Advertorial

Antisipasi Lonjakan Pemudik Nataru, Pertamina Tinjau Pasokan BBM dan LPG di Jalur Wisata Puncak

Kompas.com - 27/12/2020, 18:05 WIB
 Jajaran direksi Pertamina meninjau pasokan BBM dan LPG di jalur wisata Puncak, Sabtu (26/12/2020). (Dok. Pertamina) Jajaran direksi Pertamina meninjau pasokan BBM dan LPG di jalur wisata Puncak, Sabtu (26/12/2020).

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) senantiasa memastikan kesiapan Stasiun Pengisian Bahan Bakar UMUM (SPBU) Reguler, Pertashop dan layanan khusus Siap Siaga dalam menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) dan liquefied petroleum gas (LPG) pada libur Hari Raya Natal 2020 dan liburan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Adapun langkah yang diambil adalah dengan meninjau pasokan BBM dan LPG, seperti SPBU Jalur Wisata, Pertashop dan layanan tambahan siap siaga dalam menghadapi puncak arus mudik jelang liburan akhir tahun di sepanjang jalur wisata Puncak. 

Peninjauan dilakukan Direktur Keuangan Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial dan Trading Arya Suprihadi yang didampingi oleh Sales Area Manager Jakarta - Bogor - Depok Fanda Chrismianto dan Sales Area Manager Sukabumi - Cianjur Rainier Axel Gultom, dan tim manajemen Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat (JBB).

Arya Suprihadi beserta rombongan mengunjungi lokasi pertama, yakni Pertashop di Kalisuren, Tajurhalang, Bogor.

“Lokasi ini merupakan Pertashop yang dibangun pertama kali di Regional Jawa Bagian Barat,” ujar Arya, Sabtu (26/12/2020).

Selanjutnya, rombongan meninjau SPBU 34.16120 Cibadak, Bogor. Dari lokasi ini, mereka melihat kesiapan terkait digitalisasi SPBU.

Lokasi terakhir yang dikunjungi jajaran direksi adalah SPBU 34.43226 Cimacan, Cianjur. Dalam kunjungan tersebut, rombongan memastikan kesiapan satuan tugas (satgas).

“Satgas harus mengoptimalkan layanan tambahan yang disiapkan, diantaranya Mobile Storage hingga layanan pesan antar,” ucap Arya.

Khusus untuk wilayah Regional JBB, yakni Banten, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, dan Jawa Barat (Jabar) menjadi perhatian utama. Apalagi, keberadaan jalur wisata puncak selalu menjadi titik yang ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah.

“Untuk itu, Pertamina Pemasaran Regional JBB telah menyiagakan sebanyak dua Mobile Dispenser, 10 SPBU Modular, 53 SPBU Kantong, 17 Motorist Delivery Service dan 96 Pertashop yang tersebar di wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jabar,” jelas Arya.

Layanan ini di luar fasilitas SPBU, termasuk agen dan pangkalan LPG yang disiagakan Pertamina selama masa mudik. Adapun fasilitas yang dimaksud meliputi 338 SPBU, 1.049 agen LPG public service obligation (PSO), 178 agen LPG Non PSO Siaga, dan 6.413 pangkalan LPG.

Pertamina pastikan SPBU siap antisipasi lonjakan kendaraan

Arya menjelaskan, Pertamina memastikan SPBU Regular maupun SPBU Modular siap melayani konsumen yang telah memulai perjalanan libur Nataru.

“Layanan SPBU telah siap dengan pasokan dalam kondisi yang cukup, termasuk mengantisipasi adanya lonjakan kendaraan pasca puncak akhir tahun,” ujar Arya.

 Jajaran direksi Pertamina meninjau pasokan BBM dan LPG di jalur wisata Puncak, Sabtu (26/12/2020).(Dok. Pertamina) Jajaran direksi Pertamina meninjau pasokan BBM dan LPG di jalur wisata Puncak, Sabtu (26/12/2020).

Selain kesiapan layanan SPBU, lanjut dia, Pertamina juga telah mengantisipasi kondisi darurat bila terjadi kemacetan baik di jalur tol maupun jalur non tol dengan menyiagakan tim motoris.

Menurutnya, tim motoris siap siaga 24 jam dan akan bekerja menerobos kemacetan untuk mengantarkan BBM kemasan kepada konsumen yang membutuhkan.

"Mereka sudah terlatih untuk mengantar BBM kemasan secepat mungkin agar kendaraan yang kehabisan bahan bakar dapat melanjutkan perjalanan hingga ke tempat tujuan,” imbuh Arya.

Oleh karena itu, sebagai BUMN yang berperan dalam penyediaan energi nasional, Pertamina selalu berupaya memberikan layanan terbaik dan terus meningkatkan kualitas layanan kepada konsumen.

Saat melakukan kunjungan, Arya menginformasikan sejumlah pengendara yang ia temui di SPBU terkait lokasi stasiun pengisian BBM dan nomor Pertamina Call Center 135 yang dapat dihubungi jika ada kendala selama perjalanan.

“Untuk memudahkan, masyarakat juga dapat mengunduh aplikasi My Pertamina di gadget masing-masing,” imbuhnya.

Saat ini, kata Arya, masyarakat dapat bertransaksi nontunai di SPBU menggunakan Link Aja. Lewat aplikasi yang sudah terhubung dengan My Pertamina ini, masyarakat bisa mendapatkan beragam promo menarik.