Advertorial

Wujudkan Kampus Lestari, UII Menjadi Kampus Swasta Paling Hijau Versi UI GreenMetric 2020

Kompas.com - 20/12/2020, 19:25 WIB
Kampus Universitas Islam Indonesia (UII) di Yogyakarta (Dok. UII) Kampus Universitas Islam Indonesia (UII) di Yogyakarta

KOMPAS.com – Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta berhasil menjadi perguruan tinggi swasta terhijau di Indonesia menurut daftar Universitas Indonesia (UI) GreenMetric World University Ranking 2020.

Pada daftar itu, UII menduduki peringkat kedelapan untuk tingkat nasional. Secara global, UII berada di posisi 112 dari 912 perguruan tinggi yang berpartisipasi.

Adapun pengumuman UI GreenMetric World University Rankings 2020 dilakukan secara virtual di kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat, Senin (7/12/2020). Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD hadir untuk menerima penghargaan.

Fathul mengungkapkan, prestasi itu dapat diraih berkat beragam upaya yang dilakukan UII dalam rangka mewujudkan kampus lestari, baik dari sisi desain, infrastruktur, energi, maupun isu kelestarian lingkungan.

“Wujud nyata UII menjadi kampus berkelanjutan adalah keberadaan dua embung yang terus memberikan efek kebermanfaatan. Dua embung tersebut juga menunjang ekosistem yang ada,” kata Fathul dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (16/12/2020).

Di tempat terpisah, Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP)/Rumah Gagasan (RG) UII Dr Ing Ir Ilya Fadjar Maharika MA IAI mengatakan, UII patut bersyukur karena mampu mempertahankan peringkat setelah mendapatkan data di tengah situasi pandemi yang tidak mudah.

Sementara itu, Kepala Bidang Akademik dan Organisasi BPP/RG UII Shubhi Mahmashony Harimurti SS MA menambahkan, komitmen UII dalam mengawal pemeringkatan tersebut adalah bentuk Sustainability Office yang melekat pada BPP/RG.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diberitakan Kompas.com, Selasa (8/12/2020), UI GreenMetric merupakan inovasi dari UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.

Tahun ini, jumlah perguruan tinggi yang menjadi peserta mencapai 912 universitas dari 84 negara di dunia. Jumlah itu bertambah dari 2019, yaitu 780 perguruan tinggi dari 85 negara. Di Indonesia sendiri terdapat 88 perguruan tinggi yang turut berpartisipasi.

Dalam menentukan peringkatnya, UI GreenMetric 2020 memiliki tiga pilar landasan, yakni lingkungan hidup, ekonomi, dan sosial.

Sementara itu, bobot indikator penilaiannya terdiri dari keadaan dan infrastruktur kampus (15 persen), energi dan perubahan iklim (21 persen), pengelolaan sampah (18 persen), penggunaan air (10 persen), transportasi (18 persen), serta pendidikan dan riset (18 persen).

UII mendapatkan total nilai 7.375 poin dari seluruh indikator penilaian. Nilai tersebut mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2019, yakni 6.925 poin.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.