Advertorial

Selain Bekerja, Ini 5 Aktivitas yang Biasa Dilakukan di Rumah selama Pandemi

Kompas.com - 07/02/2021, 20:00 WIB
 Ilustrasi bosan bekerja di rumah (Dok. Shutterstock) Ilustrasi bosan bekerja di rumah

KOMPAS.com – Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) oleh pemerintah membuat banyak orang harus kembali melakukan aktivitasnya dari rumah saja.

Aturan tersebut dibuat untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona. Seperti diketahui, total kasus positif Covid-19 di Indonesia saat ini telah menembus lebih dari satu juta sejak pertama kali terkonfirmasi masuk Tanah Air, Senin (2/3/2020).

Meski punya tujuan positif, menjalani aktivitas dari rumah saja bukanlah perkara mudah. Keterbatasan ruang gerak dapat memicu rasa bosan dan berdampak negatif pada kesehatan mental.

Melansir nature.com, Jumat (22/1/2021), setidaknya 34,1 persen orang yang pernah menjalani physical distancing selama pandemi mengaku mengalami salah satu gangguan psikologis, seperti kecemasan, depresi, insomnia, dan stres akut.

Untuk mencegah kondisi tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan di rumah. Salah satunya adalah melakukan aktivitas menyenangkan yang dapat mengusir rasa bosan.

Berikut Kompas.com rangkumkan beberapa kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan selama menjalani aktivitas di rumah.

Bermain game online

Untuk Anda yang bingung harus mengisi waktu luang dengan aktivitas apa selama pandemi, bermain game online bisa jadi solusi mengisi kegiatan seru selama berada di rumah.

Game online dapat menjadi alternatif hiburan untuk mengusir kebosanan. Selain itu, Anda juga bisa berinteraksi dengan sesama pemain game online dari berbagai penjuru dunia.

Fungsi sebagai sarana hiburan dan interaksi sosial dalam bermain game online ternyata berdampak positif bagi kesehatan mental.

Hal tersebut dibuktikan lewat studi yang dilakukan Universitas Oxford. Diberitakan Kompas.com, Kamis (19/11/2020), hasil riset tersebut menunjukkan bahwa bermain game dalam durasi waktu lama mampu memberikan pengaruh positif terhadap perasaan sejahtera atau bahagia seseorang.

Menonton film

Tak hanya game, menonton film juga menjadi cara ampuh untuk mengusir rasa bosan. Banyaknya genre pada film dapat menjadi opsi agar Anda dapat memilihnya sesuai selera.

Selain itu, dengan menonton film, Anda juga dapat mempelajari berbagai hal baru. Saat ini, sudah banyak platform menonton online seperti Netflix, Catchplay, Hulu, dan HBO Go.

Anda dapat menyaksikan berbagai genre film ataupun serial untuk mengisi waktu luang selama sedang di rumah saja.

Berolahraga

Kegiatan satu ini sangat dianjurkan selama pandemi. Tidak hanya mengusir kebosanan, olahraga juga membuat tubuh jadi bugar dan sehat. Dengan begitu, sistem imunitas turut meningkat.

Ada banyak pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah, antara lain olahraga kardio, calisthenics, dan yoga. Lakukan aktivitas tersebut setidaknya selama 30 menit tiap harinya.

Sebagai panduan, Anda bisa mencari tutorial olahraga di rumah yang kini banyak diunggah di Youtube.

Memasak

Memasak menjadi salah satu kegiatan yang cukup digandrungi di masa pandemi. Hal tersebut terlihat dari banyaknya unggahan resep dan viral di media sosial.

Fenomena itu mendorong para praktisi kuliner turut bergerak membagikan konten seputar masak-memasak di Youtube. Cara ini diharapkan dapat membantu masyarakat, khususnya pemula yang ingin belajar masak.

Membuat kerajinan tangan

Selain empat aktivitas di atas, membuat kerajinan tangan juga dapat membantu mengurangi kebosanan selama pandemi.

Nilai tambahnya, selain bisa dipakai sendiri, hasil kerajinan tersebut bisa dijual untuk menambah pemasukan Anda.

Sebelum membuat, Anda dapat mencari referensi yang ada di internet. Bisa pula dengan menonton video tutorial yang ada di layanan streaming video.

Nah, itu tadi lima kegiatan seru yang bisa Anda lakukan untuk mengusir rasa bosan karena di rumah saja.

Agar mendapatkan pengalaman yang lebih baik dalam menjalani lima kegiatan tersebut, Anda dapat menggunakan Samsung Smart Monitor. Monitor pintar ini dapat digunakan untuk bermain game, menonton film, dan menonton video tutorial.

Samsung Smart Monitor (Dok. Samsung) Samsung Smart Monitor

Samsung Smart Monitor dibekali fitur wireless untuk menghubungkan dengan perangkat lain. Jadi, Anda bisa dengan mudah menghubungkan monitor ke smartphone, laptop, maupun tablet melalui aplikasi Tap View, App Casting, Screen Mirroring, AirPlay, atau Samsung DeX.

Samsung Smart Monitor juga dilengkapi dengan USB type-C, bluetooth, dan multiple USB port. Tiga komponen ini memudahkan Anda dalam urusan transfer data.

Selain itu, ada pula Remote Access dan Office 365 yang memungkinkan Anda mengakses data dan mentransfer file dari komputer lain.

Sebagai nilai tambah, Samsung Smart Monitor dapat digunakan tanpa CPU. Bahkan, pabrikan asal Korea Selatan itu membekali perangkat ini dengan remote control sehingga pengguna dapat mengakses berbagai konten secara nirkabel maupun lewat fitur Voice Assistant.

Untuk kenyamanan mata, Samsung Smart Monitor telah dilengkapi fitur Eye Saver Mode yang dapat mengurangi radiasi sinar biru dari layar.

Selain Smart Monitor, Samsung juga mengeluarkan perangkat layar yang tak kalah canggih, yaitu Samsung Odyssey G9.

Bagi pecinta game, Samsung Odyssey G9 merupakan aksesori tepat agar bisa mendapatkan pengalaman bermain secara imersif. Pasalnya, monitor ini memiliki lengkungan layar 1000R. Dengan teknologi ini, Anda akan lebih cepat merespons game yang sedang dijalankan.

Dari segi tampilan, Odyssey G9 memiliki layar sebesar 49 inci dengan rasio 32:9, resolusi Dual Quad HD 5120 x 1440 pixel, dan refresh rate 240 Hz.

 Samsung smart Odyssey G9 (Dok. Samsung) Samsung smart Odyssey G9

Selain itu, Samsung Odyssey G9 juga telah dibekali teknologi HDR1000 dan Samsung QLED yang menghadirkan DCI-P3 sebesar 95 persen. Dengan begitu, Monitor Gaming Terbaik di ajang Pop ID menghasilkan warna yang lebih cerah dan terlihat nyata.

Bagi Anda yang berminat dengan Samsung Smart Monitor, silahkan klik tautan berikut. Sedangkan untuk Samsung Odyssey G9, Anda dapat mengunjungi laman ini.