Advertorial

Jawara AJP 2020 Diumumkan, Publikasi Berkarya Tanpa Bicara Raih Best of The Best

Kompas.com - 20/12/2020, 14:14 WIB
Publikasi CSR Pertamina berjudul Berkarya Tanpa Bicara berhasil meraih penghargaan tertinggi dalam AJP 2020. (DOK Pertamina) Publikasi CSR Pertamina berjudul Berkarya Tanpa Bicara berhasil meraih penghargaan tertinggi dalam AJP 2020.

KOMPAS.com – Pertamina mengumumkan jawara Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2020 secara virtual, Sabtu (19/12/2020). Publikasi CSR Pertamina berjudul Berkarya Tanpa Bicara berhasil meraih penghargaan tertinggi dalam ajang kompetisi tersebut.

Sebanyak 24 karya terbaik AJP 2020 diumumkan Pertamina pada kesempatan tersebut. Publikasi CSR karya jurnalis Metro TV asal Sulawesi Utara, Amanda Komaling tersebut berhasil mengungguli karya terbaik lainnya.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan AJP merupakan kompetisi yang konsisten dilaksanakan Pertamina setiap tahunnya. Kompetisi ini diselenggarakan untuk memberi apresiasi pada jurnalis yang telah mempublikasikan kegiatan Pertamina sepanjang 2020.

“Ke depan, semoga kerja sama kita yang sudah terjalin ini dapat berjalan lebih baik lagi,” imbuh Nicke seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (20/12/2020).

Nicke mengatakan, 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan karena adanya pandemi Covid-19. Pertamina juga merasakan dampaknya pada berbagai sektor usaha, mulai dari hulu hingga hilir.

Namun, Nicke mengatakan, berkat kerja keras, kolaborasi, efisiensi, dan inovasi yang dilakukan, Pertamina tetap mencatatkan kinerja positif hingga saat ini.

“Kami menyadari, semua dapat kami lewati salah satunya juga karena dukungan rekan-rekan jurnalis dalam memberitakan informasi yang konstruktif,” kata Nicke.

Senada dengan Nicke, Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama menyampaikan ucapan selamat kepada para jurnalis yang telah memenangkan AJP 2020.

“Saya berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi para insan pers untuk terus berkarya, terutama dalam mempublikasikan berita yang jujur, konstruktif, transparan, dan tentu tanpa kekeliruan, tanpa intervensi kepada seluruh masyarakat luas,” ujar Basuki.

Basuki menambahkan, peran jurnalis sangat penting untuk melawan maraknya hoaks yang tersebar melalui berbagai platform di masyarakat.

“Jadi sekali lagi kami sangat berterima kasih atas kolaborasi, kerja sama baik dengan rekan-rekan jurnalis ini dengan Pertamina. Semoga melalui AJP ini kerja sama Pertamina dengan jurnalis semakin meningkat. Sekali lagi selamat bagi pemenang AJP,” imbuh Basuki.

Pandemi Covid-19 ternyata tidak menyurutkan antusias jurnalis untuk mengikuti AJP 2020. Tercatat, sebanyak 2.300 karya jurnalis dikompetisikan dalam AJP 2020. Jumlahnya meningkat dari tahun sebelumnya yaitu 2.214 karya.

Pertamina akan tetap berkomitmen melanjutkan AJP di 2021 dengan tema “Energizing You”. Bagi yang belum dapat mengikuti AJP 2020, kompetisi tersebut dapat menjadi ajang yang dinantikan.