Advertorial

Bantu Masyarakat Terdampak Bencana, Pertamina Salurkan Bantuan Hampir Rp 1 Miliar

Kompas.com - 23/01/2021, 19:46 WIB
(Pertamina menyalurkan bantuan kepada korban terdampak bencana. DOK. Humas Pertamina) (Pertamina menyalurkan bantuan kepada korban terdampak bencana. DOK. Humas Pertamina)

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) melalui program Pertamina Peduli bergerak menyalurkan bantuan di tiga provinsi paling terdampak bencana, yakni Kalimantan Selatan (Kalsel), Jawa Barat (Jabar), dan Sulawesi Barat (Sulbar).

Hingga saat ini, Pertamina telah menyalurkan bantuan senilai hampir Rp 1 miliar. Dari jumlah tersebut, Rp 200 juta merupakan donasi dari pekerja Pertamina unit operasi maupun anak perusahaan.

Senior Vice President Corporate Communication dan Investor Relation Agus Suprijanto mengatakan, bantuan diserahkan dalam berbagai macam bentuk, yakni 44 persen pangan, 21 persen obat-obatan dan tenaga medis, serta 30 persen perlengkapan dapur umum dan perlengkapan tempat pengungsian.

Sisanya, bantuan diberikan dalam bentuk bahan bakar minyak (BBM) alat berat untuk keperluan pencarian korban dan moda transportasi evakuasi korban, perahu karet, hingga life jacket.

Agus menambahkan, Pertamina melalui unit operasi dan anak usaha bergerak simultan mengamankan distribusi BBM dan liquefied petroleum gas (LPG), serta membantu masyarakat terdampak bencana sesaat terjadinya bencana yang melanda daerah Kalsel, Jabar, dan Sulbar.

"Pertamina Grup bersatu padu menyatukan energi dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah/Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk memulihkan wilayah terdampak bencana," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (23/1/2021).

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) energi, Pertamina juga menyalurkan bantuan BBM dan LPG untuk masyarakat di lokasi bencana.

Tidak hanya itu, Pertamina turut menyalurkan kebutuhan logistik untuk meringankan beban para pengungsi atau korban terdampak bencana.

"Ini wujud komitmen Pertamina untuk mendukung pemerintah dalam pemulihan pascabencana dan membantu korban bencana alam agar segera bangkit pasca bencana," ucapnya.