Advertorial

6 Buah yang Mengandung Asam Folat, Apa Saja?

Kompas.com - 21/01/2021, 00:00 WIB
 Ilustrasi buah-buahan (Dok. Pixabay) Ilustrasi buah-buahan

KOMPAS.com - Asam folat memiliki peranan yang cukup penting bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk mendukung pembentukan jaringan sel baru. Tak hanya itu, asam folat pun bermanfaat untuk mencegah risiko cacat lahir pada bayi.

Oleh karena itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi panganan yang mengandung asam folat selama masa kehamilan, terutama di trimester awal.

Buah yang mengandung asam folat

Asam folat banyak ditemukan di sayuran berdaun hijau dan beberapa jenis buah-buahan. Dengan demikian, kamu tidak harus selalu mengonsumsi suplemen untuk mencukupi kebutuhan asam folat tubuh. Berikut beberapa buah-buahan dengan kandungan asam folat yang bisa kamu jadikan pilihan.

1. Jeruk

Siapa sih yang tidak suka dengan buah jeruk? Buah dengan rasa manis dan segar ini tidak hanya kaya akan vitamin C saja, tetapi juga bisa jadi alternatif pilihan untuk memenuhi kebutuhan asam folat.

Bahkan, satu buah jeruk mampu menyuplai asupan asam folat hingga 20 persen dari kebutuhan harian. Buah ini pun mampu menekan kadar racun yang ada di pembuluh darah.

2. Stroberi

Buah selanjutnya yang mengandung asam folat adalah stroberi. Dengan mengonsumsi delapan buah stroberi berukuran kecil, kamu sudah bisa mencukupi kebutuhan asam folat harian hingga 7,5 persen. Buah berwarna merah dan berbintik ini pun bebas kalori.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya itu, buah dengan rasa manis asam segar ini juga kaya kandungan vitamin, seperti vitamin A, B, C, E, dan K. Buah ini juga mengandung berbagai jenis mineral penting, mulai dari zat besi, kalsium, sodium, magnesium, zinc, fosfor, hingga kalium.

3. Alpukat

Selain kaya akan vitamin E dan asam lemak tak jenuh, alpukat juga termasuk ke dalam salah satu buah yang mengandung asam folat. Kandungan vitamin E dalam alpukat mampu menghalau radikal bebas hingga mencegah risiko infeksi.

Kemudian, alpukat juga mengandung vitamin B yang berperan penting dalam pembentukan antibodi secara alami sehingga cukup bagus untuk menjaga daya tahan tubuh.

4. Pisang

Buah yang satu ini memang sudah sejak lama dikenal karena kaya akan kandungan asam folat. Faktanya, mengonsumsi 1-2 buah pisang setiap hari secara rutin dapat mencukupi 1/3 kebutuhan folat harian.

Selain menjadi sumber asam folat, buah pisang juga banyak mengandung nutrisi lainnya, seperti vitamin B6, vitamin C, karbohidrat, potassium, mangan, dan serat.

5. Buat bit

Meski disebut buah, bit sebetulnya merupakan akar umbi-umbian. Meski begitu, bit termasuk buah yang mengandung asam folat yang cukup tinggi, lho.

Dalam buah bit mentah seberat 136 gram terdapat kandungan asam folat hingga 148 mikrogram (mcg). Angka ini mencakup 37 persen kebutuhan harian tubuh.

Selain itu, banyak nutrisi lainnya yang bisa kamu dapatkan dari buah bit, seperti vitamin C, mangan, potassium, dan nitrat.

Dalam sebuah penelitian, konsumsi buah bit mampu menstabilkan tekanan darah sistolik hingga 4-5 milimeter air raksa (mmHg). Jadi, buah ini sangat cocok dikonsumsi untuk membantu mencegah risiko tekanan darah tinggi.

6. Pepaya

Buah dengan rasa manis ini juga mengandung asam folat. Dalam 140 gram buah pepaya mentah, terdapat kandungan asam folat hingga 53 mcg. Jumlah ini telah mencukupi kebutuhan asam folat harian hingga 13 persen.

Selain itu, pepaya juga kaya akan kandungan nutrisi lainnya. Misal saja, vitamin A, vitamin C, potasium, hingga antioksidan. Konsumsi buah pepaya secara rutin juga membantu melancarkan pencernaan. Jadi, tidak perlu khawatir mengalami sembelit.

Namun, buah pepaya tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil, terutama yang belum matang. Sebab, buah ini dikhawatirkan dapat memicu kontraksi dini.

Nah, itulah tadi daftar buah yang mengandung asam folat. Meski bagus untuk ibu hamil, tapi siapapun bisa mengonsumsi panganan yang mengandung asam folat. Konsumsi buah-buahan secara seimbang akan membantu mencukupi kebutuhan nutrisi dan vitamin dalam tubuh. Jadi, jangan skip buah-buahan lagi, ya!

Untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen penambah asam folat seperti Ferospat dari Pyfa Health.

Ferospat adalah suplemen yang mengandung zat besi untuk memenuhi kebutuhan defisiensi zat besi atau mencegah anemia, terutama pada ibu hamil dan menyusui. Suplemen ini pun dikemas dalam bentuk tablet effervescent. Yuk, cek produknya sekarang!