Advertorial

Yuk, Bersantai Sejenak dari Rutinitas di 4 Destinasi Wisata Alam di Australia

Kompas.com - 29/01/2021, 17:54 WIB
Ilustrasi liburan sambil bersantai di Australia (Dok. Capella Lodge, Baillie Lodges) Ilustrasi liburan sambil bersantai di Australia

KOMPAS.com – Liburan menjadi saat yang tepat untuk memanjakan diri dan istirahat sejenak dari padatnya aktivitas sehari-hari. Bagi kamu yang ingin mencari ketenangan, melepas penat, hingga menghilangkan stres dengan berlibur ke tempat yang tidak biasa, Australia bisa jadi pilihan.

Di negeri Kanguru itu, kamu bisa melarikan diri sejenak dari rutinitas dengan bersantai di beberapa destinasi wisata alam yang jauh dari keriuhan.

Berikut Kompas.com telah merangkum empat destinasi bernuansa alam yang patut dikunjungi saat berlibur ke Australia setelah pandemi usai.

Melihat ngarai raksasa di Taman Nasional Kalbarri, Western Australia

Di sisi utara negara bagian Western Australia, kamu bisa menemukan Taman Nasional Kalbarri yang luasnya lebih dari 186.000 hektare.

Taman nasional ini terletak di bagian hilir Sungai Murchison. Aliran sungai tersebut selama 400 juta tahun membentuk ngarai raksasa dan tebing batu kemerahan yang membentang sepanjang 80 kilometer (km) ke arah laut. Dua pemandangan yang menakjubkan untuk disaksikan.

Selain ngarai dan tebing tersebut, taman nasional ini juga memiliki atraksi alam yang ikonik, yaitu Nature’s Window yang terbentuk dari lapisan batu pasir Tumblagooda. Nature’s Window merupakan formasi batu melengkung dengan bagian tengah berlubang yang menyerupai sebuah jendela.

Atraksi Skywalk di Taman Nasional Kalbarri (Dok. Tourism Australia) Atraksi Skywalk di Taman Nasional Kalbarri

Untuk mencapainya, kamu tinggal menyusuri jalan setapak dari bebatuan kemerahan indah sepanjang 500 meter (m) dari tempat parkir The Loop. Dari Nature’s Window itu, kamu dapat melihat pemandangan bagian hulu Sungai Murchison dengan bebatuan merah sebagai bingkainya.

Tak jauh dari Nature’s Window, kamu juga dapat menemukan Kalbarri Skywalk. Atraksi ini memiliki dua skywalk yang masing-masing memiliki panjang 25 meter dan 17 meter dan terletak di ketinggian 100 meter di atas Sungai Murchison. 

Dari kedua skywalk itu, kamu bisa melihat hampir seluruh lanskap Taman Nasional Kalbarri, termasuk aliran Sungai Murchison yang berkelok-kelok, hingga melihat hamparan bintang pada malam hari.

Mencicipi anggur lokal di Taman Nasional Grampians, Victoria

Taman Nasional Grampians di Victoria terkenal dengan keindahan bentang alam. Obyek wisata yang berjarak 2,5 jam perjalanan darat dari Kota Melbourne ini punya air terjun menawan, hamparan warna-warni padang bunga, dan lanskap pegunungan nan elok.

Karena pesona ini pula, Taman Nasional Grampians kerap jadi destinasi untuk camping dan hiking.

Selain keindahan alam, taman nasional di selatan Australia tersebut sebenarnya memiliki daya tarik lain, yakni minuman anggur buatan warga lokal.

Kawasan Grampians memiliki sekitar 15 kilang anggur. Beberapa program tur juga disediakan agar wisatawan dapat menelusuri kebun anggur sekaligus menyesap rasanya.

Beberapa kawasan anggur terkenal di Australia, seperti Great Western dan Henty, juga berlokasi di sekitar taman nasional ini. Kedua daerah ini tersohor dengan anggur merah dan anggur putih yang sedap serta berkualitas, seperti Seppelt, Montara, Mount Langi Ghiran, dan Best's.

Menyusuri peninggalan sejarah suku Aborigin di Taman Nasional Grampians (Dok. Tourism Victoria) Menyusuri peninggalan sejarah suku Aborigin di Taman Nasional Grampians

Kamu bisa mampir ke Mount Langi Ghiran serta mencicipi cita rasa anggur dan kastanye panggang pada musim gugur maupun semi. Biasanya, beragam acara menarik dengan sajian anggur diadakan pada kedua musim tersebut.

