Advertorial

Bank BJB Raih Penghargaan Bisnis Indonesia Award 2020

Kompas.com - 17/12/2020, 13:03 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (bank bjb) terus melengkapi koleksi di lemari penghargaan perusahaan jelang Tahun Baru 2020.

Terbaru, bank bjb memperoleh penghargaan kategori The Most Resilience Bank pada ajang Bisnis Indonesia Award (BIA) 2020. Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Keuangan & Manajemen Risiko bank bjb Nia Kania secara virtual pada Senin (14/12/2020).

Penghargaan BIA 2020 merupakan salah satu dari sekian banyak apresiasi yang diterima bank bjb sepanjang tahun 2020. Keberhasilan kinerja di tengah pandemi Covid-19 membuat para dewan juri BIA 2020 tidak kesulitan menentukan bank bjb sebagai salah satu penerima penghargaan dalam ajang prestisius ini.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan, torehan demi torehan manis yang diperoleh bank bjb sepanjang 2020 membuktikan bahwa kinerja perseroan senantiasa berada di dalam jalur yang sesuai harapan.

“Capaian positif di tengah berbagai tantangan ekonomi, termasuk Covid-19, diperoleh berkat faktor-faktor kombinasi antara totalitas kinerja dan kualitas strategi yang dimiliki perusahaan dalam menghadapi berbagai tantangan,” kata Yuddy dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (17/12/2020).

Performa bisnis bank bjb, lanjut Yuddy, didasarkan pada visi pertumbuhan berkualitas dan berkelanjutan. Mempertahankan performa di level tinggi di masa-masa yang penuh tantangan tidaklah mudah.

“Namun, berbekal kematangan dan totalitas dalam mengeksekusi strategi, bank bjb nyatanya tetap mampu memperlihatkan kinerja baik dalam beberapa tahun terakhir,” ujar Yuddy.

Yuddy menambahkan, dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia serta komitmen untuk senantiasa berinovasi, diharapkan tren positif bank bjb selalu terjaga dan semakin memperlihatkan tajinya.

Penghargaan BIA 2020 diberikan kepada emiten-emiten yang berhasil menorehkan kinerja dan prestasi gemilang, serta memiliki konsistensi untuk senantiasa berada dalam koridor praktik berbisnis yang baik. Ajang ini menjadi penghargaan tertinggi kepada perusahaan terbuka yang masih bisa mempertahankan dan meningkatkan kinerja perseroan.

Penghargaan The Most Resilience Bank BIA 2020 (Dok. bank bjb) Penghargaan The Most Resilience Bank BIA 2020

Penilaian BIA 2020 dihitung berdasarkan periode laporan keuangan mulai dari 2017 hingga September 2020. Periode tersebut menjadi fase pertumbuhan bisnis yang penuh dengan tantangan, terutama terhadap kinerja keuangan perusahaan.

Emiten-emiten yang berhasil mencatatkan kinerja dan prestasi yang gemilang, serta memiliki konsistensi untuk senantiasa berada dalam koridor praktik berbisnis yang baik, dinilai layak memperoleh apresiasi. Hal itu menjadi dasar penyelenggaraan BIA.

Sesuai dengan kondisi terkini dunia usaha di tanah air, BIA 2020 mengusung tema “Resilience in Pandemic”. Tema ini ditetapkan untuk memberikan apresiasi kepada emiten yang mampu bertahan serta mencapai pertumbuhan sangat baik di era pandemi Covid-19.

Pencapaian kinerja bank bjb terbilang memuaskan, terutama pada 2020 yang dihinggapi tantangan pandemi.

Hingga Triwulan III 2020, bank bjb secara konsolidasi berhasil memperoleh laba bersih Rp 1,2 triliun atau tumbuh sebesar 5,9 persen year on year (yoy). Pertumbuhan laba itu diikuti oleh aset yang tumbuh 19,4 persen yoy menjadi Rp 147,6 triliun. Penyaluran kredit yang menjadi profit driver Triwulan III 2020 juga tumbuh 8,7 persen yoy dengan nilai total Rp 94,6 triliun.

Raihan BIA 2020 membuktikan bank bjb memiliki financial strength yang baik. Dengan demikian, perusahaan dapat bertumbuh secara berkelanjutan serta mampu meningkatkan aset dan profitabilitasnya. bank bjb pun bertumbuh sebagai perusahaan yang patuh terhadap regulasi dan akuntabel.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com