Advertorial

Agar “Ngegame” Jadi Lebih Seru, Gamers Wajib Punya 5 Perlengkapan Ini

Kompas.com - 05/02/2021, 16:10 WIB
Ilustrasi bermain game. (DOK. SAMSUNG) Ilustrasi bermain game.

KOMPAS.com – Bagi sebagian orang, bermain game merupakan aktivitas untuk menikmati hobi atau sekadar bersantai dari rutinitas pekerjaan sehari-hari. Namun, bagi sebagian orang lainnya lagi, bermain game bisa dijadikan sebuah profesi, misalnya atlet e-sport atau content creator.

Meskipun demikian, apa pun faktor yang membuat seseorang bermain game, kenyamanan adalah hal utama yang harus dipenuhi. Dengan merasa nyaman, aktivitas bermain game pun bisa jadi lebih mengasyikkan.

Untuk mendapatkan kenyamanan tersebut, ada beberapa perlengkapan yang harus dipenuhi Anda sebagai gamers. Berikut ulasannya.

  1. Kursi gaming

Sebagai orang yang hobi ngegame atau menjadikannya sebagai profesi, sebaiknya gunakan kursi khusus agar Anda jadi lebih nyaman.

Perlu diketahui, saat bermain game, postur tulang belakang dan tulang paha harus 90 derajat. Kemudian, tulang paha ke tulang kering juga harus 90 derajat. Oleh karena itu, gunakan kursi gaming sesuai dengan postur tulang belakang tubuh agar aman.

Selain itu, gunakan pula kursi yang memiliki sandaran bantal di bagian punggung. Dengan begitu, postur tulang punggung bagian lumbal akan tetap terjaga. Pilih juga kursi yang memiliki armrest agar posisi tangan tidak outstretch dan tetap berada di dekat tubuh.

  1. Meja gaming

Selain kursi khusus gaming, Anda juga wajib mempunyai meja yang didesain khusus untuk bermain game. Pasalnya, meja gaming mampu memberikan kenyamanan dan fokus yang lebih maksimal.

Sebagai pertimbangan memilih meja gaming, lakukan beberapa hal. Pertama, pilih meja dengan bahan permukaan yang ideal. Dalam hal ini, material kayu lebih diunggulkan daripada meja dengan permukaan kaca. Sebab, pergerakan mouse yang intensif saat bermain game dapat menimbulkan risiko material kaca mudah pecah.

Pertimbangkan juga beban berat yang akan diletakkan di atas meja. Pastikan permukaan tersebut cukup kokoh. Selain itu, tampilan menjadi hal wajib yang harus diperhatikan. Meja yang terlihat lebih estetis dan rapi akan membuat bermain game jadi lebih seru.

  1. Gaming headset

Headset menjadi salah satu perlengkapan vital yang harus dimiliki gamers. Dengan memakai headset, gamers akan jadi lebih fokus. Selain itu, gamers bisa mendengar pergerakan lawan lebih tajam atau bisa pula digunakan untuk berkomunikasi dengan kawan main.

Saat memilih gaming headset yang andal, pastikan spesifikasi perangkat tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Untuk frekuensi, misalnya, gaming headset biasanya mempunyai kisaran 20-20.000 Hz. Kemudian dari segi sensitivitas, semakin tinggi nilai desibelnya, semakin sensitif headset yang Anda gunakan.

Pilih juga headset yang memiliki diameter earpad yang sesuai dengan bentuk wajah agar lebih nyaman.

  1. Spesifikasi komputer

Prosesor pada komputer menjadi hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam memilih komputer pribadi (PC) untuk gaming. Sebab, prosesor merupakan otak dari perangkat PC yang menentukan baik-tidaknya performa.

Selanjutnya, pertimbangkan pula jenis kartu grafis (VGA Card) dan kapasitas RAM yang dimiliki. Semakin besar kapasitasnya, biasanya memiliki kualitas yang lebih andal. Dengan begitu, PC dapat dengan lancar menjalankan game-game berat.

Selain itu, hal lain yang harus pula dipertimbangkan adalah kapasitas hard disk dan pemilihan motherboard. Sebaiknya, pilih motherboard dengan kapasitas RAM yang mencapai 32 GB sehingga tidak perlu mengganti motherboard saat ingin menaikkan RAM.

Samsung Odyssey G9 merupakan gaming monitor terbaik pertama di dunia yang memiliki kelengkungan layar 1000R. (DOK. SAMSUNG) Samsung Odyssey G9 merupakan gaming monitor terbaik pertama di dunia yang memiliki kelengkungan layar 1000R.

  1. Monitor

Bagi gamers, monitor juga menjadi peralatan yang harus dipertimbangkan secara masak. Tanpa monitor dengan kualitas dan teknologi mumpuni, bisa jadi bermain game akan kurang menyenangkan, contohnya kualitas grafik yang tidak compact sehingga merusak tampilan visual.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan monitor yang didesain khusus untuk bermain game, seperti gaming monitor Odyssey G9 dari Samsung.

Menurut rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (21/1/2020), Odyssey G9 merupakan gaming monitor terbaik pertama di dunia yang memiliki kelengkungan layar 1000R.

Dari segi ukuran layar, Odyssey G9 mengusung layar 49 inci rasio 32:9 dan resolusi Dual QuadHD 5120 x 1440 piksel dengan refresh rate 240 Hz.

Monitor cerdas ini juga memiliki waktu respons 1 microsecond (grey to grey atau GtG). Artinya, monitor ini bisa merespons sinyal input grafis dalam waktu 0,001 detik dan mendukung teknologi Nvidia G-Sync.

Urusan warna, Samsung Odyssey G9 menggunakan teknologi HDR1000 dan teknologi Samsung QLED yang menghadirkan DCI-P3 sebesar 95 persen. Dengan teknologi tersebut, smart monitor ini menghadirkan warna lebih nyata dan cerah.

Perlu diketahui juga, Samsung Odyssey G9 baru saja memenangkan ajang Pop ID kategori Monitor Gaming Terbaik dengan perolehan suara sebanyak 52,7 persen dan unggul dari empat produk lainnya. Klik tautan ini untuk informasi ajang Pop ID.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Samsung Odyssey G9, kunjungi laman resmi Samsung di sini. Sebagai informasi, Samsung juga baru meluncurkan monitor do-it-all-screen dengan kualitas yang tak kalah mumpuni, klik tautan ini untuk informasi lebih lanjut.

Advertisement