Bila mampir di Kota Ararat, kamu bisa mencicipi Montara Wines yang terkenal. Tiap Jumat, Montara selalu mengadakan Wine Down Fridays lengkap dengan pertunjukan musik, kudapan, dan anggur Grampians yang berkualitas.

Selain itu, Taman Nasional Grampians juga menjadi rumah bagi sebagian besar situs suku Aborigin di Victoria selama lebih dari 22.000 tahun. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai bukti sejarah peninggalan suku Aborigin, mulai dari 60 situs seni yang terbuat dari batu, gundukan tungku tua, hingga tempat tinggal tradisional yang dipenuhi jejak telapak tangan.

Mencoba gaya hidup pesisir di Byron Bay, New South Wales

Bagi kamu yang mencari kedamaian, Byron Bay di New South Wales merupakan destinasi tepat untuk dikunjungi. Selain pantai yang indah, kawasan ini menawarkan pengalaman gaya hidup yang tenang dan nyaman.

Di kawasan Byron Bay, kamu bisa mengikuti beragam paket untuk menyegarkan kembali tubuh dengan ragam kegiatan, seperti yoga, meditasi, pijat, dan terapi detoks. Kegiatan tersebut bisa kamu lakukan sembari melihat keindahan pesisir Byron Bay.

Kamu juga bisa memadukan ragam kegiatan tadi dalam satu paket sekaligus. Misalnya, yoga, meditasi, dan kursus selancar dalam satu paket wisata.

Beryoga sambil menikmati pemandangan samudra di Byron Bay(Dok. Tourism Australia) Beryoga sambil menikmati pemandangan samudra di Byron Bay

Mencoba gaya hidup pesisir Byron Bay kurang lengkap bila belum mencicipi ragam kuliner lokalnya. Kawasan ini punya banyak restoran dan kafe lokal yang patut kamu kunjungi. Salah satunya adalah restoran Three Blue Ducks yang menyajikan menu sehat dengan menggunakan hasil bumi lokal sebagai fokus utamanya.

Bila ingin lebih puas menjajal kuliner lokal, kamu bisa berkunjung Byron Bay Community Market. Bazar kuliner ini diadakan tiap bulan pada hari Minggu pertama. Di sana, ada sekitar 300 kios yang menawarkan berbagai jenis hidangan lokal Byron Bay.

Nah, untuk mencapai Byron Bay dan menjajal gaya hidup pesisirnya, kamu bisa berkendara selama dua jam perjalanan dari Brisbane atau sekitar sembilan jam dari Sydney.

Menyegarkan pikiran di Scenic Rim, Queensland

Scenic Rim, Queensland, merupakan rumah bagi enam taman nasional dan sebuah hutan hujan yang dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia. Scenic Rim bisa dicapai hanya dengan satu jam berkendara dari Kota Brisbane dan Gold Coast.

Salah satu taman nasional yang ada di sini adalah Taman Nasional Lamington. Taman nasional ini memiliki hutan hujan kuno, lusinan jalur jalan kaki, lebih dari 500 air terjun, dan menjadi rumah bagi lebih dari 250 spesies margasatwa.

Berkemah ala safari di Scenic Rim, Queensland (Dok. Spicers Retreat/Great Walks of Australia) Berkemah ala safari di Scenic Rim, Queensland

Bagi kamu yang ingin melepas penat dan rehat dari kesibukan sehari-hari, Scenic Rim memiliki penginapan ramah lingkungan bernama Spicers Canopy. Di sini, kamu bisa berkemah di tenda mewah ala safari dengan hijaunya pegunungan sebagai latar belakang.

Ada juga penginapan bernama Nightfall yang berlokasi di pinggir Taman Nasional Lamington. Penginapan ini menawarkan sensasi berkemah mewah dengan tiga tenda semipermanen. Uniknya, di Nightfall, pengunjung bisa merasakan sensasi spa dan pijat di tepi sungai di dalam hutan hujan.

Itulah empat rekomendasi destinasi wisata yang cocok untuk bersantai dan melepas penat di Australia. Untuk informasi lebih lanjut dan referensi lengkap soal destinasi wisata di Australia, bisa dilihat di sini.