Advertorial

Dibekali S Pen, Performa Galaxy S21 Ultra 5G Kian Maksimal

Kompas.com - 21/01/2021, 13:24 WIB
Samsung Galaxy S21 Ultra 5G hadir dengan dukungan S Pen. (Dok. Samsung) Samsung Galaxy S21 Ultra 5G hadir dengan dukungan S Pen.

KOMPAS.com – Rangkaian Samsung Galaxy S21 5G resmi meluncur secara daring, Kamis (14/1/2020). Salah satu seri, yakni Galaxy S21 Ultra 5G hadir dengan dukungan S Pen. Aksesori ini sebelumnya menjadi ciri khas Galaxy Note dan Galaxy Tab.

Terobosan itu sekaligus menjadikan Galaxy S21 Ultra 5G sebagai ponsel pertama dari lini Galaxy S yang memboyong pena digital ikonik tersebut.

Marketing Samsung Electronics Indonesia M Taufiq Furqan mengatakan, kehadiran S Pen ditujukan untuk melengkapi fitur yang tersedia di Galaxy S21 Ultra 5G yang merupakan model tertinggi di Galaxy S21 Series 5G. 

"Jadi, selain kamera bagus, random access memory (RAM), dan storage lebih besar, Galaxy S21 Ultra 5G juga dimaksimalkan oleh pengguna dengan S Pen,” kata Taufiq seperti diberitakan Kompas.com, Jumat (15/1/2021).

Soal keputusan Samsung mengawinkan S Pen dengan Galaxy S21 Ultra 5G, President and Head Mobile Communications Business, Samsung Electronics TM Roh punya penjelasannya.

Hal tersebut, kata Roh, semata-mata ingin memperluas cakupan S Pen. Dengan kata lain, S Pen tak lagi identik dengan seri Galaxy Note atau Tab saja.

"Kami membuat keputusan yang besar untuk mengekspansi pengalaman S Pen ke Galaxy S21 Ultra 5G dan berencana memperluas pengalaman S Pen ke lebih banyak perangkat di masa yang akan datang," kata Roh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

S Pen Galaxy S21 Ultra 5G

Berbeda dengan Galaxy Note atau Galaxy Tab, S Pen untuk Galaxy S21 Ultra 5G dijual secara terpisah dari unit. Ini dikarenakan bodi ponsel tersebut tidak memiliki slot khusus untuk aksesori tersebut.

S Pen untuk Galaxy S21 Ultra 5G dijual sepaket dengan flip cover. Ada dua jenis pelindung yang tersedia, yaitu 5G smart clear view antimicrobial cover yang dibanderol dengan harga Rp 1.199.000 dan silicon cover seharga Rp 899.000.

Secara fungsi, S Pen untuk Galaxy S21 Ultra 5G hanya bisa digunakan untuk menggambar, mengedit foto, membuat catatan dengan presisi, menggulirkan layar, dan melihat galeri foto.

Fitur Bluetooth Low Energy (BLE) dan Air Action yang bisa dipakai untuk memotret dan mengendalikan kamera dari jarak jauh seperti pada S Pen Galaxy Note tidak ditemukan pada S Pen Galaxy S21 Ultra 5G.

Meski begitu, kehadiran S Pen tersebut akan memberikan pengalaman baru berponsel sekaligus melengkapi fitur-fitur yang ada di Galaxy S21 Ultra 5G—model tertinggi seri Galaxy S21 5G.

Rencananya, Samsung akan mengeluarkan seri S Pen independen, yakni S Pen Pro. Aksesori yang akan muncul dalam beberapa bulan mendatang ini memiliki ukuran lebih besar dibandingkan S Pen biasa serta dilengkapi fitur BLE dan Air Action. Selain itu, S Pen seri terbaru dapat digunakan bersama di semua seri ponsel Samsung.

Perlu diketahui, S Pen untuk Galaxy S21 Ultra 5G bersifat khusus. Artinya, tidak bisa digunakan pada seri lain, termasuk Galaxy S21 5G maupun Galaxy S21+ 5G.

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang hadir dalam dua pilihan warna (Dok. Samsung) Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang hadir dalam dua pilihan warna

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G sendiri memiliki ukuran paling besar berdimensi 75,6mm x 165,1 mm x 8,9mm dengan bobot 227 gram.

Untuk layar, ponsel golongan flagship ini dibekali layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,8 inci dengan resolusi WQHD Plus dan didukung refresh rate 120 Hz. 

Bicara kamera, Galaxy S21 Ultra 5G dilengkapi quad camera yang terdiri dari lensa wide angle 108 MP, dua lensa telephoto 3x 10 MP dan 10x 10 MP, serta lensa ultra wide 12 MP. Sementara, kamera depan dibekali lensa 40 MP. Bukan itu saja. Ponsel ini mendukung Space Zoom hingga 100 kali.

Dari segi penyimpanan, Galaxy S21 Ultra 5G tersedia dalam tiga pilihan, yaitu RAM 12 GB/128 GB, RAM 12 GB/256 GB, dan RAM 16 GB/512 GB. Sementara, untuk sistem operasi, ponsel ini berjalan pada Android 11 dengan interface One UI 3.0.

Kapasitas baterai smartphone itu juga paling besar daripada dua saudaranya, yakni 5.000 mAh dengan dukungan fitur wireless powershare serta pengisi daya cepat kabel dan nirkabel.

Bagi yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang S Pen berikut Galaxy S21 Ultra 5G, kamu bisa kunjungi tautan ini.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.