Advertorial

Ajak Lulusan SMA Sederajat Masuk UI, BEM UI Gelar Bedah Kampus 2020 secara Daring

Kompas.com - 28/12/2020, 12:19 WIB
(Dok : BKUI 20) (Dok : BKUI 20)

Kompas.com – Jelang proses penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2021/2022, Universitas Indonesia (UI) kembali mengadakan agenda tahunan Bedah Kampus Universitas Indonesia 2020 (BKUI 20). Kegiatan ini telah dilaksanakan dalam dua gelombang, yakni pada 28-29 November 2020 dan 5-6 Desember 2020.

Mengusung tema “Melangkah Lebih Baik”, BKUI 20 tidak hanya memberikan gambaran seputar dunia perkuliahan, tapi juga mengajak siswa-siswi SMA untuk mengenal lebih dekat tentang seluk-beluk UI. 

Guna menjangkau lebih banyak peserta, Bidang Eksternal Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI turut bekerja sama dengan sekolah tingkat SMA atau sederajat di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam kerja sama tersebut, BEM UI mengadakan kunjungan sekolah daring serta memberikan informasi tentang UI dan BKUI 20.

Selain dengan sekolah, BEM UI juga menggandeng platform penyedia tiket, Goers, untuk pelaksanaan BKUI 20 secara daring lewat Zoom.

Pada gelombang pertama, rangkaian acara dimulai dengan pengenalan program studi yang termasuk Rumpun Sains, Rumpun Teknologi, dan Rumpun Ilmu Kesehatan. Sementara, pengenalan Rumpun Sosial dan Humaniora dilakukan pada gelombang kedua.

Adapun rangkaian acara BKUI 20 lainnya selama dua gelombang tersebut adalah Bedah Universitas, Bedah Fakultas, dan Bedah Jurusan.

Pada Bedah Universitas, siswa-siswi akan diberikan gambaran dan informasi mengenai kehidupan kampus dan pasca kampus dari mahasiswa, alumnus, maupun humas, yang dikemas dalam bentuk talk show.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan Bedah Fakultas yang memberikan gambaran tentang informasi fakultas, kelas yang tersedia, hingga fakta menarik dari fakultas tersebut. Bedah Fakultas dipandu langsung oleh mahasiswa yang berada di fakultas terkait.

Terakhir, acara ditutup dengan Bedah Jurusan yang dipandu oleh Humas Himpunan Departemen atau Jurusan. Konsep acara sesi ini terdiri atas gambaran kehidupan perkuliahan, penjelasan jurusan secara umum, program dan peminatan yang ditawarkan, informasi mata kuliah karakter khusus jurusan, hingga prospek kerja setelah lulus dari universitas.

Meski dilaksanakan secara daring akibat pandemi Covid-19, BEM UI berharap, kegiatan BKUI 20 dapat menjadi ajang kebersamaan yang dibangun bersama, guna mencapai tujuan akhir yakni berkuliah di Universitas Indonesia.