Advertorial

Hadapi Era VUCA, Himbara Siapkan BUMN Finance Institute bagi Talenta Perbankan

Kompas.com - 24/12/2020, 22:09 WIB
Ilustrasi BRI Jakarta. (Dok. Humas BRI) Ilustrasi BRI Jakarta. (Dok. Humas BRI)

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bersama Corporate University dan Learning Center yang dimiliki oleh Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Nasional Indonesia (BNI), dan Bank Mandiri melakukan Kick Off BUMN Finance Institute di BRI Innovation Center, Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah implementasi lima program prioritas Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu pengembangan talenta sumber daya manusia Indonesia.

Pembentukan BUMN Finance Institute juga merupakan hasil sinergi empat bank yang tergabung dalam Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara). Tujuannya, untuk pemerataan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia unggul serta pembentukan national talent pool.

Adapun acara Kick Off BUMN Finance Institute dihadiri oleh Direktur Human Capital dan Chief Learning Officer dari keempat bank BUMN. Selain itu, Deputi Bidang SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Alex Denni turut hadir secara virtual.

Alex Denni mengatakan, Corporate University dan Learning Center yang dimiliki oleh BUMN memiliki peran strategis dalam akselerasi transformasi BUMN, khususnya di era volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity (VUCA) saat ini.

Corporate University dan Learning Center BUMN, kata Denni, harus mampu mengembangkan pekerja yang terperangkap di zona nyaman.

“Hal ini dilakukan dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan baru sehingga pekerja siap menghadapi tantangan dan berbagai permasalahan,” ujar Denni dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (24/12/2020).

Kegiatan Kick Off BUMN Finance Institute dilanjutkan dengan kegiatan shared training secara online yang diikuti oleh pekerja dari BRI, BTN, BNI, dan Bank Mandiri.

Materi disampaikan oleh subject matter expert dari masing-masing bank BUMN sesuai dengan spesialisasinya, yaitu consumer banking (BTN), wholesale banking (Mandiri), micro banking (BRI), serta international and trade banking (BNI).

Ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI) sekaligus Direktur Human Capital BRI Herdy Harman menjelaskan, dengan terbentuknya BUMN Finance Institute, pekerja bank BUMN diharapkan mendapatkan pengalaman belajar yang menyeluruh terkait banking, digital, dan leadership.

“Kami bersyukur dan sangat antusias dengan dilaksanakannya Kick Off BUMN Finance Institute ini. Tentu ini semua sejalan dengan cita-cita Kementerian BUMN untuk mewujudkan sumber daya manusia unggul yang berdaya saing tinggi di lembaga keuangan di Indonesia,” ujar Herdy.