Advertorial

Menilik Keunggulan dan Kelemahan Smartphone Flagship Xiaomi Mi 9

Kompas.com - 28/12/2020, 15:42 WIB
 Xiaomi Mi 9 (DOK. Dx0Mark.com) Xiaomi Mi 9

KOMPAS.com – Xiaomi saat ini menjadi salah satu merek smartphone populer di Indonesia. Pasalnya, Xiaomi dikenal sebagai brand smartphone yang kerap mengutamakan spesifikasi tinggi dengan harga “bersahabat”. Hal ini membuat Xiaomi selalu menjadi incaran para konsumen di Tanah Air.

Karena hal tersebut, berdasarkan data International Data Corporation (IDC) pada kuartal III 2020, merek Xiaomi berhasil menempati posisi ketiga dalam daftar top 5brand smartphone di Indonesia dengan persentase popularitas sebesar 18,1 persen.

Pabrikan smartphone asal China ini hanya kalah dari Vivo (24,1 persen) dan Oppo (21,7 persen) serta berhasil mengungguli Samsung (17,3 persen dan Realme (14,5 persen).

Bila dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, popularitas Xiaomi di mata konsumen Indonesia mengalami peningkatan. Tahun lalu, Xiaomi berada di posisi kelima (12,5 persen). Mereka kalah dari Oppo (26,2 persen), Vivo (22,8 persen), Samsung (19,4 persen), dan Realme (12,6 persen).

Meski dikenal dengan produk smartphone entry-level, nyatanya Xiaomi juga gencar merilis smartphone kelas flagship. Salah satu smartphone flagship dari Xiaomi yang menarik perhatian masyarakat ketika dirilis adalah Mi 9.

Smartphone yang lebih sering disebut sebagai Xiaomi Mi 9 ini diluncurkan pada tahun lalu oleh pabrikan ponsel pintar asal China tersebut. Smartphone Xiaomi Mi 9 diketahui memiliki layar berbentang 6,39 inci dengan desain waterdrop atau poni mungil berupa tetesan air (teardrop notch) yang menjorok di atas layar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Poni tersebut digunakan sebagai rumah kamera depan beresolusi 20 megapiksel. Perangkat Xiaomi Mi 9 sendiri dibekali chipset Snapdragon 855. Salah satu fitur andalannya adalah triple-camera yang tersemat di punggung smartphone Xiaomi Mi 9.

Kamera utamanya memiliki resolusi 48 megapiksel Sony IMX586 dengan bukaan f/1,75. Kamera kedua memiliki resolusi 12 megapiksel Samsung S5K3M5 dan bukaan f/2.2 dengan dua kali optical zoom. Kemudian, kamera terakhir dari perangkat Xiaomi Mi 9 beresolusi 16 megapiksel Sony IMX481 dan bukaan f/2.2 wide-angle.

Perangkat Xiaomi Mi 9 dijalankan oleh Android 9 Pie yang dilapisi antarmuka MIUI 10. Adapun smartphone Xiaomi Mi 9 tersedia dalam tiga varian warna, yakni ocean blue, lavender vilet, dan piano black.

Untuk mengetahui lebih detail tentang Xiaomi Mi 9, simak ulasan berikut.

Keunggulan smartphone Xiaomi Mi 9

  1. Desain elegan

Layaknya sebuah smartphone flagship, Xiaomi Mi 9 hadir dengan desain kekinian yang elegan. Untuk bagian belakang bodi, misalnya, smartphone ini dilapisi Corning Gorilla Glass 5 yang memberikan kesan mewah.

  1. Tampilan layar mengagumkan

Pada bagian depan. smartphone Xiaomi Mi 9 dibekali dengan layar berukuran 6,39 inci dan panel Super AMOLED sehingga tampilan layarnya lebih jernih, menghasilkan warna yang lebih kompleks, dan lebih nyaman saat digunakan di bawah terik sinar matahari.

Layarnya sendiri memiliki rasio 19,5:9 dan resolusinya sudah Full HD+ 1080 x 2340 piksel. Smartphone Xiaomi Mi 9 ini memiliki rasio layar ke bodi sebesar 85,2 persen sehingga memberi kesan layar yang luas dan bezelnya pun lebih tipis. Kehadiran notch alias poni berbentuk tetesan air di bagian atasnya juga menambah kesan modern.

Pengguna juga tidak perlu takut pada bagian layar yang mudah tergores atau retak karena. Sebab, smartphone ini sudah dilapisi Corning Gorilla Glass generasi keenam yang tingkat ketahanan terhadap goresannya lebih baik ketimbang Gorilla Glass generasi kelima.

  1. Punya konfigurasi triple camera

Pada bagian kamera, smartphone Xiaomi Mi 9 mengusung konfigurasi triple camera. Kamera utama memiliki sensor 48 MP Sony IMX586 dengan bukaan f/1.75, kemudian 12 MP Samsung S5K3M5 f/2.2 (telefoto) dengan 2x optic zoom, dan kamera 16 MP Sony IMX481 f/2.2 (wide-angle).

Perlu diketahui, sensor dari Sony IMX586 di kamera utama smartphone Xiaomi Mi 9 menggunakan teknologi Quad Bayer. Dengan begitu, kameranya mampu memotret gambar dalam kondisi low-light dengan noise yang minim. Ditambah lagi, lensanya juga didukung dengan phase detection focus (PDAF) untuk membuat hasil gambar lebih fokus.

