Advertorial

Jelang Nataru 2021, Konsumsi Pertamax dan Pertamax Turbo Naik Signifikan

Kompas.com - 27/12/2020, 14:42 WIB
Dok. Pertamina Dok. Pertamina

Memasuki periode libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021, Pertamina membentuk Tim Satgas Pengendalian dan Pemantauan Kelancaran Penyaluran BBM dan LPG Masa Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Satgas Naru) yang mulai beroperasi pada 9-10 Januari 2021 di Palembang.

Melalui Satgas Naru, diketahui bahwa selama periode 7-24 Desember 2020, konsumsi BBM jenis Gasoline seperti Premium, Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo, mengalami kenaikan signifikan.

Hal ini terlihat dari jumlah kenaikan sebesar 6 persen dengan angka 7.797 kiloliter (KL) per hari. Sebelumnya, konsumsi harian pada November hanya berada di angka 7.357 KL.

Sayangnya, kondisi ini berbanding terbalik dengan BBM jenis gas oil, seperti Bio Solar, Dexlite, dan Pertamina Dex. Situasi libur panjang mengakibatkan terjadinya penurunan pembelian sebesar -1,3 persen dengan jumlah 7.714 KL per hari, setelah sebelumnya berada di angka 4.776 KL per hari.

Meski begitu, ketimpangan konsumsi ini bukanlah hal yang mengejutkan, mengingat agenda Nataru membuat banyak masyarakat memilih menggunakan kendaraan pribadi yang mengonsumsi BBM jenis Gasoline.

Artinya, kondisi liburan juga membuat perusahaan menghentikan sementara kegiatan operasional, termasuk kegiatan transportasi kendaraan diesel, seperti bus dan truk. Lebih lanjut, Satgas Naru turut mencatat konsumsi tertinggi pada BBM jenis gasoline.

Hasilnya, produk Pertamina Dex, Pertamax Turbo, dan Pertamax, menjadi primadona selama periode ini. Untuk Pertamina Dex, terjadi kenaikan sebesar 13,7 persen dengan angka 37 KL per hari dari sebelumnya 33 KL per hari.

Serupa, Pertamax Turbo mencatat kenaikan sebesar 28,3 persen dengan angka 58 KL per hari dari sebelumnya 45 KL per hari, disusul dengan produk Pertamax yang mencatat kenaikan sebesar 18,7%, yaitu dari 661 KL per hari menjadi 785 KL per hari.

Menanggapi kenaikan BBM jenis gasoline, Pjs. Unit Manager Communication, Relations & CSR MOR II Sumbagsel Ujang Supriadi mengungkapkan bahwa perubahan konsumsi selama masa Nataru menjadi salah satu tanda kesadaran masyarakat akan pentingnya mengonsumsi BBM berkualitas.

"Kenyamanan saat berkendaraan menjadi hal yang utama, sehingga masyarakat lebih memilih mengonsumsi BBM Berkualitas seperti Pertamax, Pertamax Turbo, dan Pertamina Dex", kata Ujang (27/12/2020).

Menurutnya, penggunaan BBM berkualitas mampu mendukung performa mesin agar tetap prima, sehingga masyarakat nyaman berkendara. Selain itu, BBM jenis ini juga mampu menjaga ketahanan mesin serta lebih ramah lingkungan.

Terjadi pada LPG

Tak ubahnya konsumsi BBM, liburan panjang turut mengakibatkan terjadinya kenaikan konsumsi LPG PSO atau LPG 3 kilogram. Setidaknya, terdapat kenaikan sebesar 2,5 persen yaitu 1.827 Metrik Ton (MT) per hari dari 1.783 MT per hari pada November.

Sementara itu, terjadi penurunan untuk NPSO sektor rumah tangga sebesar 0,8 persen, yaitu dari 183,8 MT per hari menjadi 182,3 MT per hari. Guna memastikan kelancaran distribusi BBM dan LPG di wilayah kerja Mor II Palembang, Ujang menjamin bahwa pihaknya akan terus melaksanakan pemantauan dan antisipasi jika terjadi kenaikan permintaan.

"Tim Satgas akan selalu melaksanakan antisipasi secara dini sesuai ketentuan yang berlaku apabila terjadi peningkatan permintaan BBM dan LPG", tutup Ujang.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang informasi dan layanan produk Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center di nomor 135.