Advertorial

Fasilitasi Seniman Jalanan, Pertamina Adakan Lomba Mural Sekaligus Rayakan HUT ke-63

Kompas.com - 29/12/2020, 18:27 WIB

KOMPAS.com - Dalam rangka perayaan ulang tahun ke-63, Pertamina mengadakan lomba mural pada dinding kompleks Kilang Pertamina yang berada di sepanjang Jalan Banjaran, Kelurahan Donan, Kabupaten Cilacap, Sabtu (26/12/2020).

Lomba dengan tema “Bio Refinery & Clean Energy” itu dibuka untuk umum dan diikuti 31 tim pelaku seni mural yang ada di Kabupaten Cilacap dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Ketua Panitia Lomba Mural Bambang Hadi Ristantyo mangatakan, peserta harus mengikuti seleksi kesesuaian sketsa dengan tema yang ditetapkan sebelum mengikuti acara.

Selain itu, peserta juga harus melakukan rapid test sebagai bentuk persyaratan perlombaan.

"Mohon maaf jika pada seleksi awal ada beberapa calon peserta yang tidak lolos. Karena pertimbangan kondisi kesehatan, tidak kami izinkan mengikuti lomba," ujar Bambang lewat rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (29/12/2020)

Lomba mural tersebut merupakan lanjutan dari lomba yang sebelumnya diadakan di area kilometer (KM) 70. Hal tersebut disampaikan oleh General Manager Pertamina RU IV Joko Pranoto.

Ia berharap, dengan adanya lomba menghias dinding tersebut, masyarakat bisa menikmati keindahan seni mural melalui kreativitas peserta.

Tidak hanya itu, bagian atas dinding nantinya juga akan dipasang lampu hias agar menambah semarak suasana malam hari.

"Rencananya selesai lomba mural, kami akan membuat lomba membuat taman di sekitar sini. Anggap ini adalah kado ulang tahun dari kami," ujarnya.

Joko menambahkan, tema “Bio Refinery” dipilih seiring tuntutan agar Pertamina mulai beralih mengolah minyak dengan bahan baku dari alam sebagai energi terbarukan.

"Berhubungan juga dengan tema 'Clean Energy' yang harapannya, ke depan hasil olahan kilang Pertamina RU IV merupakan produk yang bersih dan ramah lingkungan," jelasnya.

Dalam lomba tersebut, peserta memperebutkan total hadiah sebesar Rp 32 juta. Hasil kompetisi langsung diumumkan sore hari melalui beberapa kriteria penilaian juri.

Adapun urutan juara satu, dua, tiga, yakni Tim OneR, Tim Kopi Sachet, dan Tim Diam. Masing-masing pemenang mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp 10 juta, Rp 8 juta, dan Rp 6 juta. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada juara harapan satu sampai tiga. 

Tim OneR yang merupakan juara dari lomba mural Pertamina (Dok. Pertamina)

Dalam kesempatan yang sama, Pertamina juga menyerahkan bantuan dana pembinaan untuk tiga masjid dan musala di wilayah Rukun Warga (RW) 22 Kelurahan Donan. Masing-masing wilayah mendapat bantuan senilai Rp 5 juta dan sejumlah kitab suci Al-Quran.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com