Advertorial

Review Redmi Note 8, Smartphone Andalan untuk yang Hobi Game dan Fotografi

Kompas.com - 19/12/2020, 18:43 WIB
Xiaomi Redmi Note 8 (Dok. Tekno.kompas.com) Xiaomi Redmi Note 8

KOMPAS.com - Siapa tak kenal dengan Xiaomi, vendor smartphone asal China yang semakin populer saat ini. Tak hanya di pasar Asia saja, nama Xiaomi telah mendunia.

Bahkan pada 2015 Xiaomi berhasil menduduki peringkat lima besar di jajaran brand smartphone paling laris di dunia. Tak puas sampai di situ, Xiaomi terus melakukan inovasi demi menghadirkan produk-produk terkini dengan kualitas unggulan sesuai kebutuhan konsumen.

Xiaomi memang dikenal sebagai brand smartphone yang cukup rajin mengeluarkan produk. Setiap ada produk baru diluncurkan, peminat smartphone Xiaomi tak pernah berkurang.

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Xiaomi dinilai punya banyak keunggulan yang tak dimiliki merek lain. Mulai dari kualitasnya yang terbilang mumpuni, tampilan yang elegan, fitur-fitur praktis, kapasitas baterai yang besar, hingga didukung dengan prosesor supergahar.

Untuk memiliki keunggulan itu, konsumen tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Pasalnya, ponsel-ponsel Xiaomi memang dibanderol dengan harga terjangkau.

Dari sekian banyak smartphone andalan Xiaomi, tipe Redmi merupakan pilihan favorit masyarakat. Saat ini, tersedia berbagai seri Redmi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Salah satunya adalah Redmi Note 8.

Meski bukan smartphone keluaran teranyar, Redmi Note 8 merupakan varian Redmi yang digemari konsumen, terutama yang hobi main game atau foto-foto.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Xiaomi Redmi Note 8 hadir dalam desain sleek dan kualitas kamera yang mumpuni karena memang menargetkan pasar anak muda. Selain itu, ponsel canggih besutan vendor asal China juga dibekali begitu banyak keunggulan untuk menyempurnakan generasi sebelumnya.

Penasaran dengan kelebihan yang dimiliki Redmi Note 8? Berikut ulasan spesifikasi lengkapnya.

Desain cantik dan kekinian

Tampilan premium adalah keunggulan pertama yang menjadi daya tarik smartphone besutan Xiaomi. Sejak awal, Xiaomi memang selalu setia pada desain berkelas serta unik setiap kali mempersiapkan produk smartphone terbarunya, tak terkecuali Redmi Note 8.

Ponsel pintar dengan bobot 190 gram ini menawarkan kemewahan dalam genggaman. Dilengkapi dengan build quality, bagian layar dan bodi dilindungi lapisan Corning Gorilla Glass.

Xiaomi Redmi Note 8 hadir dalam 3 warna elegan nan cantik, yaitu Space Black, Moonlight White, dan Neptune Blue.

Kelebihan lain yang dimiliki Redmi Note generasi ke-8 adalah daya tahannya terhadap cipratan air. Pasalnya, produk ini sudah dibekali dengan lapisan pelindung sehingga tahan percikan air.

Kamera superstar dan mumpuni

Apa lagi yang dicari dari sebuah smartphone kekinian kalau bukan kualitas mumpuni dari kameranya.

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna, Xiaomi Redmi Note 8 hadir dengan kamera superstar yang canggih.

Pada bagian belakang, Xiaomi Note 8 dilengkapi kamera 48 MP Quad yang bisa mengambil gambar lebih jernih dengan sudut lebar, baik untuk potret atau makro. Pengguna bisa memotret dengan resolusi hampir 19 kali layar ponsel. Jadi, Anda bisa mengambil potret poster dari kejauhan dan hasil gambarnya tetap terlihat cantik, meski di-zoom, bahkan sampai ke bagian detail terkecilnya.

Lensa kamera Xiaomi Redmi Note 8 sudah didukung 8.000 x 60.000 resolusi ultra-tinggi, 4-in-1 1,6 μm Super Pixel khusus untuk fotografi malam, dan mendukung 4K, serta stabilisasi EIS.

