Advertorial

Gandeng Arief Muhammad, Daihatsu Bagikan Modal Usaha dan Mobil untuk Pelaku UMKM

Kompas.com - 29/12/2020, 20:22 WIB

KOMPAS.com – Lewat program #DariUntukSahabat, Daihatsu memberikan modal usaha Rp 10 juta dan lima unit Grand Max kepada lima pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Khusus Grand Max, Daihatsu meminjamkan kendaraan tersebut selama satu bulan penuh guna memudahkan kegiatan operasional usaha.

Adapun program tersebut diselenggarakan oleh Daihatsu dengan menggandeng salah satu influencer media sosial kenamaan Indonesia, Arief Muhammad. Ia dipilih karena memiliki semangat berwirausaha.

Meski berpenghasilan lumayan, profesi sebagai influencer tak serta merta membuat Arief merasa aman dalam segi finansial. Terlebih, selama pandemi, pekerjaannya bisa dibilang berkurang.

Arief pun memutar otak dan melakukan apa saja untuk bisa bertahan hidup. Salah satunya dengan memulai bisnis online kuliner dan pakaian.

Hal itulah yang melatarbelakangi Daihatsu untuk berkolaborasi dengan Arief. Lewat kerja sama itu, pelaku UMKM diharapkan dapat lebih terbantu dan dapat memperluas pasar di media sosial.

Lewat kesempatan bekerja sama, Arief juga berbagi cara sukses untuk memulai bisnis online bagi pelaku UMKM. Menurutnya, ada empat hal yang harus diperhatikan.

Pertama, pelajari dan lakukan strategi pemasaran online. Arief mencontohkan dengan memasang iklan di Facebook, membuat video promosi di Youtube, dan meng-endorse selebritas Instagram (selebgram) untuk mempromosikan produk.

Kedua, jalin interaksi dengan para pelanggan di media sosial. Caranya, kata Arief, bisa dengan membalas comment, meminta testimoni, atau sekadar menyapa.

Ketiga, selalu membuka kesempatan bermitra dengan pihak lain yang memberikan keuntungan sekaligus mempermudah operasional.

“Contohnya, jasa pemesanan dan pengiriman barang online atau jasa pembayaran digital,” kata Arief dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (29/12/2020).

Terakhir, selalu ikuti kegiatan yang ada di media sosial. Salah satunya seperti program yang diselenggarakan Daihatsu lewat akun Instagram @daihatsuInd.

Dok. Daihatsu Dok. Daihatsu

“Hadiahnya lumayan. Bahkan, bisa buat tambah modal usaha dan mengurangi biaya operasional selama satu bulan,” ungkap Arief.

Hal senada turut disampaikan Head of Domestic Marketing Division Daihatsu Rudy Ardiman. Ia menjelaskan bahwa @daihatsuInd akan selalu mengadakan kegiatan positif dan mendukung pelaku bisnis UMKM ke depannya.

“Kegiatan semacam ini akan terus kami buat untuk membantu para pelaku bisnis atau UMKM di Indonesia agar lebih termotivasi dan bisa mencetak pelaku-pelaku bisnis yang baru,” ucap Rudy.

Bagi Anda pelaku bisnis atau UMKM yang ingin mengetahui cara mendapatkan modal usaha Rp 10 juta dan lima unit Grand Max seperti di atas, silakan follow akun Instagram @daihatsuInd.

Untuk diketahui, kegiatan Daihatsu #DariUntukSahabat tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com