Advertorial

Pastikan Keamanan dan Kenyamanan Bertransaksi Digital, Visa Hadirkan Teknologi Visa 3-D Secure

Kompas.com - 29/01/2021, 18:19 WIB
Visa telah memaksimalkan fitur keamanan dari teknologi pembayaran contactless dengan secure chip. (DOK. VISA) Visa telah memaksimalkan fitur keamanan dari teknologi pembayaran contactless dengan secure chip.

KOMPAS.com – Selama masa pandemi Covid-19, transaksi digital menjadi salah satu pilihan pembayaran utama banyak orang dalam berbelanja. Menurut catatan Bank Indonesia (BI) pada September 2020, volume transaksi digital banking di Tanah Air naik sebesar 37,8 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Hal tersebut menandakan bahwa pembayaran digital dinilai lebih aman dan nyaman digunakan karena mampu mengurangi kemungkinan kontak fisik dengan orang lain atau contactless.

Namun, seiring peningkatan transaksi digital, ancaman kejahatan siber seperti fraud (penipuan) juga turut membayangi.

Penelitian yang dilakukan Visa dalam tajuk Small Business Owners Survey (2020) mencatat, sekitar 53 persen pebisnis kecil tertarik untuk berinvestasi di solusi manajemen penipuan.

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisasi penipuan yang mungkin terjadi di masa mendatang serta memberikan keamanan dan kenyamanan bagi konsumen saat bertransaksi secara digital di tengah pandemi.

Berbicara mengenai keamanan dalam bertransaksi digital, Visa juga telah memaksimalkan fitur keamanan dari teknologi pembayaran contactless dengan secure chip di kartu-kartu berlogo Visa untuk transaksi tatap muka, serta autentikasi one-time password (OTP) yang disebut Visa Secure dalam bertransaksi secara online.

Ilustrasi pembayaran digital. (DOK. VISA) Ilustrasi pembayaran digital. (DOK. VISA)

Untuk membantu proses pembayaran online lebih lancar, Visa juga telah memperluas penggunaan fitur Click to Pay di Asia Pasifik pada awal Juli 2020.

Fitur Click to Pay dapat mempercepat proses checkout transaksi digital dengan menghilangkan kebutuhan untuk memasukkan nomor akun dan kata sandi secara manual.

Selain Click to Pay, Visa juga menghadirkan teknologi Visa 3-D Secure (3-DS) yang memberikan lapisan keamanan tambahan pada setiap transaksi digital sebelum proses otorisasi dilakukan oleh pihak bank. Fitur ini memungkinkan pertukaran data antara merchant, penerbit kartu, dan konsumen untuk memvalidasi transaksi yang dilakukan.

Dengan teknologi Visa 3-DS yang telah diperbarui, autentikasi transaksi pelanggan berlangsung secara lancar dan otomatis pada berbagai perangkat, yang meningkatkan pengalaman pelanggan. 

Dengan demikian, konsumen dapat melakukan transaksi digital secara aman dan nyaman. Selain itu, pemilik bisnis juga mendapatkan peace of mind atau ketenangan karena transaksi yang dilakukan pelanggan menjadi lebih terjaga dengan berbagai perlindungan yang dihadirkan Visa.