Advertorial

Quality Time Bersama Keluarga di Tengah Jadwal Super Sibuk? Tenang, Masih Bisa Kok!

Kompas.com - 13/01/2021, 20:25 WIB
Ilustrasi keluarga menonton televisi (Dok.Shutterstock ? 1230784873) Ilustrasi keluarga menonton televisi (Dok.Shutterstock ? 1230784873)

KOMPAS.com – Terlalu sibuk dengan pekerjaan tentu dapat membuat Anda kesulitan menemukan waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Aktivitas tiap anggota keluarga terus tumbuh dan berkembang, tetapi waktu untuk dihabiskan bersama kian terbatas.

Kondisi tersebut tergambarkan dengan apik oleh tokoh Tom Baker (Steve Martin) dan Kate Baker (Bonnie Hunt) dalam film Cheaper by The Dozen 2 (2005).

Dalam film tersebut, anak-anak Baker mulai beranjak dewasa dan punya kesibukan masing-masing. Si Sulung Nora memutuskan pindah kota mengikuti suaminya, Charlie sibuk mengejar karier di bidang otomotif, dan Lorraine yang memutuskan pindah ke New York untuk kuliah dan magang.

Begitu pula kesembilan anak-anak Baker lain yang sudah enggan menyisihkan sedikit waktu untuk quality time bersama keluarga karena sibuk dengan hobi dan aktivitas masing-masing.

Dari sinilah muncul pergulatan hati Tom dan Kate. Mereka kelimpungan mencari cara agar anak-anak mau berkumpul bersama lagi.

Usaha yang dilakukan Tom dan Kate memperlihatkan arti penting quality time bagi keluarga. Tanpa ada kegiatan ini, takkan ada pula memori bersama. Alhasil ikatan emosional antar-anggota keluarga tidak begitu kuat.

Ciptakan “ritual” khusus untuk keluarga

Untuk meningkatkan quality time bersama keluarga, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menciptakan “ritual” khusus keluarga.

Ritual bersama ini penting untuk “memperbarui” hubungan bersama keluarga di saat-saat yang sulit.

Selain itu, ritual bersama tersebut dapat membantu keluarga Anda menemukan collective identity atau identitas bersama yang penting untuk membangun interaksi interpersonal.

Ritual khusus ini bisa diciptakan dengan berbagai kegiatan. Misalnya, di film Cheaper by the Dozen 2, keluarga Baker akhirnya memutuskan berlibur ke Danau Winnetka di Wisconsin sebagai ajang ritual keluarga.

Selain berlibur, rumah pun juga bisa jadi tempat untuk menciptakan ritual tersebut. Caranya dengan memaksimalkan fungsi ruang keluarga.

Berbagai aktivitas di ruang keluarga bisa menjadi pilihan yang tepat. Terlebih, pada masa pandemi, kegiatan di luar rumah dibatasi untuk mencegah penularan Covid-19.

Di ruang keluarga, Anda dan keluarga bisa santai, bermain games, berdiskusi, menonton film, dan bercengkerama tanpa harus pusing menentukan bujet untuk rekreasi di luar dan khawatir terpapar virus.

Selain hemat dan sederhana, ruang keluarga juga menjadi tempat yang nyaman dan hangat untuk menikmati kebersamaan.

Lantas, apa saja yang harus disiapkan agar ruang keluarga bisa jadi tempat nyaman untuk menciptakan ritual khusus? Berikut ulasannya.

Beri sentuhan baru di ruang keluarga

Untuk mewujudkan kondisi yang nyaman, Anda bisa memberikan sentuhan baru di ruang keluarga.

Mulailah dengan mendekorasi ruang keluarga di rumah. Berbagai perlengkapan, seperti sofa yang empuk dan bantal-bantal yang nyaman, bisa ditambahkan di ruangan ini.

Selain itu, Anda bisa pula menambahkan karpet empuk untuk berlesehan ketika bersantai bersama keluarga.

Lengkapi pula ruang keluarga dengan lampu yang hangat, benda kenangan keluarga seperti foto, bunga atau tanaman indoor, serta aroma terapi.

Benda-benda ini dapat membantu menciptakan suasana hangat dan meningkatkan mood keluarga.

Permainan papan

Ketika sudah beres menata ruang keluarga senyaman mungkin, Anda bisa menyediakan board games atau permainan papan.

