Advertorial

Makin Canggih, Ini 5 Prediksi Tren Teknologi Smartphone pada 2021

Kompas.com - 29/12/2020, 09:34 WIB

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 tak serta merta melemahkan semangat sejumlah produsen smartphone untuk terus berinovasi menghadirkan tren dan teknologi yang mumpuni.

Selalu ada kejutan dari para produsen smartphone tiap tahunnya, baik itu untuk ponsel pintar kategori entry level maupun flagship. Semua inovasi dan pembaruan teknologi yang dihadirkan itu mendorong orang untuk mengganti ponsel sekalipun masih layak digunakan.

Bagi Anda yang ingin mengganti smartphone, sebaiknya tahan dulu. Sebab, teknologi ponsel pintar yang akan dirilis pada 2021 akan selangkah lebih maju dibandingkan tahun ini.

Apa saja kira-kira tren teknologi yang akan disematkan pada smartphone pada 2021 nanti? Berikut ulasannya.

Kapasitas baterai besar dan fast charging

Smartphone dengan baterai berkapasitas 3.000 atau 4.000 mAh tidak lagi terbilang besar pada 2021. Ke depannya, ponsel akan dibekali baterai kapasitas 5.000 hingga 6.000 mAh.

Bukan cuma itu, baterai smartphone pada 2021 juga akan didukung teknologi fast charging sebesar 100 watt ke atas.

Xiaomi, misalnya. Diberitakan Kompas.com, Jumat (6/11/2020), produsen smartphone asal China itu tengah mengembangkan teknologi pengisi daya lebih cepat, yakni 200W+ (200 watt ke atas). Perangkat ini akan diluncurkan pada 2021.

Selain itu, di pengujung 2020 ini, sudah banyak smartphone yang dibekali baterai sebesar 5.000 mAh, contohnya Xiaomi Redmi Note 9 Pro, Realme C11, dan Oppo A9.

Desain flip dan dual screen

Tren smartphone berdesain flip dan dual screen seperti Samsung Galaxy Z Flip juga diprediksi akan masih berlanjut pada 2021. Salah satu produsen smartphone yang akan mengikuti jejak ini adalah Xiaomi yang sudah siap mengeluarkan produk ini pada kuartal pertama 2021.

Dengan adanya teknologi tersebut, smartphone akan memiliki multifungsi, yaitu sebagai ponsel sekaligus tablet.

Selain model flip, desain layar smartphone tahun depan juga akan hadir dalam bentuk dual screen dengan tipe yang beragam pula, seperti bentuk layar fleksibel dan dual screen dengan aksesori tambahan seperti TwinView Dock yang ada pada ASUS ROG Phone.

Teknologi 5G

Teknologi 5G yang sudah digadang-gadang sejak akhir 2018 diprediksi akan mulai menyentuh semua segmen smartphone pada 2021, mulai dari flagship maupun entry level seiring dengan keluaran prosesor atau chipset terbaru.

Dengan teknologi 5G, smartphone keluaran 2021 akan memiliki kecepatan transfer data mencapai 1 Gbps. Terkait hal tersebut, jaringan 5G di Indonesia sendiri masih dalam tahap persiapan.

Gimbal stabilization

Salah satu persaingan ketat antara brand smartphone dapat dilihat dari fitur dan teknologi yang tersemat pada kamera, baik kamera depan maupun belakang.

Gimbal stabilization menjadi teknologi kamera terbaru yang tengah dipersiapkan para produsen smartphone. Prediksinya, ponsel berteknologi ini akan menjadi tren pada 2021. Lantas, seperti apa teknologi gimbal stabilization?

Secara sederhana, gimbal stabilization adalah teknologi yang dapat membuat kualitas foto atau video yang diambil menggunakan smartphone menjadi lebih stabil, jernih, dan ciamik.

Bukan hanya itu, gimbal stabilization juga berfungsi untuk menjaga kualitas gambar atau video tetap baik meski di malam hari. Ada pula teknologi pembesaran atau zoom yang maksimal hingga stabilitas saat merekam gerakan-gerakan yang detail.

Salah satu smartphone pelopor teknologi ini adalah Vivo X50 Pro yang sudah dirilis pada Juni 2020 dan dibanderol dengan kisaran harga Rp 7 juta sampai Rp 10 jutaan.

Kamera bawah layar

Masih seputar teknologi pada kamera, smartphone pada 2021 juga akan dilengkapi dengan kamera bawah layar (under-display camera).

Teknologi tersebut akan membuat kamera, terutama kamera selfie, berada di bawah layar smartphone sehingga tidak lagi perlu ada jeda, bahkan notch yang mengganggu layar.

Hasilnya, bentangan layar smartphone akan makin penuh dan membuat penggunaan bisa jadi lebih maksimal.

Under-display camera sudah jadi pembicaraan sejak pertengahan 2019 Oppo resmi memperkenalkannya ke publik. Namun, teknologi ini kabarnya lebih dulu dipatenkan oleh Samsung.

Daftar Kredivo, bisa kredit HP tanpa uang muka

Sebagai persiapan kredit handphone (HP) tahun depan, Anda bisa mulai daftar akun Kredivo mulai dari sekarang, baik itu untuk keperluan kartu kredit maupun fasilitas kredit HP tanpa uang muka dari Kredivo.

Kredivo adalah aplikasi yang menyediakan kredit HP tanpa uang muka, berlimit besar, berbunga 2,6 persen per bulan, dan memiliki banyak mitra merchant.

Hampir semua e-commerce dan merchant ternama yang ada saat ini sudah menjadi mitra Kredivo dalam hal layanan cicilan tanpa kartu kredit. Sebut saja Bukalapak, Tokopedia, Blibli, JD.id, Erafone, Samsung, iBox Erajaya Group, Xiaomi, Electronic City, dan masih banyak lagi.

Layaknya kartu kredit, Kredivo dapat memberikan limit maksimal sampai Rp 30 juta bagi akun premium.

Untuk menikmati fasilitas cicilan dari Kredivo, pengguna harus belanja minimal Rp 1 juta di merchant rekanan. Kemudian, pilih tenor cicilan.

Adapun tenor cicilan yang ditawarkan Kredivo, yakni 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.

Nah, bagi Anda yang tertarik menggunakan fasilitas cicilan Kredivo, yuk download aplikasi Kredivo di App Store atau Play Store. Buat akun dan pilih HP idamanmu!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com