Advertorial

Dukung Penanganan Covid-19 di Jawa Timur, Pelindo III Sumbang Mobil Ambulans

Kompas.com - 22/12/2020, 22:38 WIB

KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia III (Pesero) atau Pelindo III terus menunjukan dukungan kepada pemerintah dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat pada masa pandemi Covid-19.

Setelah sebelumnya memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada tenaga kesehatan, kali ini Pelindo III memberikan satu unit mobil ambulans kepada Rumah Sakit PHC.

Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Direktur Utama Pelindo III U Saefudin Noer kepada Direktur Utama RS PHC Abdul Rofid Fanany, di Kantor Pusat Pelindo III, Selasa, (22/12/2020).

Saefudin mengatakan, pemberian bantuan tersebut merupakan wujud dari implementasi core values BUMN, yaitu AKHLAK.

“Sebagai BUMN, Pelindo III mendapat amanah untuk turut serta dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat pada masa pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Mobil ambulans ini diharapkan dapat membantu penanganan pasien dengan lebih baik,” ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (22/12/2020).

Ambulans dengan peralatan komprehensif, lanjut Saefudin, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kegawat daruratan (emergency) bagi pasien Covid-19 dengan gejala penyerta.

Direktur Utama Pelindo III U Saefudin Noer kepada Direktur Utama RS PHC Abdul Rofid Fanany meninjau kelengkapan ambulans. (DOK. Pelindo III) Direktur Utama Pelindo III U Saefudin Noer kepada Direktur Utama RS PHC Abdul Rofid Fanany meninjau kelengkapan ambulans.

Penyerahan bantuan kepada RS PHC, menurutnya juga merupakan bentuk kolaborasi dan sinergi antar group BUMN.

“RS PHC merupakan salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Surabaya yang menerima banyak pasien dari berbagi kalangan. Penting bagi RS PHC untuk melakukan penanganan terbaik dengan dukungan fasilitas yang baik,” ujar Saefudin.

Sementara itu, Direktur Utama RS PHC Abdul Rofid Fanany menilai mobil ambulans bantuan Pelindo III tersebut sangat mumpuni.

Ambulans dilengkapi berbagai peralatan khusus penanganan Covid-19 mulai dari defibrilator, ECG monitor, suction pump, brankart, syringe pump, kursi roda, dan ventilator portabel yang mampu bertahan lebih dari 4 jam pasca dilepas dari sistem dalam mobil.

Kelengkapan tersebut membuat ambulans ini menjadi satu-satunya mobil ambulans siaga Covid-19 dengan peralatan terlengkap dan komprehensif yang ada di Jawa Timur.

“Dengan adanya mobil ambulans yang disertai perlengkapan lengkap tersebut membuat penanganan pasien Covid-19 dengan kondisi serius bisa lebih mudah dilakukan,” katanya.

Hingga November 2020, Pelindo III telah menyalurkan hibah sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan sebesar Rp 52 miliar.

Hibah tersebut disalurkan ke berbagai sektor di antaranya, sektor pendidikan, kesehatan, sarana dan prasarana umum, serta bantuan alam dan nonalam.

Sepanjang 2020 bantuan lebih banyak diarahkan pada sektor kesehatan karena pandemi Covid-19. Hal ini sebagai bentuk dukungan Pelindo III dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com