Advertorial

Gelar Bedah Musik di Unpad, BPIP Tumbuhkan Semangat Pancasila dalam Diri Mahasiswa

Kompas.com - 21/12/2020, 08:43 WIB
Acara bedah musik oleh BPIP di Universitas Padjadjaran (Dok. BPIP) Acara bedah musik oleh BPIP di Universitas Padjadjaran

KOMPAS.com – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) kembali menyelenggarakan kegiatan bedah musik dengan tema “Bedah Musik Kebangsaan” untuk memperkuat dan menanamkan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda.

Kali ini, program BPIP dari kampus ke kampus tersebut diselenggarakan di Bale Sawala Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Kamis (17/12/2020). Sebagai informasi, acara serupa sebelumnya diadakan di Universitas Indonesia (UI).

Acara “Bedah Musik Kebangsaan” diselenggarakan secara hybrid—secara luring dan daring. Acara diikuti oleh 50 orang partisipan yang hadir langsung di Bale Sawala Unpad dan 200 orang secara daring. Partisipan yang datang langsung di Bale Sawala diwajibkan menjalankan protokol kesehatan Covid-19 dengan disiplin.

Kepala Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Rima Agristina mengatakan, situasi pandemi seharusnya tidak menjadi penghambat bagi generasi muda untuk berkreasi. 

"Saat ini kita masih dalam situasi pandemi, tetapi kondisi ini menjadi tantangan bagi generasi muda untuk terus berkreasi,” kata Rima dalam pembukaan gelaran tersebut.

Acara Bedah Musik Kebangsaan, kata dia, juga sesuai dengan arahan Presiden untuk terus membanjiri narasi-narasi Pancasila melalui hobi yang di geluti oleh generasi muda, salah satunya lewat musik.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Padjadjaran Rina Indiastuti mengapresiasi program BPIP dalam rangka memperkuat nilai Pancasila melalui musik. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, musik adalah instrumen universal yang efektif untuk menyampaikan pesan, terutama bagi mahasiswa sebagai anak muda.

“Lebih dari itu, musik juga diyakini dapat menjadi media untuk melakukan internalisasi nilai-nilai kepada pendengarnya. Oleh karena itu, BPIP mengangkat tema musik demi membangkitkan kembali nilai-nilai Pancasila dan kebangsaan di kalangan muda," ujar Rina. 

Selanjutnya, Adapun dalam menyelenggarakan program ini, BPIP juga menggandeng pihak lain untuk turut membantu jalannya acara bedah musik ini, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unpad selaku tuan rumah kegiatan, serta Sinergy for Indonesia, dan Indonesia Care yang telah menelurkan satu album kebangsaan berjudul “Nyanyian Rumah Indonesia”.

Acara ini akan mengundang beberapa pembicara, seperti Ketua Komisi II DPR dan Founder Sinergy for Indonesia Ahmad Doli Kurnia Tandjung, dan Dosen Ilmu Pemerintahan Fisip Unpad Idil Akbar.

Selain bedah musik, terdapat juga penampilan dari para musisi, seperti Lobow Ilyas, Takaeda, Shanna Shannon, serta dua orang produser Dede Kumala dan Rio Ricardo. 

Sebagai informasi, Sinergy for Indonesia adalah komunitas anak muda dengan fokus di dalam gerakan membangun semangat kebangsaan yang diinisiasi oleh Ahmad Doli Kurnia. 

Sementara, Indonesia Care adalah satu gerakan sosial yang dimotori oleh artis musik, pekerja seni, dan praktisi dari berbagai bidang yang memiliki satu visi bersama untuk peduli dengan kondisi kebangsaan. Salah satu inisiator Indonesia Care adalah Pay Burman yang dikenal sebagai gitaris band BIP.