Advertorial

Di Tengah Pandemi, Coway Raih Kesuksesan Penjualan dan Ekspansi Bisnis yang Melejit

Kompas.com - 31/12/2020, 07:30 WIB
Air Purifier Coway. (Dok. Coway) Air Purifier Coway.

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 yang merebak hampir sepanjang 2020 telah banyak membawa perubahan pada masyarakat, mulai dari gaya hidup hingga aktivitas sehari-hari.

Perubahan yang paling terasa adalah pemberlakuan sistem bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dan pembelajaran jarak jauh yang membuat masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Selain itu, belanja online juga marak dilakukan karena praktis dan bisa dilakukan dari rumah. Karena kebiasaan-kebiasaan tersebut, wajar bila masyarakat jadi terbiasa tinggal di dalam ruangan dan cenderung menghindari kontak secara langsung.

Adanya perubahan gaya hidup yang memaksimalkan aktivitas di rumah ini, ternyata menjadi peluang besar bagi produsen alat rumah tangga, seperti Coway Indonesia. Tercatat selama pandemi, perusahaan ini mengalami peningkatan penjualan hingga 900 persen dari bulan pertama.

Prestasi penjualan tersebut dicetak oleh produk water purifier (pemurni air) dan air purifier (pemurni udara) yang berhasil terjual lebih dari 7.000 unit dalam satu tahun.

Peningkatan penjualan terjadi karena kedua produk tersebut dianggap relevan dengan aktivitas dan gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini, mengingat aktivitas lebih banyak dilakukan di rumah. Hal ini membuat Coway Indonesia berkomitmen untuk terus menggenjot kualitas dan layanannya pada 2021 mendatang.

Kiprah Coway di Indonesia

Sejak 1989, Coway International dikenal sebagai perusahaan alat pemurni air dan udara nomor satu tepercaya di Korea Selatan. Coway International juga telah melebarkan sayapnya ke Malaysia, China, Thailand, Vietnam, dan Amerika Serikat.

Perusahaan Life-Care asal Korea ini baru memasuki Indonesia pada September 2019 dan terpaksa harus menghadapi pandemi. Meski demikian, Coway Indonesia terus mengalami peningkatan dan siap membawa perubahan pada masyarakat Indonesia.

Coway Indonesia meyakini beragam inovasi dari produknya sejalan dengan kebutuhan setiap masyarakat Indonesia, terutama di masa pandemi seperti ini.

Menurut pihaknya, pandemi telah menyadarkan masyarakat untuk mengutamakan pola hidup yang lebih bersih dan sehat. Hal tersebut dimulai dari memperhatikan kualitas air yang dikonsumsi dan udara yang dihirup.

General Manager Coway Indonesia Andri Faisal mengatakan, kehadiran Coway dan produk purifier-nya mendapat respons yang baik dari masyarakat Indonesia. Hal ini juga tidak terlepas dari peran lebih dari 1.000 direct sales yang turut membantu.

Andri menilai, kehadiran produk Coway disambut baik oleh masyarakat Indonesia lantaran manfaat dan keuntungannya yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Selain itu, kualitasnya yang tepercaya membuat produk ini dicintai oleh masyarakat Indonesia.

Pada produk Coway Water Purifier, misalnya. Alat ini mampu menyaring 0,0005 mikrometer partikel supermikro pada air dengan sistem sterilisasi ultraviolet (UV). Sementara, Coway Air Purifier mampu menyaring partikel sangat halus berukuran 0,01 mikrometer yang ada di udara.

Keduanya dilengkapi dengan teknologi HEPA filter yang memiliki empat langkah sistem penyaringan untuk menghilangkan bau tidak sedap, partikel debu halus, dan fitur deodorisasi.

Selain menghadirkan inovasi produk yang canggih, Coway Indonesia juga memberikan penawaran pembelian produk dengan cicilan 5 tahun dan bunga 0 persen. Paket ini sudah termasuk biaya pemasangan serta perawatan selama 5 tahun.

Coway Indonesia juga turut menunjukkan komitmen terhadap kualitas produk yang diberikan pada masyarakat melalui Cody HEART, layanan servis setiap dua bulan untuk memastikan alat purifier bekerja dengan optimal.

Memulai bisnisnya di SCBD yang berlokasi di Sudirman, kini Coway Indonesia membuka cabang penjualan dan pelayanan di area Jabodetabek, Medan, dan Cilegon. Pada 2021, Coway Indonesia melakukan ekspansi ke Surabaya.

Mengikuti pencapaian tersebut, Coway Indonesia membuka booth promosi eksklusif di beberapa mal kelas atas, seperti di Plaza Indonesia, AEON Mall JGC dan BSD, Lippo Mall Kemang, mall 23 Paskal Bandung, Sun Plaza, dan Centre Point Medan.

Andri turut mengungkapkan, pihaknya siap merekrut banyak generasi muda untuk menjadi bagian dari Coway Indonesia.

“Untuk menembus pasar pelanggan Indonesia kelas menengah ke atas, Coway Indonesia mencari tim direct sales muda yang berbakat dan memiliki jaringan serta wawasan yang luas. Kami sangat menyambut Anda,” tutur Andri.