Advertorial

Rayakan Hari Jadi ke-21, Human Initiative Berikan Apresiasi bagi Pegiat Kemanusiaan

Kompas.com - 18/12/2020, 11:30 WIB
Dok. Human Initiative Dok. Human Initiative

KOMPAS.com - Salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berkiprah dalam bidang kemanusiaan, Human Initiative (HI) genap berusia 21 tahun pada Kamis, (10/12/2020).

Sebagai perayaan hari jadi sekaligus bentuk syukur, HI mempersembahkan apresiasi kepada pihak yang bergerak di bidang kemanusiaan dalam tajuk HI Awards 2020.

Adapun HI Awards 2020 dipersembahkan untuk memberikan penghargaan kepada pegiat kemanusiaan dan para pihak yang telah berkontribusi nyata untuk masyarakat yang membutuhkan, khususnya di tengah pandemi.

Sebagai informasi, organisasi kemanusiaan kelas dunia HI tercatat telah berkontribusi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk saat masa krisis akibat pandemi Covid-19.

Apresiasi dinilai menjadi hal penting untuk menumbuhkan semangat dan dorongan dalam menebar kebaikan bagi sesama.

Melalui HI Awards 2020, Presiden Human Initiative Tomy Hendrajati berharap dapat menguatkan semangat dan perjuangan para penerima awards untuk terus berkontribusi di bidang kemanusiaan.

"Semoga dengan adanya HI Awards 2020 ini dapat memberikan semangat baru untuk terus memberikan kontribusi terbaiknya kepada masyarakat yang membutuhkan," kata Tomy dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (17/12/2020).

Kategori HI Awards 2020

HI Awards memberikan apresiasi bagi sejumlah pihak, baik korporasi, media, pemerintah, dan komunitas.

Adapun awards kategori Perusahaan Nasional Program Ekonomi Berkelanjutan diberikan kepada Bank Indonesia, kategori Perusahaan Nasional Program Pendidikan Inspiratif diterima oleh PT Paragon Technology and Innovation.

Selain itu, PT Sharp Electronics Indonesia meraih awards kategori Perusahaan Nasional Program Kesehatan Terbaik, dan PT Pertamina Pusat sebagai kategori Perusahaan Nasional Program Kebencanaan Terbaik.

Selanjutnya, PT Integrated Terminal Pertamina Teluk Kabung sebagai kategori Perusahaan Daerah Program Ekonomi Berkelanjutan, PT Bank Sulselbar sebagai kategori Perusahaan Daerah Program Pendidikan Inspiratif, dan PT Kaltim Nitrate Indonesia sebagai kategori Perusahaan Daerah Program Kesehatan Terbaik.

Sementara kategori Perusahaan Daerah Program Kebencanaan Terbaik berhasil diraih oleh Bank BJB.

Selain korporasi, HI Awards 2020 juga memberikan apresiasi bagi sejumlah komunitas di Tanah Air.

Adapun Komunitas Tangan Di Atas (TDA) berhasil dinobatkan sebagai kategori Mitra Program Kemanusiaan Terbaik Mitra Komunitas, Isned Belanda sebagai kategori Mitra Program Kemanusiaan Terbaik Mitra Diaspora, dan SIT Darul Abidin sebagai kategori Mitra Program Kemanusiaan Terbaik Mitra Institusi Pendidikan.

Sementara itu, Catholic Relief Service (CRS) keluar sebagai Kategori Mitra Program Kemanusiaan Terbaik Mitra Internasional NGO dan YBM PLN sebagai Kategori Mitra Program Kemanusiaan Terbaik Mitra Lokal NGO.

Tak hanya itu, BenihBaik.com meraih awards Kategori Mitra Program Kemanusiaan Terbaik Mitra Digital Platform, sedangkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai Kategori Mitra Program Kemanusiaan Terbaik Mitra Pemerintahan Lokal.

Selain itu, sejumlah media juga mendapat apresiasi yang sama dari HI.

Televisi CNN Indonesia meraih awards Kategori Mitra Media Televisi Terbaik, Kompas.com sebagai Kategori Mitra Media Online Terbaik, dan MNC Trijaya FM sebagai Kategori Mitra Media Penyiaran Terbaik.

Adapun kategori Relawan Kamanusiaan Inspiratif diberikan kepada Fajar Waluyo dan UKM Masyarakat Cindakko Berdaya sebagai Kategori Individu atau Komunitas Berdaya Inspiratif.

Pada tahun ini, Lifetime Achievement Awards diberikan kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Seperti diketahui, IDI telah berkontribusi nyata berjuang untuk masyarakat di tengah pandemi. Atas kontribusi tersebut, tak sedikit tenaga medis yang gugur selama bertugas di masa pandemi.

Adapun pemenang penghargaan setiap kategorinya telah melalui beberapa tahapan. Mulai dari pemilihan yang dilakukan secara voting, pendataan hasil voting, dan proses penjurian oleh Bord of Director Human Initiative.