Advertorial

Liburan ke Swiss, Jangan Lewatkan 5 Destinasi Wisata yang Ditetapkan sebagai Warisan Dunia

Kompas.com - 28/12/2020, 19:17 WIB
Panorama alam Swiss (Dok. Switzerland Tourism) Panorama alam Swiss

KOMPAS.com – Panorama pegunungan yang ditutupi salju, danau dan sungai bersih, hingga kastel-kastel megah nan bersejarah merupakan sedikit dari sekian banyak wisata menarik yang dimiliki Swiss.

Sebagai negara federal di kawasan Eropa Tengah, Swiss kerap dijadikan destinasi impian bagi wisatawan yang ingin memanjakan diri dengan lanskap alam yang indah.

Hal itu karena sebagian besar wilayah negara dengan Ibu Kota Bern ini merupakan Pegunungan Alpen. Maka tak heran kalau Swiss memiliki bentang alam yang menarik dan belum tentu bisa ditemukan di tempat lain.

Bahkan, beberapa destinasi wisata di negara yang memiliki 26 kanton itu ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh The United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Karena itu, Swiss cocok menjadi salah satu tujuan wisata dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Bagi kamu yang ingin berlibur ke Swiss, berikut lima dari tiga belas tempat wisata warisan dunia versi UNESCO di Swiss yang jarang diketahui wisatawan.

Kawasan bebatuan raksasa Jungfrau-Aletsch (Dok. Switzerland Tourism) Kawasan bebatuan raksasa Jungfrau-Aletsch

Bebatuan raksasa Jungfrau-Aletsch

Kawasan Jungfrau-Aletsch merupakan wilayah pertama di Pegunungan Alpen yang dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Kawasan ini terkenal karena memiliki bebatuan raksasa yang terletak di antara Eiger, Monch, dan Jungfrau.

Daya tarik kawasan yang berada di antara Kanton Berne dan Valais ini adalah gletser the Great Aletsch yang merupakan gletser terpanjang di Pegunungan Alpen, yakni mencapai 23 kilometer (km). Saat mengunjungi gletser ini, wisatawan akan dibawa menuju dunia es yang dihiasi oleh bunga dan hutan Alpen.

Ada beberapa titik pandang yang dapat diakses untuk melihat keindahan the Great Aletsch, yakni di Moosfluh, Bettmerhorn, Eggishorn, dan Jungfraujoch. Keempat lokasi itu bisa dengan mudah dijangkau menggunakan panoramic train dan kereta gantung.

Pemandangan kastel Bellinzona yang menjadi warisan dunia (Dok. Switzerland Tourism) Pemandangan kastel Bellinzona yang menjadi warisan dunia

Tiga kastel warisan dunia di Bellinzona

Di bagian paling selatan Swiss, tepatnya di Kota Bellinzona, Kanton Ticino, terdapat tiga buah kastel warisan dunia UNESCO. Tiga kastel ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena kemegahan bangunan dan menaranya serta keramahan penduduk sekitar.

Dahulu, kastel yang dibangun sekitar tahun 400-an ini merupakan proyek pertahanan penting bagi Kota Bellinzona. Pasalnya, kota ini terletak di persimpangan rute Alpen yang menghubungkan antara bagian utara dan selatan Swiss. Karena itulah, kastel, menara, dan tembok dibangun untuk melindungi kota.

Kebun anggur Lavaux dengan pemandangan Danau Janewa (Dok. Switzerland Tourism) Kebun anggur Lavaux dengan pemandangan Danau Janewa

Menjelajah kebun anggur di Lavaux

The Lavaux Vineyard Terraces merupakan salah satu kebun anggur bersistem teras di Swiss yang ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Kebun anggur yang terletak di daerah Lavaux ini membentang sepanjang 30 km dengan luas 800 hektare dari Danau Jenewa di sebelah utara hingga ke Lausanne di timur Swiss.