Beralih ke kamera depan alias kamera selfie. Xiaomi menyematkan lensa kamera selfie profesional dengan ketajaman 13 MP pada Redmi Note 8. Dengan teknologi Algoritma AI Beautify, pengguna bisa mendapatkan hasil selfie terbaik.

Selain itu, ada juga mode portrait selfie yang bisa mengatur tingkat blur pada latar belakang foto sesuai keinginan.

Layar 6,3 Inci FHD dengan tampilan Dot Drop

Hadir dalam layar berukuran 6,3 inci, resolusi 2.340 x 1.080 pixel, FHD+, 19.5:9, rasio kontras 1500:1 (typ) NTSC 84 persen. Apalagi, Xiaomi Redmi Note 8 juga dilengkapi tampilan sunlight, mode malam, mode baca atau mode pelindung mata, dan fitur suhu warna.

Dengan teknologi paling mutakhir ini, layar Redmi Note 8 terlihat cerah dan tajam, tapi tak terlalu vibrant. Teknologi ini juga memberikan pengalaman berbeda dalam menggunakan smartphone.

Dapur Pacu Canggih untuk performa memukau

Sebagai smartphone khusus untuk mobile gamer, Xiaomi Note 8 hadir dengan “jeroan” supercanggih. Ponsel pintar ini dibenami prosesor Qualcomm Snapdragon 665 Octa-Core demi memberikan pengalaman gaming terbaik, supercepat tanpa “lemot-lemot club”.

Fitur canggih dan performa memukau yang dimiliki dapur pacu tersebut mampu memberikan kinerja tinggi hingga 2,0GHz. Anda pun tak perlu ragu dengan kekuatan ponsel wahid yang satu ini.

Sistem UI terdepan dan tersegar

Berbeda dengan ponsel pintar lama yang biasanya dilengkapi sistem operasi versi sebelumnya, Xiaomi justru sangat mengutamakan konsumennya. Jadi, setiap kali ada updatesoftware baru, produk-produk buatan vendor asal China ini menjadi yang terdepan dalam pembaruan.

Itulah alasan mengapa Redmi Note 8 tetap ramai pembeli. Sebab, smartphone ini dibekali sistem UI tersegar. Sistem operasinya sudah Android Pie didukung MIUI 10 versi paling anyar.

Fitur keamanan canggih tak terkalahkan

Jauh lebih unggul dibandingkan smartphone dari brand pesaing, Redmi Note 8 dibekali dengan fitur fingerprint yang sangat memudahkan penggunanya.

Pemindai sidik jari yang ada di bagian bodi belakangnya memiliki respons yang cepat. Tak heran kalau fitur ini menjadi nilai lebih yang paling disukai dari Xiaomi Note 8.

Tersedia dalam berbagai pilihan memori

Masuk ke sektor kapasitas memori, Xiaomi Note 8 hadir dalam berbagai varian memori yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna. Mulai dari varian RAM 4 GB dan 6 GB. Sementara untuk kapasitas penyimpanannya, tersedia dalam opsi 64 GB dan 128 GB.

Dengan pilihan memori tersebut, sangat wajar jika Xiaomi Note 8 menjadi produk favorit para penggemar game-game berat.

Kualitas suara terbaik berkat speaker linier

Redmi Note 8 juga menawarkan pengalaman mendengarkan konten-konten hiburan terbaik berkat teknologi 1217 speaker ultra-linear, Smart PA yang setara dengan ruang suara superbesar 0,93CC.

Volume speaker penerimanya pun tinggi dengan daya maksimal 150 mW. Dengan speaker linier, pengguna bisa mendapatkan kualitas suara lebih baik dan tak terlupakan.

Daya tahan baterai dengan kapasitas bongsor

Redmi Note 8 memiliki kapasitas baterai superbongsor, yakni 4.000 mAh. Kapasitas ini didukung kemampuan mengisi daya supercepat hingga 18 Watt (W). Dengan teknologi ini, Anda hanya butuh waktu 2 jam untuk mengisi daya baterai Xiaomi Note 8 hingga penuh.

Hal ini membuat Redmi Note 8 menawarkan kenyamanan lebih saat main game ataupun menggunakannya dalam waktu lama.

