Advertorial

Jelang Libur Nataru, Pertamina MOR 1 Prediksi Peningkatan Kebutuhan BBM dan LPG di Aceh

Kompas.com - 22/12/2020, 14:21 WIB
Jelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, tim Satgas Pertamina akan selalu siaga bertugas memantau penyaluran dan kelancaran distribusi BBM dan LPG tetap lancar (Dok. Humas Pertamina) Jelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, tim Satgas Pertamina akan selalu siaga bertugas memantau penyaluran dan kelancaran distribusi BBM dan LPG tetap lancar

KOMPAS.com - Jelang libur Natal dan Tahun Baru, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I memprediksi kenaikan jumlah kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) dan liquefied petroleum gas (LPG) di wilayah Aceh.

Unit Manager Communication Relation and CSR MOR 1 Taufikurachman mengatakan, realisasi harian BBM jenis gasoline, seperti Premium, Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo, mengalami peningkatan sebesar 3,95 persen.

Angka tersebut di atas rata-rata realisasi harian pada kondisi normal dari 1.721 kiloliter (KL) menjadi 1.889 KL.

“Untuk BBM jenis gasoil (Dex, Dexlite, Biosolar) diprediksi mengalami peningkatan 0,93 persen dari konsumsi harian normal, yaitu 967 KL menjadi 976 KL,” ujar Taufikurachman dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (22/12/2020).

Selain itu, lanjut Taufikurachman, konsumsi LPG subsidi juga diperkirakan mengalami peningkatan sebesar 10 persen.

Adapun konsumsi harian normal yaitu 7.573 Metrik Ton (MT) menjadi 8.299 MT. Sementara, LPG nonsubsidi diprediksi meningkat sebesar 1 persen dari konsumsi harian normal sejumlah 3.138 MT menjadi 3.169 MT.

Membentuk satuan tugas

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk memantau kelancaran penyaluran BBM dan LPG di lapangan, Pertamina telah membentuk tim satuan tugas (satgas) yang mulai bertugas pada 7 Desember 2020 hingga 7 Januari 2021.

“Menjelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, tim Satgas akan selalu siaga bertugas memantau penyaluran dan kelancaran distribusi BBM dan LPG tetap lancar,” terangnya.

Ia menjelaskan, untuk mengamankan pasokan BBM dan LPG, Pertamina melakukan sejumlah strategi, yaitu meningkatkan stok BBM dan LPG, mekanisme SPBU Kantong, dan layanan Pertamina Delivery Service (PDS).

Sementara itu, khusus wilayah Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Pertamina MOR I memberikan layanan PDS dengan mengoperasikan armada motor yang akan mengantar BBM dalam kemasan atau LPG kepada pelanggan.

Saat ini, layanan PDS akan dilayani melalui SPBU Jalan Sukarno Hatta yang terletak di Desa Meunasah Manyet Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar.

Selain itu, tersedia pula tiga SPBU Kantong bertempat di SPBU 14.245.499 Jalan Lintang Desa Nunang, Kecamatan Bebesan, Kabupaten Aceh Tengah; SPBU 14.244.434 Jalan Medan Banda Aceh, Desa Bukit Rata, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang; dan SPBU 13.241.405 di Jalan Medan Banda Aceh, Desa Pulong Pisang, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie.

"Mekanisme SPBU Kantong ini dilakukan untuk memastikan tersedianya stok BBM di beberapa titik padat wisata dan mudik," ujarnya.

Ia pun mengingatkan kepada pengendara agar tetap berhati-hati, khususnya saat berada di daerah jalan ekstrem dan rawan longsor. Selama musim penghujan, kondisi jalan ke daerah Kabupaten Gayo Luwes rawan longsor.

Sebagai informasi, agen dan pangkalan siaga masa satgas di Provinsi Aceh sejumlah 68 agen LPG PSO, 3.463 pangkalan LPG PSO, 31 agen LPG Non-PSO, dan 3.594 outlet LPG Non-PSO.

Selain itu, pengguna aplikasi MyPertamina juga dapat menikmati potongan harga Rp 250 per liter untuk Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite. Promo ini bisa didapatkan di SPBU Pertamina yang telah terfasilitasi dan terhubung MyPertamina. Penawaran ini berlaku hingga 31 Desember 2020.

Untuk informasi lebih lanjut ataupun menyampaikan saran terhadap pelayanan Pertamina, Anda dapat menghubungi call center 135.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.