiswa kedokteran di seluruh Indonesia.

11 November 2020

Kemendikbud menyelenggarakan Gebyar Gema Pertiwi Pelajar Pancasila Sekolah Dasar Tahun 2020. Dilakukan sebagai wujud komitmen dalam penguatan pendidikan karakter bagi para peserta didik, dengan menghadirkan profil Pelajar Pancasila yang kreatif, mandiri, bernalar kritis, bergotong royong, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, dan berkebinekaan global.

12 November 2020

Kemendikbud menggelar Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) 2020, menjadi stepping stone atau batu pijakan bagi generasi muda dalam rangka pemajuan kebudayaan.

17 November 2020

Kemendikbud meluncurkan program Bantuan Subsidi Upah (BSU) Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Non-PNS di Lingkungan Kemendikbud Tahun 2020. Dengan sasaran 2.034.732 orang, masing-masing guru atau tenaga kependidikan mendapatkan bantuan sebesar Rp 1,8 juta yang akan diberikan satu kali.

20 November 2020

Pemerintah mengumumkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.

22 November 2020

Kemendikbud menyalurkan kuota data internet bagi pelajar, mahasiswa, dan guru di Indonesia untuk bulan November-Desember 2020. Penyaluran tahap 1 pada tanggal 22-24 November 2020 dan tahap 2 pada 28-30 November 2020.

23 November 2020

Kemendikbud membuka 1 juta formasi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021 sebagai jawaban atas masalah rendahnya gaji guru honorer. Guru honorer dan lulusan pendidikan profesi guru yang belum mengajar memiliki kesempatan untuk menjadi aparatur sipil negara (ASN) berstatus PPPK.

3 Desember 2020

Kemendikbud beri bantuan pendanaan pada dalam Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) 2020. Bantuan pendanaan bertujuan sebagai stimulus dalam pengembangan bisnis senilai Rp 5-15 juta.

7 Desember 2020

Kemendikbud kucurkan dana Rp 500 miliar untuk Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM). PKKM atau competitive fund merupakan bentuk akselerasi program dari Kampus Merdeka untuk melakukan inovasi pada basis program studi agar terjadi pembelajaran Kampus Merdeka yang diharapkan.

10 Desember 2020

Kemendikbud pertama kalinya menyelenggarakan acara Pekan Untuk Sahabat Karakter (PUSAKA) 2020. Tema yang diangkat pada PUSAKA 2020 adalah “Generasi Cerdas Berkarakter, Indonesia Maju Bermartabat”.

11 Desember 2020

Kemendikbud meluncurkan Akun Pembelajaran dengan domain belajar.id. Akun elektronik tersebut dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mengakses layanan pembelajaran berbasis elektronik.

12 Desember 2020

Kemendikbud meluncurkan Kedaireka, platform kolaborasi perguruan tinggi dan industri. Kedaireka juga dapat diartikan sebagai Kedaulatan Indonesia dalam Reka Cipta dengan total matching fund Rp 250 miliar.

Sumber: Kemendikbud.go.id, Kompas.com

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.