Advertorial

Megawati Minta Anggota PPI dan Paskibraka Jadi Benteng Pertahanan Pancasila

Kompas.com - 24/12/2020, 14:03 WIB
Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri. (DOK. BPIP)Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri.

KOMPAS.com – Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri meminta Purna Paskibraka Indonesia (PPI) untuk menjadi benteng pertahanan Pancasila.

Mega, yang juga menjadi anggota PPI pada 1965 mengungkapkan, tidak sedikit orang yang ingin mengubah Pancasila sebagai dasar negara dan bendera merah putih.

"Saya tahu banyak orang yang ingin mengubah Pancasila," kata Mega saat memberikan arahan dan pembekalan secara daring pada hari ulang tahun PPI ke-31 di Jakarta, Senin (21/12/2020).

Mega juga berpesan kepada PPI untuk mengingat jasa-jasa para pahlawan yang telah mengukir sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

"Kalian dipilih bukan hanya (karena) pintar, bukan hanya cerdas, tapi di sini ada Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika. Itu yang harus dijaga," kata Presiden ke-5 Republik Indonesia.

Ia berharap kepada para anggota yang sudah masuk sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk selalu menjunjung tinggi tanggung jawabnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi, jangan main-main dengan status sebagai Paskibraka. Kalian harus mempertanggungjawabkan kewajiban sebagai Paskibraka," ujarnya.

Selain itu, Mega juga meminta para PPI untuk bergerak dinamis, saling menolong, dan bergotong-royong dalam mengimplementasikan Pancasila.

"Dengan status PPI ini, kalian harus bergerak maju, melakukan hal-hal dinamis, dan membantu rakyat miskin akibat penjajahan. Negara kita ini kaya raya, maka pemuda harus bangkit serta bersatu membangun bangsa dan negara," katanya.

Sementara itu, Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Romo Antonius Benny Susetyo menyambut baik kerja sama yang terjalin antara PPI dan BPIP.

"Ini langkah tepat karena PPI memiliki 2.000 lebih anggota di berbagai penjuru Nusantara. Ini sangat berpengaruh untuk membumikan nilai-nilai Pancasila," ujarnya.

Menurut Romo Benny, PPI memiliki komitmen untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan dalam mengaktualisasikan Pancasila. Kemitraan antara PPI dan BPIP akan terus dilakukan, terutama dalam pembekalan nilai-nilai Pancasila kepada anggota Paskibraka dan PPI.

Ketua PPI Gousta Feriza pun berkomitmen untuk mengutamakan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman hidup.

"Saya selalu mendorong seluruh anggota Paskibraka dan seluruh purna Paskibra untuk menjadi benteng Pancasila dan duta Pancasila," kata Gousta.

Menurut dia, anggota PPI yang tersebar dari Sabang sampai Merauke akan menyusun program dan kegiatan bersama BPIP untuk penguatan nasionalisme.