Advertorial

Hingga Akhir 2020, Panjang Jaringan Fiber Optic IndiHome Mencapai 4 Kali Keliling Bumi

Kompas.com - 15/01/2021, 17:00 WIB
Hingga akhir 2020, IndiHome berhasil membentangkan jaringan fiber optic sepanjang 166.343 kilometer di seluruh wilayah Nusantara, mulai dari pusat kota hingga pelosok desa (Dok. IndiHome) Hingga akhir 2020, IndiHome berhasil membentangkan jaringan fiber optic sepanjang 166.343 kilometer di seluruh wilayah Nusantara, mulai dari pusat kota hingga pelosok desa

KOMPAS.com - Peran IndiHome dalam mencerdaskan dan memajukan kehidupan berbangsa semakin nyata di tengah pandemi Covid-19. Layanan unggulan milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) ini berhasil membangun masyarakat digital melalui pembangunan infrastruktur secara merata di Indonesia pada 2020.

Hingga akhir 2020, IndiHome berhasil membentangkan jaringan fiber optic sepanjang 166.343 kilometer di seluruh wilayah Nusantara, mulai dari pusat kota hingga pelosok desa.

Pada tingkat kabupaten/kota, jaringan IndiHome telah menjangkau 96,5 persen atau sebanyak 496 kabupaten/kota. Sementara, di wilayah kecamatan, IndiHome berhasil menjangkau 72,1 persen atau sebanyak 5.115 kecamatan. Kemudian, di tingkat kelurahan/desa, IndiHome telah menjangkau 41 persen atau sebanyak 34.285 kelurahan/desa.

Tak berhenti di situ, jaringan IndiHome juga menjangkau sembilan pulau terluar di Indonesia, yakni Pulau Bintan, Pulau Karimun, Pulau Kei, Pulau Alor, Pulau Simeulue, Pulau Weh, Pulau Sebatik, Pulau Rote, dan Pulau Sabu. Hal ini setara dengan membentangkan jaringan fiber optic sepanjang empat kali keliling bumi.

Upaya tersebut mengantarkan IndiHome sebagai layanan fixed broadband terbesar yang memiliki 85% market share di Indonesia. Hingga akhir 2020, IndiHome telah memiliki 8 juta pelanggan.

Vice President Marketing Management Direktorat Consumer Service Telkom, E Kurniawan mengatakan, capaian tersebut membuktikan bahwa IndiHome sangat besar kontribusinya bagi masyarakat dan sebagai leading fixed broadband dan sangat dipercaya oleh masyarakat Indonesia.

“Sebuah prestasi yang patut kita syukuri bersama bahwa di tengah kondisi pandemi Covid-19, masyarakat Indonesia tetap bergerak aktif dengan memanfaatkan teknologi digital untuk melanjutkan kehidupan yang lebih maju,” kata Kurniawan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (15/1/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejalan dengan capaian tersebut, IndiHome turut meraih berbagai penghargaan, seperti 1st Millennial Choice in Internet Provider & TV Cable Category 2020 dari Wartaekonomi 2020, TOP ISP (Internet Service Provider) dan TOP Contact Center dari It Works 2020.

Selain itu, IndiHome juga meraih Gold Champion Category Pay TV dari Indonesia WOW Brand 2020, One Stop Entertaainment Media of The Year dari Marketeers Editor’s Choice Award 2020, dan Contact Center Service Excellent 147 dari Majalah Marketing 2020.

Kurniawan menyampaikan, prestasi tersebut tentu harus diimbangi dengan berbagai upaya nyata IndiHome di tengah pandemi Covid-19.

“Contohnya, kami menyediakan layanan khusus pembelajaran jarak jauh, menerapkan protokol kesehatan dalam melayani pelanggan, menyiapkan infrastuktur dengan kualitas yang baik, menyediakan 3.602 Wifi.id Corner di seluruh Indonesia, dan bekerja sama dengan berbagai komunitas,” imbuh Kurniawan.

Upaya tersebut, lanjut Kurniawan, bertujuan agar masyarakat tetap semangat dalam berkarya dan berkreasi di masa pandemi.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.