Advertorial

Tiga Keramahan Taiwan yang Buat Wisatawan Ingin Kembali Lagi

Kompas.com - 27/12/2020, 22:35 WIB
Keramahan bukan hanya ditunjukkan oleh penduduknya, tetapi juga oleh seluruh tempat dan atraksi wisata yang ditawarkannya. (DOK. Tourism Taiwan) Keramahan bukan hanya ditunjukkan oleh penduduknya, tetapi juga oleh seluruh tempat dan atraksi wisata yang ditawarkannya.

KOMPAS.com – Ada satu hal yang tidak dapat dilupakan oleh wisatawan yang pernah berkunjung ke Taiwan, yaitu keramahan negeri ini.

Keramahan bukan hanya ditunjukkan oleh penduduknya, tetapi juga oleh seluruh tempat dan atraksi wisata yang ditawarkannya. Semua itu seakan merangkul wisatawan yang datang. Berikut tiga keramahan Taiwan yang perlu Anda ketahui.

Keramahan bagi wisatawan muslim

Banyaknya wisatawan muslim yang berkunjung membuat negeri ini berbenah. Taiwan mempersiapkan kebutuhan umat muslim seperti tempat beribadah berupa masjid dan mushola di setiap destinasi wisata serta restoran bersertifikasi halal.

Berwisata di Taiwan, wisatawan muslim dapat menemukan ratusan restoran bersertifikasi halal. Cita rasa yang ditawarkan oleh restoran-restoran tersebut sangat beragam, mulai dari chinese food, hidangan Indonesia, Thailand, Turki, hingga western food. Untuk menemukannya, wisatawan dapat memanfaatkan aplikasi Halal Taiwan.

Halal Beef Noodle. (DOK. Taiwan Tourism) Halal Beef Noodle.

Sebagai rekomendasi, wisatawan dapat mengunjungi Halal Chinese Beef Noodle di No. 1, Alley 7, Lane 137, Yanji Street yang direkomendasikan oleh Bib Gourmand atau Really Good Seafood di No. 222, Section 1, Fuxing South Road, direkomendasikan oleh Michelin Plate.

Sebagai alternatif, wisatawan muslim juga dapat bersantap di restoran vegetarian. Taiwan memiliki banyak restoran vegetarian yang tidak menghidangkan daging dan alkohol. 

Keramahan bagi keluarga dan anak-anak

Masyarakat di Taiwan begitu senang dengan anak-anak sehingga tersedia banyak sekali tempat wisata yang ramah anak dan dapat menjadi sarana mengembangkan imajinasi.

Sebut saja Taipei’s Children Amusement Park, Taiwan Science Education Center, Window on China Theme Park, dan Taipei 101—salah satu gedung tertinggi di dunia.

Maokong Gondola. (DOK. Taiwan Tourism) Maokong Gondola.

Namun, yang paling seru adalah kereta gantung berlantai kaca, Maokong Gondola. Anda dapat mengajak anak-anak menaiki kereta gantung ini dari Taipei Zoo Station untuk mencapai Kuil Zhinan dan perkebunan teh di puncak bukit.

Sepanjang perjalanan, Anda dan anak dapat menikmati pemandangan desa pegunungan yang sangat cantik.

Malam hari, Anda bisa mengajak anak-anak berjalan-jalan di berbagai pasar malam seru. Setiap pasar malam selalu lengkap dengan aneka jajanan dan permainan untuk anak-anak.

Oh ya, ada satu tempat yang pasti disuka penggemar film Ghibli. Ajaklah anak-anak melihat langsung Desa Jiufen yang menjadi inspirasi bagi sutradara ternama Hayao Miyazaki untuk membuat film Spirited Away.

Hidangan khas di Really Good Seafood. (DOK. Taiwan Tourism) Hidangan khas di Really Good Seafood.

Memasuki Jiufen, Anda akan menemukan lorong-lorong tua yang cantik dan penjual aneka penganan khas. Berkunjung ke Jiufen penggemar film Ghibli pasti akan merasa masuk ke dalam film Spirited Away.

Bergeser dari Jiufen ke Desa Shifen, Anda dapat mengajak anak mencoba menerbangkan lentera berisi keinginan kita. Pasti kegiatan-kegiatan tersebut menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi anak.

Keramahan bagi wisatawan mandiri

Taiwan juga mudah dijelajahi oleh wisatawan mandiri. Hampir semua tempat-tempat wisata utamanya dapat dicapai dengan jaringan kereta dan bis.

Misalnya, setelah puas menjelajahi Metropolitan Taipei, Anda cukup naik kereta untuk mencapai Kaohsiung di Taiwan Selatan yang menawarkan suasana berbeda.

Setelah puas berjalan-jalan di Kaohsiung, Anda bisa lanjut ke Chiayi dengan menaiki kereta. Usai berjalan-jalan di Chiayi, Anda bisa naik bis ke gunung Alishan yang menawarkan pemandangan luar biasa, apalagi saat pagi bermandikan kabut.

Pemandangan malam Desa Jiufen. (DOK. Taiwan Tourism) Pemandangan malam Desa Jiufen.

Rute lain yang tak kalah seru adalah perjalanan Taipei-Taichung-Sun Moon Lake atau Taipei ke Taroko National Park melewati Kota Hualien.

Bagaimana, seru bukan? Yuk, rencanakan perjalanan ke Taiwan ketika nanti sudah bisa kembali bepergian ke luar negeri. Catat kota-kota apa saja yang menarik untuk dijelajahi dan rute perjalanan yang ingin ditempuh untuk mengunjunginya. Bersiap menerima keramahan-keramahan tersebut.