Harga yang Super-ramah di kantong

Melihat spesifikasi dan keunggulan yang dimiliki Xiaomi Redmi Note 8, siapa pun pasti akan naksir. Apalagi Xiaomi tidak membanderol harga Note 8 di angka yang mencekik.

Ya, sama seperti produk smartphone Xiaomi lainnya yang sama-sama dibekali teknologi terbaik, Redmi Note 8 diluncurkan dengan harga hanya sekitar Rp 1.999.000 saja.

Tentunya iming-iming harga tersebut sangat menggiurkan untuk mendapatkan ponsel powerful yang supercantik dari Xiaomi, bukan?

Redmi Note 8 versus Mi 8, Mana yang Lebih Oke?

Berbicara soal Redmi Note 8, tentu kurang lengkap tanpa membahas “kembarannya”, yakni Redmi 8 alias Xiaomi Mi 8. Pasalnya, Mi 8 dan Redmi Note 8 memang merupakan dua produk Xiaomi yang cukup mirip meski keduanya ditargetkan untuk pasar yang berbeda.

Mi 8 yang dibanderol dengan harga di bawah Rp 2 jutaan, adalah smartphone dari kelas entry-level yang dibekali kemampuan andalan untuk penggunaan harian, termasuk pemakaian multitugas.

Sementara, Redmi Note 8, yang dipasarkan di harga Rp 2 jutaan dibekali dengan performa cukup mumpuni untuk menjalankan aplikasi-aplikasi hiburan, seperti game berukuran besar.

Lalu manakah smartphone Xiaomi yang paling bagus di antara Redmi Note 8 versus Mi 8?

Agar tak bingung menjatuhkan pilihan, simak perbedaan spesifikasi kedua smartphone tersebut di bawah.

1. Spesifikasi Redmi Note 8

  • Body 6,23 inci, Gorilla Glass 5 (front), Gorilla Glass 5 (back), plastic (frame)
  • Resolution 1080 X 2340 pixel, 19.5:9 ratio (~409 ppi density)
  • Kamera Quad 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • RAM & Kapasitas Memori 4/64GB, 6/64GB, 6/128GB
  • OS Android 9.0 (Pie), bisa diupgrade ke Android 10, MIUI 12
  • Chipset Qualcomm SDM 665 Snapdragon 665 (11 nm)
  • Baterai Li-Po 4.000 mAh, fast charging 18 W
  • Fitur Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass

2. Spesifikasi Mi 8

  • Body 6,16 Inci, 188 gram, Gorilla Glass 5 (front), plastick (back), plastic (frame), Water-repellent coating
  • Resolution 720 X 1520 pixel, 19:9 ratio (~270 ppi density)
  • Kamera Dual 12 MP + 2 MP
  • RAM & Memori 3/32GB, 4/64GB
  • OS Android 9.0 (Pie), MIUI 11
  • Chipset Snapdragon 439
  • Baterai Li-Po 5.000 mAh, fast charging 18 W
  • Fitur Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass

Sebenarnya, baik Redmi Note 8 dan Redmi 8 sama-sama unggul karena masing-masing menargetkan pasar yang berbeda.

Dilihat dari segi desain, keduanya sama-sama tampil stylish dan kekinian. Kemudian dari sisi kapasitas memori penyimpanan, dua-duanya sama-sama hadir dalam varian memori yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Meski ada perbedaan yang cukup signifikan dalam segi kamera, hal itu tak mengurangi daya tarik dari masing-masing smartphone Xiaomi.

Jika masih bingung, mungkin perbedaan harga Redmi Note 8 versus Mi 8 bisa menjadi pertimbangan terakhir. Di pasaran, Xiaomi Note 8 dibanderol di kisaran angka Rp 2 jutaan untuk versi 4/32GB, Rp 2,2 jutaan untuk pilihan 6/64GB, dan Rp 2,8 jutaan untuk memori 6/128GB.

Sementara, harga Redmi 8 untuk versi 3/32GB dibanderol sekitar Rp 1,7 jutaan dan untuk memori 4/64GB Rp 1,8 jutaan.

Apa pun pilihan smartphone Xiaomi Anda, baik itu Redmi Note 8 atau pun Redmi 8, keduanya sama-sama bisa diunggulkan sesuai dengan kebutuhan. Pastinya kedua smartphone itu membuat Anda tampil lebih stylish dengan desain kece.