Kamera belakang smartphone Xiaomi Mi 9 diketahui juga sudah didukung dengan dual LED Flash, fitur HDR, dan panorama. Menurut GSM Arena, kamera utama pada smartphone Xiaomi Mi 9 ini mampu menghasilkan gambar dengan detail, warna, dynamic range, dan kontras yang maksimal saat siang hari.

Selain itu, notch Xiaomi Mi 9 dibungkus dengan kamera depan beresolusi 20 MP. Kamera selfie tersebut dilengkapi fitur artificial intelligence (AI) untuk mempercantik pengambilan gambar sekaligus berfungsi sebagai pemindai wajah.

  1. Performa baik

Beralih ke sektor dapur pacu, smartphone Xiaomi Mi 9 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 855. Snapdragon 855 merupakan penerus dari chipset Snapdragon 845 yang memiliki peningkatan performa, salah satunya dapat mendukung teknologi jaringan 5G. Chipset yang dibangun dengan fabrikasi 7 nanometer ini juga diklaim unggul dalam hal konektivitas.

Berdasarkan geekbench test (single core) yang dilakukan oleh GSM Arena, smartphone Xiaomi Mi 9 memperoleh skor sebanyak 3.503 dan bisa dikatakan lebih unggul ketimbang Huawei Mate 20 Pro, Huawei Mate 20X, dan Huawei Mate 20 yang menggunakan chipset Kirin 980.

Selain itu, GSM Arena juga melakukan geekbench test (multi core). Hasilnya, Xiaomi Mi 9 berhasil mengungguli geng Huawei Mate seri 20 dengan memperoleh skor sebanyak 11.181. Angka ini tidak beda jauh dari Apple iPhone XS Mas yang memperoleh skor sebanyak 11.432.

Terakhir, berdasarkan pengujian untuk mengetahui skor Antutu, smartphone Xiaomi Mi 9 memperoleh skor tertinggi, yakni sebanyak 372.006. Oleh karena itu, smartphone Xiaomi Mi 9 ini cocok untuk digunakan bermain berbagai macam game. Website K2Gadgets pun menyebutkan bahwa smartphone Xiaomi Mi 9 mampu memainkan game PUBG dengan pengaturan grafis tertinggi.

  1. Baterai berkapasitas 3.300 mAh dengan daya tahan optimal

Xiaomi Mi 9 hadir dengan baterai berkapasitas 3.300 mAh yang tergolong kecil untuk smartphone flagship. Namun, baterai dari smartphone Xiaomi Mi 9 ini tidak bisa dianggap remeh karena meski kapasitasnya kecil, punya daya tahan baik.

GSM Arena melakukan endurance test pada baterai smartphone Xiaomi Mi 9. Hasilnya, baterai smartphone Xiaomi Mi 9 mampu bertahan selama kurang lebih 91 jam. Rinciannya terdiri dari 23 jam 32 menit untuk 3G talk time, 12 jam 16 menit untuk browsing internet, dan 16 jam 57 menit untuk pemutaran video.

Selain itu, smartphone Xiaomi Mi 9 sudah didukung dengan teknologi fast charging 27 watt dengan teknologi Quick Charge 4+. Untuk mengisi baterai smartphone Xiaomi Mi 9 dari 0 persen hingga penuh, kamu hanya perlu menunggu selama 65 menit saja.

Selain dilengkapi dengan teknologi fast charging, smartphone Xiaomi Mi 9 ini juga sudah didukung teknologi pengisian daya tanpa kabel fast wireless charging 20 watt.

Dengan memakai wireless charger, kamu dapat mengisi baterai smartphone Xiaomi Mi 9 dari 0-30 persen dalam waktu 30 menit. Sebagai informasi, wireless charger ini tidak termasuk dalam paket penjualan smartphone Xiaomi Mi 9. Jadi, kamu perlu membelinya secara terpisah.

Kelemahan smartphone Xiaomi Mi 9

  1. Tidak tahan air dan debu

Cukup disayangkan bahwa smartphone Xiaomi Mi 9 ini belum mengantongi sertifikat IP67 ataupun IP68. Artinya, smartphone Xiaomi Mi 9 ini tidak memiliki resistansi terhadap air dan debu.

  1. Tidak punya fitur stabilisasi foto

Kekurangan lainnya dari smartphone Xiaomi Mi 9 ini adalah tidak adanya sistem stabilisasi foto atau optical image stabilization pada kamera yang dimiliki. Jadi, jika ingin mengambil foto yang bagus dengan smartphone Xiaomi Mi 9, kamu harus benar-benar berhati-hati ketika memotretnya. Hal ini harus dilakukan supaya tidak ada efek buram yang tercipta karena guncangan ketika memotret.

  1. Tidak punya audio jack 3,5 milimeter

Kekurangan berikutnya dari smartphone Xiaomi Mi 9 adalah absennya audio jack berukuran 3,5 milimeter yang biasa digunakan untuk memasang earphone. Jadi, kamu harus menggunakan konektor USB tipe C jika ingin memasang earphone. Hal ini tentunya akan merepotkan bagi sebagian besar orang.

  1. Tidak memiliki slot micro SD

Selain tak dilengkapi audio jack 3,5 milimeter, smartphone Xiaomi Mi 9 juga tidak dibekali slot khusus untuk micro SD. Slot yang dimiliki oleh smartphone Xiaomi Mi 9 hanya dikhususkan untuk ditempati oleh dua buah SIM card saja. Jadi, kamu hanya bisa mengandalkan memori internal dari smartphone Xiaomi Mi 9.

Itulah pembahasan seputar smartphone Xiaomi Mi 9, tertarik memilikinya?