Advertorial

Bumikan Pancasila ke Generasi Muda, BPIP Gelar Acara Bedah Musik Kebangsaan

Kompas.com - 18/12/2020, 14:30 WIB
Kegiatan Bedah Musik Kebangsaan yang dilaksanakan BPIP (Dok.BPIP) Kegiatan Bedah Musik Kebangsaan yang dilaksanakan BPIP

KOMPAS.com - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan kegiatan dalam upaya menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda dengan tema “Bedah Musik Kebangsaan”.

Acara tersebut diadakan dalam format hybrid di Auditorium Pusat Studi Jepang, Universitas Indonesia (UI), Rabu (16/12/2020).

Total ada 50 peserta yang hadir secara langsung serta 200 peserta mengikuti secara daring.

Kepala BPIP KH Yudian Wahyudi menjelaskan, pihaknya sengaja memilih musik sebagai sarana penyampaian pesan karena dianggap akrab dengan keseharian generasi muda.

Tidak hanya melalui musik, BPIP akan selalu memanfaatkan berbagai sarana yang ada dalam menanamkan nilai Pancasila.

BPIP, kata dia, akan terus mengeksplorasi peluang kerja sama dengan berbagai pihak, terutama dalam rangka penciptaan konten positif dan media edukasi.

“Banyak alternatif yang sesuai dengan gaya anak muda dan bermuatan nilai Pancasila, di antaranya adalah musik," kata Yudian melalui rilis resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (17/12/2020).

Menurutnya, musik adalah instrumen universal yang efektif untuk dijadikan alat penyampaian pesan.

Lebih dari itu, musik dapat menjadi media yang bisa memberi pengaruh kepada pendengarnya.

Dalam acara tersebut, Yudian juga mengimbau seniman untuk saling menguatkan dan selalu menanamkan pesan kebangsaan ke dalam karyanya.

"Saya dulu sangat ingin bisa menyanyi, tapi ternyata tidak berbakat. Makanya, perbedaan bakat itu untuk menguatkan satu sama lain. Saya bisa pidato, tapi enggak bisa menyanyi. Kawan-kawan seniman pintar bikin lagu, maka dari itu mari bekerja sama untuk saling menguatkan pesan kebangsaan,” ujarnya.

Adapun acara ini bisa terwujud berkat kerja sama BPIP dengan berbagai pihak, seperti Ikatan Alumni Universitas Indonesia dan Sinergy for Indonesia yang merupakan komunitas anak muda dengan fokus dalam gerakan membangun semangat kebangsaan

Beberapa narasumber yang hadir dalam acara ini, yakni Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung, Sekretaris Utama BPIP, Dr Karjono dan Dr Devie Rahmawati M Hum, serta dosen dan peneliti tetap Program Vokasi Humas UI.