Di kebun anggur Lavaux ini, wisatawan bisa mencicipi anggur buatan lokal di hampir setiap gudang milik petani anggur. Selain itu, wisatawan juga bisa mempelajari lebih lanjut tentang budaya penanaman anggur lokal dan berbagai varietas anggur yang dikembangkan.

Selain mencicipi anggur, wisatawan juga akan dimanjakan dengan pemandangan indah dari gang-gang sempit, pegunungan yang tertutup salju, danau, dan rumah-rumah khas petani anggur yang merupakan landmark desa Lavaux.

Untuk menjelajahi perkebunan anggur Lavaux dengan nyaman, wisatawan bisa menggunakan Train des Vignes. Kereta ini memiliki rute dari Vevey melalui kebun anggur menuju Puidoux-Chexbres.

Suasana di dalam The Abbey Library (Dok. Switzerland Tourism) Suasana di dalam The Abbey Library

The Abbey Library

Kawasan kuno St Gallen Abbey di Swiss merupakan salah satu pusat spiritual penting di kawasan Eropa hingga saat ini. Kota ini memiliki landmark terkenal berupa kawasan biara Saint Gall dengan katedral Barok megah yang berasal dari tahun 830.

Kawasan biara dan katedral itu memiliki perpustakaan tercantik di dunia bernama The Abbey Library. Perpustakaan Saint Gallen Abbey Swiss ini memiliki koleksi 170.000 buku yang 50.000 di antaranya disimpan di aula Barok. Di aula ini, wisatawan juga dapat melihat mumi Mesir berusia 2.700 tahun bernama Shepenese.

Ciri khas lain dari kota yang berada di sebelah timur laut Swiss itu adalah banyaknya bangunan dan rumah-rumah tua yang masih dipertahankan bentuk aslinya. Saat berkeliling, wisatawan dapat dengan mudah menemukan rumah-rumah penduduk dengan jendela megah berwarna cerah.

Salah satu kawasan yang dilewati kereta api Albula (Dok. Switzerland Tourism) Salah satu kawasan yang dilewati kereta api Albula

Jalur kereta Swiss paling indah di Albula/Bernina

Swiss memiliki salah satu jalur kereta terindah dunia bernama The Albula/Bernina. Bahkan, rute ini telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia.

Jalur kereta api Albula memiliki panjang 122 km yang membentang dari Thusis ke Tirano. Selama perjalanan melintasi rute kereta wisata Eropa ini, kereta akan melewati 196 jembatan, 55 terowongan, dan 20 kota.

Para pencinta kereta api mengatakan, jalur kereta api Albula yang paling indah berada di antara Chur dan St Moritz. Pemandangan dari jembatan Landwasser antara Schmitten dan Filisur di Kanton Graubunden juga menjadi salah satu favorit penumpang kereta.

Selain kedua titik itu, Bernina Express yang melintasi jalur kereta ini juga akan melewati gletser raksasa, Morteratsch, kemudian mendaki Pegunungan Alpen menuju ketinggian 2.253 meter.

Nah, itulah lima tempat wisata Swiss yang dinobatkan sebagai warisan dunia versi UNESCO. Karena itu, segera rencanakan liburan kamu ke Swiss saat pandemi usai nanti. Jangan lupa untuk memasukkan lima destinasi tadi sebagai tempat yang akan dikunjungi.

Cek juga laman www.myswitzerland.com/earlybirdindonesia untuk mendapatkan penawaran dan informasi itinerari menarik di Swiss dari travel agent ternama, seperti Antavaya, ATS Vacations, Avia Tour, Bayu Buana, Bianglala Tour, dan Chan Brothers Travel.

Selain itu, ada pula Dwidaya Tour, Golden Rama, Icon Holiday, Karmel Tour, KIA Tours and Travel, Obaja Tour, Panen Tour, Panorama JTB, Raya Utama Travel, Smailing Tour, dan Wita Tour.

Opsi lainnya, kamu bisa ikuti Quiz di artikel ini untuk mendapatkan kesempatan berlibur ke Swiss secara gratis. Tunggu apalagi, yuk coba peruntunganmu sekarang!