Advertorial

SPBU di Ciseeng Belum Dapat Beroperasi, Masyarakat Bisa Isi BBM di Stasiun Pengisian Berikut

Kompas.com - 05/01/2021, 09:25 WIB
 Ilustrasi SPBU Pertamina. (DOK. Pertamina) Ilustrasi SPBU Pertamina.

KOMPAS.com – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.16308 Ciseeng Kabupaten Bogor, pada Senin (4/1/2021) pukul 09.10 WIB. Hingga saat ini operasional SPBU tersebut sementara dihentikan.

Bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Ciseeng yang memiliki kebutuhan mengisi bahan bakar kendaraan PT Pertamina (Persero) melalui Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat menginformasikan SPBU yang jadi alternatif.

Saat ini masyarakat di wilayah kecamatan tersebut dapat melakukan pengisian BBM di SPBU Pertamina terdekat, yaitu SPBU 34.16310 di Jl Raya Cogreg, SPBU 34.16318 di Jl Raya Ciseeng, dan SPBU 34.16306 Jl Raya Pasar Ciseeng.

Unit Manager Communication, Relation, dan CSR Pertamina MOR III Eko Kristiawan mengatakan, penghentian operasional SPBU 34.16308 Ciseeng yang terbakar tadi pagi dilakukan untuk alasan keselamatan dan kebutuhan investigasi.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Menunggu hasil investigasi dan untuk alasan keselamatan, saat ini operasional SPBU dihentikan sementara," ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin.

Eko menjelaskan, berdasarkan pantauan di lokasi kejadian, sumber api berasal dari kendaraan sepeda motor pelanggan yang sedang mengisi BBM. Api keluar dari motor dan menjalar ke mesin dispenser.

Diketahui api berhasil dipadamkan dalam waktu kurang dari 1 jam oleh operator SPBU dan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar).

Area pulau pompa dan satu mesin dispenser terkena sambaran api, tetapi tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Masyarakat yang mengetahui atau kondisi SPBU yang berisiko atau mengalami insiden serupa dengan SPBU Ciseeng dapat menghubungi call center Pertamina di 135. Pelaporan dapat mencegah atau mengantisipasi dampak yang lebih parah ketika terjadi kebakaran di SPBU.