Advertorial

Gandeng YKMI, PT CPI Aktifkan Kelurahan Siaga Covid-19 di Pekanbaru dan Bengkalis

Kompas.com - 22/01/2021, 16:59 WIB
 (Kiri) Wali Kota Pekanbaru Firdaus menandatangani Deklarasi Pokja Kelurahan Siaga Covid-19, Kamis (21/1/2021). (Kanan) GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin menyerahkan secara simbolis hygiene kit dan sarana cuci tangan portable. (Dok. YKMI) (Kiri) Wali Kota Pekanbaru Firdaus menandatangani Deklarasi Pokja Kelurahan Siaga Covid-19, Kamis (21/1/2021). (Kanan) GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin menyerahkan secara simbolis hygiene kit dan sarana cuci tangan portable.

KOMPAS.com – Kesadartahuan dan peran aktif masyarakat dibutuhkan dalam menekan penyebaran Covid-19. Karena itulah, PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) mendorong pemberdayaan Tim Kelompok Kerja (Pokja) Kelurahan Siaga Covid-19 di tiga kecamatan yang tersebar di Kota Pekanbaru dan Bengkalis, Riau.

Langkah proaktif yang dijalankan PT CPI itu merupakan wujud dukungan kepada pemerintah dalam meningkatkan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat menuju kebiasaan baru yang lebih sehat.

Adapun sebanyak 24 Tim Pokja Kelurahan Siaga Covid-19 di Pekanbaru dikukuhkan langsung oleh Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT, Kamis (21/1/2021).

Seluruh anggota pokja itu merupakan perwakilan dari beberapa wilayah di Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir. Setiap pokja beranggotakan 15 orang yang mewakili berbagai unsur masyarakat, seperti tokoh masyarakat, kader kesehatan, pengurus RT/RW, guru, pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

Berbeda lagi dengan pemberdayaan Kelurahan Siaga Covid-19 yang dilaksanakan di Kecamatan Mandau, Bengkalis, Riau.

Dalam pelaksanaan program tersebut, PT CPI menggandeng Yayasan Kemanusiaan Madani Indonesia (YKMI) sebagai mitra pelaksana.

”Segala bentuk upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 merupakan hal yang bermakna bagi masyarakat. Mari sama-sama kita putus rantai penyebaran Covid-19, salah satunya dengan pengukuhan Tim Pokja Kelurahan Siaga Covid-19 ini,” ucap Firdaus dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (22/1/2021).

Selain pengukuhan tim pokja kelurahan, PT CPI dan YKMI juga menyerahkan secara simbolis 800 paket hygiene kit dan 20 unit sarana cuci tangan portabel.

Hygiene kit tersebut terdiri dari sabun cuci tangan, sabun mandi, sampo, masker, hand sanitizer, dan handuk yang akan dibagikan kepada masyarakat. Sementara itu, sarana cuci tangan portabel akan dipasang di berbagai fasilitas umum, seperti kantor kelurahan, kantor camat, puskesmas, sekolah, atau rumah ibadah.

”Pembentukan Kelurahan Siaga Covid-19 merupakan bentuk kontribusi perusahaan kami untuk turut membangun kesadartahuan dan mendorong peran serta masyarakat dalam mencegah penularan Covid-19. Mari kita lindungi diri, keluarga, dan orang-orang di sekitar kita,” tutur GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin.

Sebelum dikukuhkan, para anggota Pokja telah dibekali pengetahuan untuk memperkuat kampanye Gerakan 4M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari keramaian, kepada masyarakat di kelurahan masing-masing.

Dengan begitu, kepedulian bersama dan partisipasi masyarakat diharapkan semakin tumbuh dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Sejauh ini, kami merasa sangat terbantu atas dukungan berbagai pihak, khususnya Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru, pihak kecamatan, puskesmas, aparat kelurahan, dan berbagai elemen masyarakat lain yang sangat kooperatif,” kata Program Manager YKMI Tatang Husaini.

Untuk diketahui, program Pemberdayaan Kelurahan Siaga Covid-19 merupakan bagian dari Program Chevron untuk Riau Sehat Sejahtera (Cherish) yang dijalankan PT CPI.

Terdapat dua kegiatan utama yang dilaksanakan di bawah program Cherish tersebut, yakni program Ketahanan Pangan dan Pembangunan Sumur Air Bersih. Kedua program ini didesain untuk mendukung program pemerintah dalam menanggulangi dampak pandemi Covid-19 dengan total bantuan mencapai Rp 11,6 miliar.

Sebelumnya, PT CPI bersama SKK Migas juga telah menyalurkan lebih dari 2.000 pakaian dekontaminasi (hazmat), 99.000 masker, 6.000 botol hand sanitizer, 73 tempat tidur dan matras medis, termometer inframerah, serta 8.050 paket sembako. Seluruh bantuan itu disalurkan melalui gugus tugas di tingkat kabupaten, kota, dan provinsi.

Sebagai informasi, acara pengukuhan Tim Pokja Kelurahan Siaga Covid-19 di Pekanbaru dan Bengkalis juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Muhammad Noer, Ketua Satgas Covid-19 Pekanbaru Zarman Candra, dan Spesialis Pratama Pendukung Bisnis SKK Migas Sumbagut Yanin Kholison.