Memainkan  board games bisa menjadi alternatif mengisi ritual khusus di ruang keluarga. Pasalnya, permainan ini tidak hanya dikhususkan untuk anak-anak, tapi orang dewasa pun bisa ikut bermain.

Ada banyak permainan papan yang bisa Anda pilih, seperti ular tangga, monopoli, scrabble (permainan menyusun kata), permainan kartu, twister, dan jenga

Televisi

Selain board games, menonton hiburan lewat televisi bisa dijadikan rekreasi paling mudah dan sederhana untuk quality time bersama keluarga Anda. Tak heran, televisi seakan menjadi perangkat elektronik wajib di ruang keluarga.

Agar perangkat ini maksimal untuk quality time keluarga, sebaiknya Anda memilih televisi yang sudah dilengkapi beragam fitur home entertainment. Televisi tersebut bisa memberikan pengalaman hiburan yang mudah dengan berbagai konten sesuai pilihan.

(Ilustrasi Samsung Super Smart TV 2020 / DOK. Samsung) (Ilustrasi Samsung Super Smart TV 2020 / DOK. Samsung)

Salah satu produk yang bisa dipilih adalah Samsung Super Smart TV (SSTV) 2020. Smart TV multifungsi ini telah dilengkapi fitur Movie on Demand (MoD) yang sangat cocok untuk acara menonton film bersama keluarga.

Dengan fitur MoD, Anda dan keluarga bisa dengan mudah mengakses berbagai aplikasi MoD kenamaan, salah satunya Vidio.com.

Jika membeli Samsung SSTV 2020 43 inci UHD, 43 inci FHD, atau 32 inci HD hingga 31 Januari 2021, Anda akan mendapatkan paket langganan Vidio Premier Platinum gratis selama tiga bulan.

Anda bisa menyaksikan film maupun siaran langsung sepak bola Liga Champions secara cuma-Cuma. Anda bisa mengklik tautan ini untuk melihat informasi promo tersebut lebih lengkap.

Di samping itu, terdapat pula fitur Bixby Assistant yang memudahkan Anda mengontrol kerja TV cukup dengan perintah suara. Fitur ini bisa berguna bagi Anda yang ingin bersantai bersama keluarga tanpa ingin repot menekan remote control.

Samsung SSTV dibekali fitur Built-in-WiFi. Lewat fitur ini, Anda tidak perlu perangkat tambahan untuk mengakses internet.

Fitur Built-in-WiFi juga menjamin kualitas gambar saat streaming video di Samsung SSTV. Video yang disuguhkan berkualitas UHD, FHD, dan HD yang lebih jernih dan cerah. Anda dan keluarga pun akan nyaman menonton film.

Selain itu, Samsung SSTV juga memiliki fitur One Remote Control yang memudahkan pengguna untuk mengendalikan berbagai perangkat lain, seperti console gamedriver USB, dan soundbar untuk terhubung ke televisi.

Berbagai macam kecanggihan ini menjadi paripurna dengan adanya fitur Music Control yang bisa mengubah tampilan televisi Anda menjadi sistem musik virtual dengan gaya kekinian.

Dengan begini, waktu bersantai Anda dan keluarga dijamin akan lebih hidup dengan adanya alunan musik dari televisi tanpa perlu menambah sound system atau pemutar musik khusus.

Sebagai tambahan, bagi Anda yang ingin bekerja dari rumah dengan suasana yang lebih nyaman, Samsung SSTV juga memiliki fitur Personal Computer yang bisa mengubah tampilan televisi layaknya komputer pribadi.

Canggihnya, fitur Personal Computer didukung dengan Office 356 (Cloud) serta dapat disambungkan ke komputer atau laptop untuk mendapatkan layar kerja tambahan.

Selain itu, adanya fitur Samsung Cloud dipastikan bisa memberikan Anda keleluasaan untuk menyimpan dokumen dan file digital sesuai kebutuhan.

Anda juga tidak perlu risau soal kualitas. Samsung SSTV ini terbukti mampu bersaing dengan jajaran televisi pintar lain dalam kategori Smart TV Multifungsi Terbaik di Kompas POP-ID Awards 2020.

- -

Sebagai informasi, Anda bisa klik tautan ini untuk memilih TV tersebut sebagai Smart TV Multifungsi Terbaik POP-ID Kompas.com 2020 dan dapatkan hadiah Rp 3 juta untuk 30 pemenang terpilih.